Cara Memperbaiki Speaker Bluetooth Paling Mudah

  

Mendengarkan music sudah menjadi kebiasaan banyak orang ya. Namun gak jaman lagi mendengarkan music menggunakan speaker yang besar dan berat. Yang sedang ngetrend dan banyak digunakan saat ini adalah speaker Bluetooth. Namanya elektronik ada kalanya mengalami kerusakan. Nah, artikel ini akan mengulas bagaimana cara memperbaiki speaker Bluetooth yang mengalami masalah.

Speaker Bluetooth adalah speaker yang bisa digunakan tanpa menggunakan kabel. Jadi mudah dan nyaman saat dibawa kemana – mana. Cara menggunakannya cukup mudah yakni  hanya mengaktifkan Bluetooth dan melakukan beberapa konfigurasi sederhana maka alat ini akan dapat berfungsi dengan baik. Perlu diketahui, terkadang speaker ini  mengalami beberapa masalah. Namun jangan khawatir simak ulasannya di bawah ini.

5 Tips Memperbaiki Speaker Bluetooth

Setiap benda elektronik pasti memiliki resiko yang sama yakni adanya kerusakan. Begitupun dengan speaker Bluetooth ini. Namun jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi. Seperti suara redup, tidak dapat connect dan lain sebagainya. Berikut ini cara memperbaiki speaker Bluetooth yang bisa dicoba.

1. Mengatasi Speaker Tidak Connect

Masalah pertama yang sering terjadi ialah susah connect atau bahkan tidak bisa menyambung ke speaker. Hal ini bisa saja terjadi karena kemungkinan ada orang lain yang menyalakan Bluetooth pada ponselnya dan terdeteksi lebih dulu oleh speaker bluetooth kita.

Cara mengatasinya cukup mudah yakni dengan mematikan speaker lalu menghidupkan kembali dengan kondisi Bluetooth pada ponsel on. Maka secara otomatis speaker akan mendeteksi sinyal yang paling dekat dengan kekuatan sinyal yang paling tinggi.

2. Mengatasi Speaker Suara Redup

Speaker Bluetooth dengan suara redup biasanya terjadi karena pemutar lagu seperti pc atau ponsel tertutupi dengan benda lain sehingga menghalangi sinyal ke speaker. Terkadang orang mengira bahwa speaker rusak namun nyatanya tidak. Solusinya hanya perlu meletakkan speaker di tempat yang dekat dengan sumber pemutar lagu agar sinyal yang terdeteksi kuat. Sehingga suaranya pun akan jernih.

3. Mengatasi Speaker Bluetooth Tidak Dapat Hidup

Masalah lain yang mungkin terjadi adalah speaker tidak bisa hidup. Ada beberapa yang menyebabkan hal ini terjadi . Diantaranya karena terjatuh sehingga baterai speaker mungkin bergeser atau terlepas. Biasanya speaker akan mati – mati dengan sendirinya. Masalah ini cukup serius hal yang bisa dilakukan ialah dengan mengecek bagian listrik yang mati atau bila merasa kesulitan bisa ke tempat service toko elektronik.

4. Mengatasi Masalah Speaker Boros Baterai

Salah satu resiko sebuah alat elektronik adalah kerusakan pada baterai. Tidak jauh berbeda dengan ponsel, speaker Bluetooth juga bisa saja mengalami hal ini. sebagian besar penyebabnya karena terlalu sering menggunakan hingga tidak terasa baterai habis total. Penyebab lain yakni menggunakan speaker sambil di charge juga bisa menjadikan speaker boros baterai.

Dampak buruk seperti ini bisa diatasi dengan membeli baterai baru. memang ada beberapa cara, namun hal ini tidak terlalu signifikan. Jadi cegah dengan menjaga dari pada harus memperbaiki atau bahkan menggantikan dengan yang baru.

5. Mengatasi Masalah Suara Serak Atau Tidak Jernih.

Suara recek bisa terjadi karena speaker disetel full volume dalam waktu yang lama. Cara untuk memperbaikinya adalah mengembalikannya seperti semula yakni dengan memutar lagu dengan volume yang sangat kecil. Tunggu beberapa saat dan suara akan normal kembali.

Demikianlah ulasan mengenai cara memperbaiki speaker Bluetooth yang bisa dicoba di rumah. Masalah – masalah seperti yang tertera di atas bisa saja terjadi pada speaker kesayangan. Namun dengan mengetahui cara mengatasinya, diharapkan bisa memperbaiki sendiri di rumah tanpa harus ke tempat servis. Semoga uraian di atas bermanfaat dan selamat mencoba.