Kategori : BisnisBisnis Online

Cara Jualan Online Shop di Marketplace dan Risiko-Risikonya

Ada banyak tutorial yang bisa Anda pelajari mengenai cara jualan online shop di marketplace. Bahkan, setiap marketplace sudah menjelaskan tata caranya. Tidak hanya itu. Untuk membuat orang tertarik berjualan, marketplace juga memberikan info dan tips agar sukses berjulaan di marketplace tersebut.

Namun, apakah semua penjual online berjualan di marketplace? Faktanya tidak semua. Bahkan, sekarang ini banyak pebisnis online yang mulai meninggalkan marketplace. Hal ini disebabkan mereka tahu ada risiko-risiko yang mereka dapatkan.

Apakah Anda juga perlu melakukan hal yang sama? Sebaiknya tidak. Apalagi jika Anda pemula yang ingin mulai berbisnis online. Berjualan di marketplace tetap menjadi pilihan yang tepat dengan adanya kelebihan yang diberikan.

Kelebihan Jualan Online Shop di Marketplace

Setidaknya ada dua kelebihan ketika Anda jualan online shop di marketplace. Pertama kemudahan. Dengan berjualan di marketplace, Anda tidak perlu melakukan apapun. Cukup buat akun. Lalu ikuti langkah-langkah membuat toko online di tempat tersebut.

Simple sekali. Beda jika Anda harus membuat toko online sendiri. Anda harus mulai dari awal. Seperti membuat situs, memasang template, membuat fitur penjualan, pembayaran, dan lain sebagainya.

Belum satu masalah krusial. Tidak ada yang tahu domain atau alamat toko online Anda tersebut. Mana mungkin Anda bisa jualan? Berbeda jika Anda gunakan marketplace. Kebanyakan orang sudah tahu brand marketplace tersebut.

     Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online Anti Gagal untuk Newbie

Selain mudah, ada juga kelebihan yang kedua. Yaitu murah. Bahkan, gratis. Anda tidak perlu keluar uang sedikitpun untuk memiliki toko online di marketplace. Namun, jika Anda ingin mendapatkan fitur premium, Anda harus keluar sedikit uang. Biasanya, ada prosentase yang diminta oleh pihak marketplace.

Karena begitu mudah dan murahnya cara jualan online shop di marketplace, wajar ketika banyak yang buka toko online di platform semacam itu. Bagaimana dengan Anda? Tertarik?

Di sisi lain, Anda juga perlu tahu apa saja risiko-risikonya. Ini akan membuat Anda memikirkan lagi what next setelah membuat online shop di marketplace.

Masalah yang Akan Anda Hadapi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa penjual online yang sudah ahli yang tidak lagi jualan di marketplace. Hal ini disebabkan ada risiko atau masalah yang mereka alami.

  1. Persaingan

Kemudahan yang ditawarkan oleh marketplace membuat banyak penjual yang berdagang di sana. Ibarat kata, marketplace itu seperti pasar yang siapa saja bisa berjualan di situ. Dan itu gratis. Bayangkan jika pasar itu semakin sesak dengan pedagang. Persaingan pun semakin ketat, bukan?

  1. Banting Harga

Akibat persaingan yang semakin ketat, banting-bantingan harga pun tidak terelakkan. Bisa saja barang yang sama dijual dengan harga yang sangat amat murah.

  1. Tidak Membangun Data

Jika Anda menerapkan cara jualan online shop di marketplace, itu artinya Anda tidak membangun data. Anda tidak tahu persis data customer Anda. Dan ini artinya Anda tidak bisa melakukan scale-up agar customer Anda mau membeli lagi. Anda tidak bisa mengontrol mereka.

  1. Peraturan Bisa Berubah

Sering kali marketplace merubah aturan. Imbasnya, Anda juga harus menyesuaikan dengan aturan tersebut. Bisa saja aturan tersebut mempermudah. Namun, terkadang aturan berimbas pada penjualan.

Maka dari itu, sangat disarankan Anda memikirkan apa yang harus Anda lakukan setelah Anda punya toko online di marketplace. Karena cara jualan online shop tidak hanya bisa dilakukan di marketplace.

Ade Syahputra

Seorang ayah yang suka menulis dan menganggap menulis itu tidak mudah dan sangat membutuhkan kerja keras dan pemikiran yang matang.

Bagikan
Dibuat OIeh
Ade Syahputra

Artikel Terbaru

The World Landmarks – Merapi Park Yogyakarta, Miniatur Dunia

Sudah pernah berkunjung ke The World Landmarks - Merapi Park Yogyakarta? Salah satu wisata terbaik…

3 jam lalu

Taman Wisata Selecta Malang, Ini Wahana Yang Tersedia

Ingin berkunjung ke kota apel Malang? Jangan lewatkan untuk datang ke taman wisata selecta Malang.…

3 jam lalu

Taman Nasional Karimun Jawa, Ini Lokasi Dan Daya Tariknya

Siapa belum pernah ke taman nasional karimun jawa? Sayang sekali jika tidak pernah bertandang barang…

3 jam lalu

Cara Monetisasi Blog Dengan Google Adsense Yang Mudah

Pada saat sekarang ini ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.…

4 jam lalu

Cara Meningkatkan Jumlah Pendapatan Adsense Pada Blog

Siapa yang belum tahu jika sebenarnya menulis blog dapat menghasilkan uang? Pendapatan yang akan didapatkan…

4 jam lalu

Cara Menghasilkan Uang Dari Google Adsense

Sudah tahukah bagaimana cara menghasilkan uang dari Google adsense? Jaman internet seperti saat ini, bisnis…

4 jam lalu