Bagaimana Cara Mengelola Uang Dengan Baik Demi Masa Depan Bebas Hutang?

  
bagaimana cara mengelola uang dengan baik

Tidak sedikit orang yang merasa sulit mengatur keuangannya. Rasanya baru kemarin menerima gaji, sekarang sudah habis saja. Padahal kebutuhan dan keinginan semakin banyak. Tidak perlu khawatir, dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara mengelola uang dengan baik.

Kondisi finansial yang tidak dikelola dengan baik akan mempengaruhi kehidupan seseorang. Bahkan berdampak pada pekerjaan, alhasil akan mempengaruhi pendapatan. Sebenarnya ada tips bagaimana cara mengelola uang dengan baik, seperti yang tertera di bawah ini:

1. Melacak Pengeluaran Dan Pendapatan

Pernah merasa gaji cepat habis? Ini bisa terjadi karena kurang lihai mengatur uang. Kejadian seperti ini dapat dihindari dengan melacak pendapatan dan pengeluaran per hari. Sekarang banyak developer aplikasi yang mengeluarkan aplikasi pengatur keuangan di smartphone. Nantinya pengguna dapat melihat, pengeluaran mana yang membuat dompet jebol.

2. Cek Tagihan

Biasakan melihat tagihan secara berkala. Seperti struk belanja dan tagihan kartu kredit. Selalu bayar dengan tepat waktu agar terhindar dari hutang tagihan dan denda yang menumpuk. Mengecek tagihan penting dilakukan agar tidak menemukan biaya siluman dalam transaksi kartu kredit.

3. Menabung

Tidak ada salahnya mulai menabung sedini mungkin. Bagi yang belum terbiasa menabung, mulailah dari sekarang. Jika gaji yang diterima Rp 6.000.000 per bulan, bisa disisihkan sebesar Rp 1.000.000 untuk tabungan. Nantinya dalam satu tahun sudah menyimpan Rp 12.000.000 uang tabungan.

Kunci sukses dalam menabung adalah sabar dan disiplin diri. Mulai sedikit demi sedikit, nantinya hasil tabungan akan bertambah. Tabungan ini berguna untuk tabungan pendidikan anak, uang darurat (sakit atau kecelakaan), membeli tempat tinggal dan investasi.

4. Membuat Anggaran Bulanan

Mulailah membuat daftar anggaran bulanan dengan membagi menjadi dua bagian kebutuhan. Pertama kebutuhan primer seperti ongkos makan, transportasi, baju, cicilan rumah, tagihan listrik, dll. Kedua adalah kebutuhan tersier seperti travelling, hangout dengan sahabat atau rekan kerja, dan anggaran untuk hobi. Hal ini akan memudahkan dalam mengalokasi uang gaji dan sisanya dapat ditabung.

Baca Juga :   Cara Menghemat Uang Belanja Untuk Ibu Rumah Tangga

5. Gunakan Kartu Kredit

Sebenarnya jika kartu kredit digunakan dengan bijaksana, dapat mempermudah transaksi belanja sehari-hari. Kartu kredit sering menawarkan berbagai macam promo, point reward dan cashback. Jika penggunanya belanja di tempat yang bekerja sama dengannya. Lumayan untuk menghemat gaji bulanan jika dimanfaatkan dengan baik.

6. Bandingkan Harga Sebelum Membeli

Banyak toko yang menjual dengan harga yang berbeda padahal barang yang ditawarkan sama. Entah itu tiket pesawat, paket liburan, barang elektronik, pakaian atau sepatu. Sebagai calon pembeli harus pintar-pintar melakukan survey sebelum memutuskan membeli produk tersebut. Sehingga pembeli tidak rugi di kantong.

7. Gunakan Uang Di Bawah Jumlah Pendapatan

Banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara mengelola uang dengan baik, entah itu bertanya dengan orang lain atau mencari di internet. Padahal sebenarnya jawabannya mulai dari dalam dirinya sendiri. Salah satunya adalah mampu menahan diri dalam menggunakan uangnya. Ini merupakan salah satu faktor krusial dalam mengatur keuangan pribadi.

Tidak jarang orang gagal menabung karena lebih mengedepankan keinginan daripada kebutuhan. Akibatnya, uang yang digunakan melebar dari jumlah yang dimiliki. Usahakan untuk selalu menggunakan uang yang tersisa setelah menabung. Misalnya gaji yang diterima Rp 10.000.000 per bulan, ambil Rp 6.000.000 untuk ditabung. Lalu sisanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dalam satu bulan.

8. Berpikir Panjang Merencanakan Masa Depan

Selain menahan diri, diperlukan kemampuan untuk berpikir panjang ke depan dalam mengatur keuangan. Seseorang dituntut untuk membuat rencana untuk masa depannya, agar pola pikirnya tidak terbatas pada masa ini saja. Karena tidak ada yang dapat meramalkan apa yang terjadi di masa depan, maka harus ada perencanaan keuangan untuk mengatasi keadaan darurat yang terjadi.

Begitulah beberapa tips bagaimana cara mengelola uang dengan baik. Meskipun terlihat gampang-gampang susah, nantinya kondisi keuangan tidak lagi menjadi beban pikiran. Selamat mencoba dan semoga berhasil!