Inilah Cara Menidurkan Bayi Yang Rewel Dengan Cepat

  

Cara menidurkan bayi yang rewel dengan cepat seringkali banyak dicari oleh para bunda, terlebih lagi yang baru saja menikah dan memiliki anak. Tentu bukan perkara mudah dalam menidurkan buah hati yang usianya masih bayi, sehingga terkadang membuat diri merasa kesal dan bingung mengatasinya.

Ketika bayi rewel tentu saja para orang tua terutama bunda, pasti akan merasa bingung mengenai langkah apa yang harus dilakukan. Baik itu dengan cara menggendong, memberi asi atau bahkan mengajaknya keluar rumah untuk mendapatkan hawa segar.

Namun ternyata beberapa cara sederhana tersebut sangat jarang berhasil dilakukan, apalagi saat bayi dalam keadaan sakit. Lalu apakah itu artinya sebagai orang tua harus menyerah begitu saja? Jawabannya adalah, jelas tidak! Oleh karena itu silahkan simak cara menidurkan bayi yang sedang rewel dengan cepat!

1. Mengusap Pipi Kiri dan Kanan Bayi

Cara menidurkan bayi yang rewel dengan cepat adalah dengan mengusap pipi kiri dan kanannya. Lakukan gerakan mengusap dari atas ke bawah dengan lembut dan perlahan. Bunda juga bisa meniup kecil tepat di bagian kening bayi sampai buah hati benar-benar menutup matanya.

Kiat ini akan lebih cepat dilakukan apabila bayi dalam keadaan terlentang dan digendong menggunakan selendang. Usahakan tempatkan bayi pada posisi ternyaman saat digendong agar buah hati merasa lebih rileks dan tenang. Lakukan juga gerakan menimang ke kiri dan ke kanan secara perlahan.

2. Memijat Tangan, Kaki dan Telapak Bayi

Cara kedua untuk menidurkan bayi yang rewel adalah dengan memberinya pijatan lembut pada tangan, kaki dan telapaknya secara bergantian. Hal ini dilakukan guna menimbulkan efek relaksasi pada bayi akibat kelelahan saat menangis. Sertakan juga menepuk-nepuk pahanya perlahan.

Upaya memijat tangan, kaki maupun telapak pada bayi sebaiknya dilakukan dengan hati-hati. Mengapa? Pasalnya kulit bayi masih sangat sensitif dan rawan tergores. Pastikan juga mencuci tangan sebelum memijatnya agar tidak terdapat bakteri yang menempel.

3. Ferberizing

Ferberizing merupakan salah satu istilah dalam kedokteran yang artinya membiarkan bayi menangis sampai tertidur dengan sendirinya. Akan tetapi, bukan berarti Bunda tidak melakukan kegiatan apa-apa, baiknya seimbangkan dengan mengajaknya bicara dengan lembut atau menceritakan dongeng sebelum tidur.

Waktu yang tepat untuk melakukan ferberizing adalah dengan membiarkannya di jam-jam tertentu. Sebaiknya sebagai orang tua harus pandai membuat jam khusus tidur bayi agar tidak menjadi kebiasaan buruk saat besar nanti. Cara ini bahkan ampuh dilakukan dengan cepat.

4. Berikan Asi yang Cukup

Cara menidurkan bayi yang sedang rewel berikutnya adalah dengan memberinya asi yang cukup. Pasalnya, dokter anak banyak mengemukakan bahwa ternyata penyebab rewelnya bari adalah karena kebutuhan asinya kurang tercukupi. Mengingat, asupan makanan bayi masih sekedar asi sampai dengan usia 2 tahun.

5. Ganti Alas Tidur

Sebagai Ibu tentu saja saat bayi rewel sebisa mungkin harus mengetahui penyebabnya. Hal ini bertujuan agar mempermudah dalam memberikan solusi demi bisa mengatasinya. Salah satu penyebab kerewelan bayi yakni alas tidur yang menurutnya kurang nyaman.

Oleh karena itu sebelum menidurkan bayi, hendaknya sentuh terlebih dahulu alasnya barangkali basah atau kasar. Mengapa? karena kebanyakan bayi tidak suka tidur di atas alas yang terlalu panas atau kasar, sehingga sebaiknya pilihlah alas tidur bayi yang berbahan katun halus.

Sekian ulasan singkat mengenai cara menidurkan bayi yang rewel dengan cepat. Semoga bisa menjadi informasi bagi para bunda yang baru saja memiliki momongan. Apabila masih belum menemukan titik terang, sebaiknya segera konsultasikan keadaan tersebut kepada dokter spesialis anak.