5 Stream Pendapatan dari Blog Lengkap dengan Triknya

  
pendapatan dari blogger

Pendapatan dari blog bisa mencapai ratusan juta rupiah. Bukan per tahun melainkan per bulan. Ini bisa Anda dapatkan jika tahu bagaimana cara membuat blog yang bisa mendatangkan income sebesar itu.

Ada banyak sekali jenis blog sekarang ini. Dan setiap jenis blog tersebut bisa dimaksimalkan untuk mendapatkan penghasilan. Anda hanya perlu pahami dulu jenis blog apa yang ingin Anda bangun. Lalu bagaimana cara memaksimalkan blog agar menghasilkan income.

Blog Tidak Hanya Sekedar Media Berbagi

Dulu, blog dianggap sebagai media untuk menulis. Bagi orang yang suka menulis, blog digunakan untuk menyampaikan ide, informasi, atau gagasan ke banyak orang. Bisa dikatakan blog adalah media untuk berbagi.

Namun, mindset-nya sekarang berbeda. Para blogger (orang yang suka ngeblog) menjadikan blog sebagai sumber pendapatan.

cara menjadi seorang blogger

Bahkan, tidak jarang blogger yang sebenarnya tidak suka menulis. Mereka hanya tahu tingginya pendapatan dari blog. Sehingga bagaimanapun caranya, mereka ingin belajar ngeblog. Bisa saja mereka mempekerjakan penulis untuk mengisi blog tersebut. Atau mereka bisa menulis sebisa mereka.

Itulah mengapa semakin banyak orang yang menjadi blogger. Mereka tahu banyak income dari blog. Apalagi sekarang ini semakin banyak orang yang mengakses internet. Media yang paling sering diakses sekarang ini adalah media digital seperti blog, tidak lagi media cetak.

Dari Mana Blogger Mendapatkan Uang?

Sekarang, pertanyaannya adalah dari mana blogger mendapatkan income? Banyak sekali stream pendapatan dari blog. Setidaknya ada 5 stream income para blogger yang masih dilakukan hingga saat ini.

  1. Iklan

Salah satu yang paling popular adalah blog adsense. Ini merupakan blog informasi yang stream incomenya dari iklan Google. Jadi, blogger hanya perlu memberikan informasi secara terus menerus. Dengan harapan semakin banyak pengunjung blog tersebut. Maka, pundi-pundi uangpun akan mereka dapatkan dari iklan Google.

  1. Review

Blog Adsense harus terus diupdate. Semakin banyak visitornya, maka kemungkinan besar semakin tinggi pendapatan dari blog.

Baca Juga :   Cara Rangking di Google Cepat Tanpa Menerapkan Black Hat

Bagaimana dengan blog yang tidak terlalu banyak pengunjung? Tetap blog tersebut bisa memberikan pendapatan. Misalnya memberikan tawaran review. Biasanya, ada pengusaha yang ingin usahanya direview di blog tertentu. Pemilik blog akan menetapkan harga untuk sekali membuat review.

  1. Backlink

Semakin banyak perusahaan menggunakan strategi marketing SEO atau Search Engine Optimization. Bahkan, tidak sedikit agency marketing yang menawarkan jasa yang satu ini.

Mereka yang menggunakan SEO membutuhkan backlink. Ini diperlukan untuk menaikkan rangking website perusahaan. Di sinilah blogger bisa bermain. Mereka bisa membangun banyak blog untuk backlink. Mereka biasanya menawarkan backlink dengan harga yang berbeda. Tergantung kesepakatan dengan calon client.

         Baca Juga: Meningkatkan Trafik Blog dengan Menerapkan SEO Modern

  1. Affiliate

Ada semakin banyak model bisnis yang dijalankan di era digital. Salah satunya model bisnis affiliate. Ini model bisnis di mana perusahaan atau brand owner akan memberikan fee kepada blogger yang menanamkan link di blog mereka. Ketika ada orang yang membeli produk dari link tersebut, mereka mendapatkan fee.

Ini cocok sekali bagi orang yang memiliki blog yang jumlah visitornya tidak begitu banyak. Asalkan bisa membuat copywriting yang bagus, maka blog akan menghasilan pundi-pundi uang dari program affiliate ini.

  1. Jualan Online

Punya produk sendiri? Mengapa Anda tidak jual produk tersebut melalui blog? Anda bisa pasang foto produk di blog. Tawarkan secara online. Atau jika Anda tidak punya produk, Anda bisa ambil produk dari orang lain lalu jual melalui blog.

Mana yang akan Anda pilih? Yang paling penting, Anda harus sesuaikan dengan passion. Karena ngeblog itu harus sesuai dengan yang Anda sukai. Dengan demikian, Anda akan dengan senang hati membangun blog dan merawatnya. Sehingga Anda pun akan menikmati prosesnya hingga akhirnya Anda suatu hari nanti merasakan pendapatan dari blog.