Cara Bisnis Saham Yang Jitu Dan menguntungkan Bagi pemula

  

Masih banyak orang yang menganggap berinvestasi dan berbisnis saham merupakan sesuatu hal yang sulit dan membutuhkan modal besar. Akibatnya, bisnis saham hanya terbatas pada orang-orang tertentu saja. Padahal dengan modal kecil dan terbatas seseorang juga dapat bermain saham.  Untuk itu diperlukan cara bisnis saham yang aman, jitu dan menguntungkan.

Saham merupakan salah satu bentuk investasi masa depan. Pada dasarnya semua orang dapat melakukannya, meskipun dengan modal terbatas. Maka diperlukan langkah dan strategi yang tepat, sehingga keuntungan yang diperoleh lebih maksimal. Cara bisnis saham yang jitu dapat dijabarkan sebagaimana berikut:

1. Sekuritas yang Tepat

Langkah pertama untuk berinvestasi atau bisnis emas adalah memilih sekuritas yang tepat. Perusahaan sekuritas merupakan broker saham yang sudah mendapat ijin dari OJK. Maka, cara bisnis saham yang paling aman  dengan perusahaan sekuritas yang terpercaya dan menawarkan biaya per transaksi yang terendah.

Setelah mendapatkan pilihan, maka segera lakukan pendaftaran untuk membuka rekening efek dan RDI atau rekening dana investasi. Prosedurnya tidak berbeda jauh dengan membuka rekening tabungan biasa di bank pada umumnya, seperti; kelengkapan dokumen pribadi dan mengisi formulir pendaftarannya.

2. Pilih Investor atau Trader

Langkah selanjutnya adalah menentukan pilihan dalam bermain saham, menjadi investor atau trader. Untuk menjadi investor dengan melakukan pembelian saham secara rutin dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga mendapatkan dividen dan  memanen keuntungan saham tersebut di masa mendatang.

Sementara untuk menjadi trader dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu; meminta jasa broker atau melakukan transaksi sendiri. Tentunya harus memiliki pengetahuan yang cukup berkaitan dengan pergerakan naik turunnya harga saham, dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya.  Dapat juga dengan menjadi keduanya investor sekaligus trader.

3. Saham Yang Tepat

Cara bisnis saham selanjutnya adalah memilih jenis perusahaan publik yang tepat serta sudah terdaftar resmi di BEI. Yang sahamnya  memberikan keuntungan besar dengan resiko paling kecil. Untuk memperoleh keuntungan maksimal dalam berbisnis saham haruslah memperhatikan hal-hal sebagaimana berikut:

  • Kualitas manajemen perusahaan publik, dengan memperhatikan; profesionalitas, integritas dan kejujuran pengelolanya. Melalui berbagai sumber informasi terkait yang layak dipercaya, seperti; situs BEI atau IDX.
  • Track record perusahaan tersebut 5 hingga 10 tahun kebelakang, untuk memastikan keuntungan di masa depan.
  • Pilih perusahaan yang berlaba besar dengan memperhatikan profit margin dan Return on equity yang dimilikinya.
  • Prospek perusahaan tersebut untuk bersaing di masa depan
  • Cermati dan evaluasi price earning ratio atau price to book value yang dimiliki dan membandingkan dengan kompetitornya.

4. Pahami Ilmunya

Agar memperoleh keuntungan yang maksimal serta meminimalisir resiko kerugiannya, diperlukan pengetahuan dan pengalaman yang cukup. Mengenal karakteristik dari setiap pergerakan ekonomi dan situasi di pasar saham.  Sehingga mampu menganalisa dan memprediksikan naik dan turunnya harga saham.

Kebiasaan yang menyebabkan kerugian adalah faktor kurangnya ilmu dan keserakahan. Sehingga tidak berhati-hati ketika ada saham yang sengaja digoreng oleh pihak-pihak tertentu. Pada akhirnya terjebak dengan melakukan transaksi besar-besaran yang kemudian berujung dengan jatuhnya nilai saham tersebut. Lakukan average down, apabila terjadi kerugian akibat anjloknya nilai saham, yaitu dengan transaksi bertahap.

5. Lakukan Diversifikasi

Agar bisnis dan investasi saham berjalan dengan aman dan lancar, maka diperlukan langkah diversifikasi. Adapun tujuannya untuk mengurangi resiko kerugian. Diversifikasi dilakukan dengan cara memecah-mecah pembelian saham pada sektor yang berbeda-beda, seperti; consumer goods, perbankan maupun properti. Sehingga apabila rugi di salah satu sektor, akan tertutupi di sektor lainnya.

Demikian cara bisnis saham yang jitu dan menguntungkan bagi pemula. Sehingga mampu meminimalisir kerugian yang dapat terjadi saat bertransaksi saham. Maka memahami ilmu yang berkaitan dengan bisnis saham, menjadi langkah awal dan sangat penting. Semoga bermanfaat dan selamat  bertransaksi.