Cara Mengundurkan Diri Dari Pekerjaan Yang Baik Dan Sopan

  
Cara Mengundurkan Diri Dari Pekerjaan

Tak bisa dipungkiri, memilih mengundurkan dari suatu pekerjaan memang bukanlah yang mudah. Terlebih jika sebelumnya sudah menjalin hubungan yang baik dengan atasan dan rekan kerja lainya. Mengundurkan diri dari suatu pekerjaan pun harus dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Misalnya saja yaitu dengan tekad dan mental yang kuat agar nantinya tak menyesal. Berikut cara mengundurkan diri dari pekerjaan yang baik. Simak penjelasan di bawah ini.

1. Jangan Melakukan Resign Secara Mendadak

Saat memutuskan untuk resign, tentu ada keinginan yang menggebu untuk segera keluar pastinya kan? Meskipun begitu, mengundurkan dari pekerjaan tidak boleh dilakukan seenaknya dan tanpa etika. Pasalnya ketika seseorang melakukan pengunduran diri secara mendadak, atasan dan rekan kerja lainya akan kerepotan. Terlebih lagi untuk mencari karyawan baru pasti membutuhkan waktu.

Nah idealnya, saat mengundurkan diri karyawan harus memberikan surat resign 1 minggu atau 3 atau 4 hari sebelumnya. Meskipun sudah memberikan surat, karyawan pun juga tidak bisa langsung keluar dari pekerjaan terlebih jika bekerja di suatu perusahaan. Mengapa? Karena biasanya seorang karyawan baru bisa keluar dari pekerjaan setelah 1 bulan mengajukan resign.

2. Tulislah Surat Pengunduran Diri Yang Baik

Setiap orang tentu memiliki alasan tersendiri mengapa memilih mengundurkan diri dari  suatu pekerjaan tertentu. Misalnya saja yaitu karena sudah terlalu lama bekerja di suatu perusahaan, atau bisa juga ingin mencoba hal baru. Apapun alasanya, saat memutuskan  resign pun juga harus dengan cara baik. Hal ini diperlukan untuk tetap membina hubungan yang baik dengan atasan maupun rekan kerja lainya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan saat  memutuskan mengundurkan diri dari suatu pekerjaan yaitu dengan menulis surat pengunduran diri. Melalui surat pengunduran diri tersebut, maka atasan akan lebih mudah memahami tujuan dan maksud pengunduran diri bawahanya. Ingat, saat menulis surat pengunduran diri ada beberapa hal yang harus diperhatikan, misalnya yaitu sapaan atau salam pembuka, alasan mengundurkan diri, dan juga penutup yang baik dan sopan.

3. Menyampaikan Secara Langsung Keputusan Mengundurkan Diri Kepada Atasan

Cara mengundurkan diri dari perusahaan yang  baik selanjutnya yaitu dengan menyampaikan langsung kepada atasan. Hal ini sangat penting  dilakukan mengingat atasan adalah orang terdekat dan selalu berhubungan dengan setiap project pekerjaan yang diambil. Kadangkala ada atasan yang malah mendengar kabar jika bawahanya ingin resign bahkan dari karyawan lainya. Tentu keadaan ini akan membuat  kekecewaan tersendiri bukan?

Nah, jadi sebelum keinginan resign terdengar oleh orang lain, akan lebih baik jika langsung mengungkapkanya langsung kepada atasan. Dengan demikian maka atasan akan lebih dihargai secara profesional serta akan memudahkanya mencari karyawan baru.

4. Tetap Bekerja Dengan Baik Meskipun Akan Resign

Ketika seseorang memutuskan akan resign dari pekerjaan, biasanya semangat pekerjaanya akan menurun. Bahkan bisa juga akan beranggapan sebentar lagi akan resign sehingga tak perlu mnggebu-gebu dalam bekerja. Namun sikap ini tidaklah baik. Jadi, cara mengundurkan diri dari pekerjaan yang baik  yaitu dengan tetap bekerja dengan baik meskipun akan resign.

Semangat kerja yang tinggi bahkan sebelum resign ini memandakan bahwa seorang karyawan memiliki sikap profesionalisme yang tinggi. Selain itu semangat kerja juga menunjukkan bahwa karyawan berdedikasi tingi terhadap perusahaan msekipun akan resign. Etika baik tersebut nantinya juga akan memberikan impact yaitu kesan positif dari rekan kerja lainya. Bayangkan jika seorang karyawan malas-malasan sebelum resign, tentu rekan lainya akan kerepotan bukan?

5. Tetap Menjaga Profesionalisme Meskipun Sudah Mengundurkan Diri

Meskipun seseorang sudah mengundurkan diri dari sebuah perusahaan, menjadi profesionalisme kerja sangat penting dilakukan. Jadi, jangan pernah seenaknya mengumbar keburukan tempat kerja lama jika sudah bergabung dengan tempat kerja yang baru. Satu lagi, seorang mantan karyawan yang baik juga tidak akan membeberkan rahasia perusahaan atau tempat kerja lama kepada pihak lain.

Itulah beberapa ulasan mengenai cara mengundurkan diri dari pekerjaan. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan membantu ya.