Beberapa Gejala Depresi Ringan Yang Perlu Diketahui

  
Beberapa gejala depresi ringan

Depresi merupakan suatu keadaan yang menyebabkan perasaan sedih secara terus-menerus yang dapat menimbulkan masalah emosi dan fisik. Tidak hanya orang dewasa, depresi juga dapat dialami oleh anak-anak. Ada beberapa gejala depresi ringan yang mungkin tidak disadari kemunculannya karena gejala depresi tiap orang berbeda-beda.

Ada beragam faktor penyebab depresi diantaranya faktor genetik, kimia otak, faktor lingkungan, stress, trauma masa kecil, riwayat penyakit tertentu maupun pola makan yang buruk. Jangan anggap remeh depresi karena jika dibiarkan berlarut justru dapat berbahaya bagi kesehatan. Berikut beberapa gejala awal depresi yang seringkali diabaikan kemunculannya.

1. Kehilangan Kontrol Terhadap Emosi

Perasaan senang, sedih maupun marah merupakan emosi yang ada di dalam diri setiap manusia. Jika manusia kehilangan kontrol atas emosinya secara terus-menerus bisa jadi itu merupakan gejala awal depresi. Kehilangan kontrol emosi ini juga berkaitan dengan perubahan suasana hati secara cepat.

Jika suasana hati selalu mendadak berubah dengan cepat tanpa sebab dan terjadi berulang kali bisa jadi itu merupakan gejala awal depresi. Jangan abaikan gejala ini karena jika dibiarkan berlarut justru akan memperparah keadaannya.

2. Pola Tidur yang Berubah

Pola tidur yang berubah adalah salah satu tanda dari beberapa gejala depresi ringan. Biasanya penderita akan kesulitan tidur atau bahkan tidur secara berlebih tanpa sebab. Penderita akan mengalami rasa lelah dan hilang tenaga meskipun ketika tidak sedang bekerja. Hal ini juga mengakibatkan produktivitasnya menurun.

3. Hobi yang Tidak Lagi Menyenangkan

Memiliki hobi tentu menyenangkan bagi kebanyakan orang karena hobi berkaitan erat dengan kegemaran diri. Beda halnya dengan penderita depresi. Seseorang yang mengalami gejala awal depresi akan kehilangan minat akan kegemaran yang biasanya sering dilakukan. Hobi yang sebelumnya terasa menyenangkan akan menjadi sangat membosankan untuk dilakukan.

4. Berat Badan yang Tidak Stabil

Bagi banyak orang tentunya penurunan atau kenaikan berat badan merupakan hal yang wajar. Hal ini menjadi tidak wajar apabila berat badan naik ataupun turun secara drastis dan terjadi terus menerus padahal tidak sedang melakukan diet. Keadaan ini bisa jadi merupakan gejala awal depresi yang seringkali diabaikan oleh banyak orang.

5. Perasaan Bimbang

Indikator lain yang dapat dikatakan sebagai gejala awal depresi yaitu perasaan bimbing yang terjadi dalam jangka panjang. Perasaan ini akan membuat seseorang sulit untuk mengambil keputusan dan selalu merasa kebingungan. Gejala ini memang sulit diperhatikan karena kebanyakan orang tidak akan menyadarinya.

6. Terus Mengakses Media Sosial

Baru-baru ini sebuah penelitian mengatakan bahwa gejala seseorang terkena depresi adalah terus menerus mengakses media sosial. Orang depresi akan lebih tertarik menggunakan media sosial untuk berkomunikasi dibandingkan berinteraksi secara langsung. Selain itu, penggunaan media sosial secara berlebih ternyata dapat meningkatkan stress dan membuat penggunanya kehilangan kontrol emosi.

7. Tidak Memiliki Motivasi

Seseorang yang mengalami gejala depresi ringan akan kehilangan bahkan tidak memiliki motivasi dalam setiap apa yang dikerjakan. Perasaan motivasi itu justru akan digantikan dengan perasaan bersalah maupun perasaan bahwa hidupnya tidaklah berguna. Jika dibiarkan berlarut justru akan membuat penderita menyakiti dirinya sendiri bahkan muncul niat untuk bunuh diri.

Itu dia beberapa gejala depresi ringan yang perlu diketahui. Karena gejala depresi setiap orang berbeda, terkadang gejala yang ada justru dihiraukan begitu saja. Jika mengalami gejala seperti yang telah disebutkan secara terus menerus dan berkepanjangan, segera konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.