
Teknologi yang semakin berkembang seakan menuntut setiap orang untuk mempunyai sosial media agar tidak ketinggalan info terbaru. Zaman yang serba digital, menuntut banyak perubahan tak terkecuali dalam hal promosi produk. Saat ini, ada banyak cara mempromosikan produk di sosmed yang dinilai lebih praktis dan mudah.
Sosial media yang digunakan seperti misalnya Facebook, whatsapp, twitter, dan lain sebagainya. Hampir semua orang di dunia memilikinya. Sosial media bisa menghubungkan satu orang ke orang yang lainnya dengan waktu yang lebih singkat dan efisien. Berikut ini 5 cara mempromosikan produk di sosmed dengan mudah:
1. Buat Konten Beragam
Ketika melakukan promosi di sosial media, hindari isi konten yang berulang. Jangan sampai yang diposting hanya itu-itu saja. Hal ini akan membuat calon pembeli merasa bosan dan tidak tertarik untuk membeli. Sebaiknya, promosi dilakukan dengan kata-kata yang sederhana dan memikat.
Isi konten sebaiknya adalah konten yang masih baru dengan kejadian-kejadian penting yang baru saja terjadi. Hal ini bisa meningkatkan keingintahuan orang lain. Di konten ini bisa disisipkan tips untuk secara tidak langsung mengarahkan orang-orang untuk menuju ke produk yang sedang ditawarkan. Isi konten bisa berupa pengetahuan tentang produk yang ditawarkan,
Posting di waktu yang tepat. Tidak semua orang akan mengecek sosial media di waktu yang sama. Sesuaikan dengan riset terhadap postingan yang memiliki like terbanyak di waktu apa saja. Jika sudah tahu, sering-seringlah memposting di jam tersebut.
2. Gunakan Gambar yang Memikat.
Cara mempromosikan produk di sosmed selanjutnya yaitu menggunakan gambar yang memikat. Tidak semua orang akan membaca penjelasan di sosial media secara rinci. Untuk menarik calon pembeli, bisa dimulai dengan mengunggah gambar yang menarik.
Saat memposting produk yang akan dijual, lebih baik gunakan gambar dan tidak hanya berisi teks. Selain itu, jangan sampai menggunakan gambar yang terlalu rumit dan perpaduan warna yang buruk. Hal ini akan sangat mengurangi penilaian calon pembeli terhadap suatu produk.
3. Gunakan Hashtag
Cara ketiga yaitu menuliskan hashtag. Di sosial media saat ini, hashtag menjadi hal yang penting. Dengan menggunakan hashtag, seseorang bisa mencari produk sejenis dengan lebih mudah. Selain itu, dengan adanya hashtag, bisa membuat jangkauan calon pembeli yang dituju semakin luas.
Namun jangan gunakan hashtag terlalu banyak. Cukup gunakan 2-3 saja agar lebih spesifik. Jadi sebelum menggunakannya, harus benar-benar memilih hastag mana yang akan dicantumkan di postingan produk untuk menarik orang lain.
4. Bersikap Responsif
Media sosial memungkinkan calon pembeli akan berdatangan dalam waktu yang bersamaan dan dalam jumlah yang sangat banyak. Setiap pembeli ingin direspon oleh penjual dengan sikap yang menyenangkan. Oleh karena itu, saat melakukan promosi harus mengedepankan sikap responsif yang tinggi.
Sikap responsif tinggi akan meningkatkan kenyamanan. Usahakan pembeli bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan secara cepat. Jika sudah nyaman, seseorang akan lebih mudah untuk memutuskan membeli sesuatu.
5. Adakan Kuis Berhadiah
Cara Mempromosikan Produk di Sosmed yang kelima yaitu mengadakan kuis. Untuk meningkatkan keingintahuan seseorang, bisa dimulai dengan mengadakan kuis berhadiah yang berkaitan dengan produk yang akan ditawarkan. Hal ini secara tidak langsung merupakan kegiatan untuk menjalin komunikasi dengan orang lain.
Dengan mengadakan kuis, pemilik produk bisa melihat siapa saja orang-orang yang tertarik dengan produk yang sedang ditawarkan. Sedikit demi sedikit cara tersebut akan membuat komunikasi terjalin secara intens. Jika sudah tertarik, potensi untuk membeli suatu produk sangatlah besar.
6. Bergabung dengan Komunitas Sejenis
Di media sosial ada banyak komunitas yang bisa dijumpai. Pilih komunitas yang berjalan selaras dengan bagian dari produk yang ingin dijual. Dengan bergabung bersama komunitas, maka informasi terbaru akan lebih mudah didapatkan. Selain itu juga bisa mendapatkan lebih banyak pasar target, memiliki teman baru, dan bisa saling bertukar pendapat.
Itulah 5 cara mempromosikan produk di sosmed dengan mudah. Dengan adanya sosial media, informasi mengenai suatu produk bisa dikonsumsi oleh lebih banyak orang. Ketahui karakteristik sosial medianya dan manfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan penjualan produk.