Cara Membuat Blog Agar Tidak Bisa Di Copy Paste Dengan Cepat dan Mudah

  
Cara Membuat Blog Agar Tidak Bisa Di Copy Paste

Ketika satu atau lebih artikel yang sudah dipublikasikan ke dalam blog atau situs pribadi di copas oleh orang lain, tentu akan menimbulkan rasa ketidaknyamanan pemilik blognya. Apalagi, jika isi artikel tersebut diplagiat sedemikian rupa, bahkan di publish ke dalam blog orang tersebut tanpa seijin pemilik artikel sebelumnya. Maka, diperlukan suatu cara membuat blog agar tidak bisa di copy paste dengan cepat dan mudah.

Mengamankan artikel yang ada di dalam blog atau situs dari kebiasaan copas para blogger pemalas serta plagiaters menjadi harapan dan keinginan para pemilik blogger. Sebab para plagiaters dan blogger pemalas tersebut tidak pernah memperdulikan kesulitan dan perjuangan para pemilik blog ketika akan membuat artikel atau konten-konten tertentu. Beberapa cara membuat blog agar tidak bisa di copy paste dengan cepat dan mudah, antara lain:

1. Edit Template

Untuk mengamankan artikel atau konten dari pencurian dan plagiarisme, maka diperlukan cara membuat blog tidak bisa di copy paste dengan mudah. Dimulai dengan melakukan login ke dalam blog dan klik menu template atau tema. Selanjutnya pilih edit HTML-nya dan mencari  kode ]]></b:skin>, lalu copy kode berikut;

body{display:block;

-khtml-user-select:none;

-webkit-user-select:none;

-moz-user-select:none;

-ms-user-select:none;

-o-user-select:none;

user-select:none;

unselectable:on;}

Kemudian tempelkan kode tersebut di atas ]]><b/skin> dan klik tombol simpan template tersebut. Dan blog atau situsnya sudah dapat diamankan dari pencurian data.

2. Pasang Css

Cara membuat blog agar tidak bisa di copy paste oleh orang lain, adalah dengan memasang Css di dalam blog atau situs. Dan memasang Css juga akan membantu google untuk menemukan nya, dalam mesin pencariannya. Diawali dengan login ke dashboard, lalu pilih template atau tema dan klik edit HTML-nya.

Cari kode ]]>< / b:skin> dan copy kode berikut:

.post-body{

-webkit-user-select: none;

-khtml-user-select: none;

-moz-user-select: none;

-ms-user-select: none;

user-select: none;

}

pre{

-webkit-user-select: text;

-khtml-user-select: text;

-moz-user-select: text;

-ms-user-select: text;

user-select: text;

}

kbd{

-webkit-user-select: text;

-khtml-user-select: text;

-moz-user-select: text;

-ms-user-select: text;

user-select: text;

}

Lalu tempelkan atau kode tersebut di atas ]]><b/skin> dan klik tombol simpan template tersebut. Maka, blog atau situsnya sudah dapat diamankan dari pencurian data.

3. Dengan Javascript

Mengamankan artikel dalam blog dari copy paste dapat dengan menggunakan javascript, untuk memanipulasi pada elemen HTML-nya. Dan langkah penerapannya diawali  login ke dalam blog, lalu pilih menu tema. Selanjutnya klik edit HTML-nya dan tekan CTRL+F, kemudian masukkan script</body> di kotak pencariannya dan tekan tombol enter. Lalu salin kode berikut:

<script>

-function killCopy(e){return false}

-function reEnable(){return true}

-document.onselectstart=new-Function(“return false”)if (window.sidebar){document.onmousedown=killCopy

-document.onclick=reEnable}

</script>

Lalu tempelkan kode  script tersebut di atas </body> dan klik simpan

4. Untuk Blog Tutorial

Untuk blog tutorial yang kerap digunakan untuk berbagi informasi, maka proteksi artikel atau konten menjadi penting sekali. Langkah awalnya dengan mencari kode post-blockquote, kemudian pasang kode blockquote,.blockquote,pre,code,i{-webkit-touch-callout:text;-webkit-user-select:text;-moz-user-select:text;-ms-user-select. Sesudah kode blockquote atau .post blockquote.

5. Lapor DMCA

Pemilik blog atau situs dapat juga melaporkan tindakan pencurian artikel kepada DMCA, Digital-Millennium-Copyright-Act. Meskipun agak susah dan cukup ribet, tapi pihak DMCA dapat dijadikan alternatif terakhir, untuk menindaklanjuti pencurian artikel tersebut. Memang untuk membuat laporan ke DMCA haruslah disertai bukti dan alamat masing-masing url-nya

Nah, demikian cara membuat blog agar tidak bisa di copy paste dengan cepat dan mudah. Sehingga pemilik blog atau situs dapat mengamankan artikel dan konten miliknya dari para plagiaters atau blogger pemalas lainnya.  Yang tidak mau repot  saat membuat artikel sendiri dan mandiri. Dan buat yang masih suka mengcopy, sebaiknya jangan lupa untuk mencantumkan sumber asal artikel atau konten tersebut. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.