Cara Hemat Uang Dalam Rumah Tangga Bagi Pasangan Muda

  
cara hemat uang dalam rumah tangga

Mengatur atau mengelola keuangan dalam rumah tangga sebaiknya mulai dibicarakan sejak awal akan berkeluarga. Saling pengertian dan memahami serta selalu belajar cara hemat uang dalam rumah tangga agar ekonomi keluarga menjadi stabil. Tentu saja keuangannya dapat berkembang menjadi lebih baik, sehingga menjadi keluarga yang sejahtera.

Pentingnya Mengatur Keuangan

Besar atau kecilnya penghasilan yang didapat dari masing-masing pasangan rumah tangga, pastilah berbeda-beda. Untuk membangun keluarga yang sejahtera tentu diperlukan cara hemat uang dalam rumah tangga. Jadi penghasilan bukan menjadi faktor utama membangun keluarga sejahtera, tetapi cara mengatur keuangan rumah tangganya.

Hidup hemat merupakan pilihan yang sebaiknya diambil para pasangan muda untuk mengatur ekonomi keluarga barunya. Mampu membedakan mana yang menjadi kebutuhan atau sekedar keinginan saja, sehingga pengeluaran menjadi lebih terkendali.

Metode Dan Langkah Berhemat Dalam Rumah Tangga

Besarnya kenaikan pendapatan bulanan tidak mampu mengimbangi laju biaya kebutuhan hidup dari tahun ke tahun terus meningkat. Untuk itu sangat diperlukan langkah, strategi dan cara hemat uang dalam rumah tangga, seperti:

1. Buatlah Daftar Kebutuhan

Belajar mengenali kebutuhan dan keinginan merupakan langkah awal menghemat pengeluaran. Untuk itu komunikasi dan diskusi sebaiknya dilakukan sebelum mengambil keputusan. Memilih dan menentukan mana kebutuhan yang dianggap mendesak dan mana kebutuhan yang bisa ditunda.

Susun dan tulislah daftar kebutuhan sesuai dengan tingkat prioritasnya, sehingga dapat dibedakan menjadi kebutuhan jangka pendek  atau jangka panjang. Selalu lakukan evaluasi bulanan untuk memperbaiki daftar belanja bulanan berikutnya

2. Sisihkan Penghasilan

Menabung merupakan bagian penting dari menjaga stabilitas keuangan dalam rumah tangga. Sisihkan minimal 10 % atau sebagian kecil dari penghasilan di awal. Itu merupakan salah satu langkah pola hidup hemat. Sebab jika menunggu uang sisa belanja bulanan untuk disisihkan, maka akan sangat sulit untuk menabung atau menyimpan uang.

Baca Juga :   5 Cara Yang Bisa Buat Anak Betah Di Rumah

3. Susun Rencana Belanja

Menyusun rencana belanja merupakan salah satu cara hemat uang dalam rumah tangga yang jitu. Cobalah untuk mengupayakan kebutuhan bulanan sesuai dengan anggaran biaya belanja rumah tangga.

Cobalah membawa catatan rencana belanja bulanan yang sudah disepakati bersama pasangan sebelumnya. Tujuannya agar pada saat belanja tidak membeli benda diluar catatan belanja bulanan. Sehingga tidak terjadi pemborosan atau kekurangan di akhir bulan.

4. Belanja Hemat

Untuk berbelanja tidak perlu malu berburu diskon dan memanfaatkannya untuk menghemat pengeluaran. Sebaiknya diperhatikan harga yang sesuai dan kualitas yang baik, bukan hanya sekedar berburu merk saja. Mengurangi jajan dengan memasak atau mengolah makanan sendiri di rumah juga menjadi bagian pola hidup hemat.

5. Manfaatkan Transportasi Umum

Transportasi merupakan kebutuhan bulanan yang perlu diperhitungkan. Untuk mengurangi biaya pengeluaran sekaligus berhemat, tidak ada salahnya memanfaatkan fasilitas transportasi umum. Selain membantu pemerintah mengurangi kemacetan, sekaligus bisa menghemat biaya BBM bulanan.

4. Hindari Kartu Kredit

Berhati-hatilah dalam penggunaan fasilitas kartu kredit. Jangan sembarangan menggesek, sebab hal itu sama saja dengan berhutang yang akan menjadi beban di bulan berikutnya. Jadi gunakan kartu kredit, hanya dalam keadaan terpaksa saja.

Untuk mencapai ekonomi keluarga yang sehat diperlukan cara hemat uang dalam rumah tangga seperti yang sudah dijelaskan di atas. Selain itu yang terpenting adalah disiplin dan konsisten, sehingga menjadi pola atau kebiasaan hidup yang baik. Dengan berhemat akan menjadikan ekonomi keluarga menjadi lebih baik dan sejahtera di masa depan.

Tentu menjaga kedisiplinan dan konsisten dalam pola kebiasaan hidup hemat tidaklah mudah. Mulailah membiasakan diri dan saling mengingatkan untuk tidak hidup boros dalam keluarga. Kuncinya adalah komunikasi, diskusi, saling pengertian dan memahami untuk belajar hidup hemat.