Cara Mempercepat Loading Website di WordPress

  
Cara Mempercepat Loading Website di Wordpress

EDA WEB Artikel : Cara Mempercepat Loading Website di WordPress

Hai sahabat EDA, selamat kembali lagi di Web EDA WEB ya, kali ini EDA akan mencoba membahas dan memberikan trik atau settingan yang baik untuk mempercepat Situs WordPress

EDA WEB telah meriset bahwa banyak visitor / pengunjung web langsung meninggalkan situs web kita karena loading website yang sangat lama sebelum mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Apakah Web / Blog Sobat lambat…? EDA WEB akan memberikan solusinya bagaimana cara mempercepat loading / reload website wordpress milik teman-teman sekalian. EDA WEB hanya akan memaparkan 4 point penting di dalam artikel kali ini.

1. Memilih Lokasi Server Hosting / Vps Server / Dedicated Server Yang Benar

Yang Harus kalian perhatikan pertama kali adalah Server Hosting / Vps / Dedicated Server tempat dimana website kalian akan diletakkan / dirumahkan. Karena ini adalah kunci utama dari bagaimana cara kita mendapatkan loading page yang bagus. Kita harus memperhatikan dan melihat target visitor / pengunjung web dan blog kita. Apakah kita hanya fokus di satu titik lokasi (negara) ataukah universal (semua negara).

Sebagai contoh ya sob, jika kita hanya fokus mencari target visitor / pengunjung web dari Indonesia, akan lebih baik kita memilih lokasi server di Indonesia karena akan lebih menghemat waktu dalam mengambil semua data website kita dari server untuk ditampilkan kepada pengguna / user. Semakin dekat jarak server dengan lokasi visitor / pengunjung mungkin pemilihan cara ini bisa dibilang sangat baik untuk kita coba. Tetapi jika sobat ingin dapat diakses dengan baik dari luar ataupun dalam negeri, sobat EDA boleh mencoba ,memilih lokasi server di Singapore.

Lalu yang baik memilih shared hosting / vps server / dedicated? Kalau menurut EDA WEB sich shared hosting juga tidak masalah, asalkan provider hosting / cloudnya memiliki penanganan dalam mengatasi server yang baik. Diusahakan jika sahabat EDA masih memiliki keterbasan Budget lebih baik memilih shared hosting yang memiliki fitur seperti cloudlinux dan immunify. karena kedua fitur ini sangat berguna untuk menjaga stabilitas kinerja web dan situs kita. Mau tau EDA WEB servernya dimana? Baca Artikel ini Share Pengalaman dan Review IDCloudHost

2. Pemilihan Template WordPress Yang Benar

Di tahap ini kalian harus memilih template wordpress yang tidak memberatkan loading page website sobat sekalian. Seperti template yang terlalu banyak menggunakan fitur tambahan untuk memperindah layout tampilan web / blog sobat. Karena menurut EDA visitor / pengunjung hampir 80% tidak terlalu memperhatikan tampilan situs yang mereka kunjungi, karena user hanya butuh inti dari isi konten artikel tersebut. Dan pilihlah template wordpress yang mobile friendly karena di zaman now semua user / visitor kebanyakan menggunakan Mobile / hape untuk browsing.

Baca Juga :   Widget Wordpress Keren untuk Blog Bisnis Lebih Profesional

Tetapi, sahabat EDA harus memperhatikan juga setiap user mungkin masih belum memiliki gadget canggih, pasti masih banyak juga menggunakan hape jadul untuk browsing. Jadi, diusahakan website / blog kita untuk menggunakan template yang minimal javascripts. Dan hal paling utama adalah karena machine learning google tidak memperhatikan tampilan situs kita tetapi hanya kecepatan situs kita.

3. Menggunakan Plugin Optimasi / Caching

Cara ini adalah cara terampuh yang harus Sobat EDA lakukan. Karena trik ini juga di gunakan untuk situs EDA WEB. Karena penggunaan plugin optimasi seperti Litespeed, W3 total cache, dan masih banyak lagi plugin yang bisa sobat EDA gunakan. Karena plugin seperti ini sangat membantu loading page situs kita seperti melakukan caching, optimasi, gzip compression dan mengoptimasi gambar. Kalau EDA WEB sendiri saat ini menggunakan perpaduan Litespeed dan Autoptimize. Diartikel berikutnya EDA WEB janji akan membuat bagaimana settingan yang bagus untuk perpaduan plugin ini.

4 : Membersihkan atau Optimasi Database

Tahap kali ini Sobat EDA harus menjaga agar website WordPress kita tetap berada dalam kondisi yang baik dengan melakukan maintenance rutin pada database. Beberapa optimasi rutin dapat mempercepat waktu loading website kita, seperti misalnya: menghapus revisi postingan lama, menghapus komentar-komentar spam, menghapus widget yang tidak digunakan, data-data yang tidak digunakan  dan masih banyak lagi.

5 : Mengurangi Jumlah Iklan / Ads di Situs

Pasti cara yang ini mungkin Sobat EDA banyak  yang tidak setuju :D, karena rata-rata tujuan sobat EDA membuat web / blog untuk mendapatkan penghasilan dari berbagai platform iklan. Tapi percayalah menurut EDA WEB cara ini juga sangat ampuh untuk mempercepat loading situs web kita. Karena, semakin banyak unit iklan yang muncul akan membuat loading situs kita semakin lambat dan berat. Banyak iklan yang muncul belum tentu juga meningkatkan penghasilan kita. Yang paling penting dalam menampilkan iklan adalah tata letak dan lokasinya aja.

Nah, kesimpulannya kita harus menjalankan minimal ke 5 cara di atas agar meningkat page speed score / loading page website kita. Walaupun masih banyak lagi cara-cara yang harus kita tempuh untuk benar-benar mendapatkan hasil yang bagus buat loading page kita.

Oke Sob, Nanti kita lanjut di artikel selanjutnya ya…