Inilah 6 Cara Meningkatkan SEO pada Blog yang Bisa Dicoba!

  
Cara Meningkatkan SEO pada Blog

Di zaman serba digital ini, keberadaan website/ blog semakin populer. Keberadaannya bukan hanya sekedar tempat menyalurkan hobi, melainkan banyak dijadikan sebagai ladang berbisnis. Dalam hal ini peran SEO sangatlah penting guna menjadikan website berada pada pencarian teratas Google. Selain itu, trafik website/ blog pun akan berpotensi mengalami peningkatan. Berikut ini terdapat tips terkait cara meningkatkan SEO pada blog agar bisa teroptimasi dengan baik.

Sekilas Tentang SEO

Sebelum mengulas lebih jauh terkait cara-cara dalam meningkatkan SEO pada suatu blog, sebaiknya mengenal terlebih dahulu apa itu SEO? Bagi sebagian orang keberadaan SEO dianggap sepele, padahal SEO dapat membantu menjadikan suatu website berada pada pencarian teratas.

SEO yang merupakan kependekan dari Search Engine Optimization merupakan salah satu upaya dalam mengoptimalkan website agar menjadi rangking teratas di hasil pencarian. Ketika berhasil di posisi teratas pada hasil pencarian, maka akan potensi trafik pun akan meningkat.

Cara Meningkatkan SEO pada Blog

Selanjutnya, setelah memiliki sekilas tentang SEO, selanjutnya perlu diketahui bagaimana SEO teroptimasi dengan baik pada website yang telah dibuat. Hal ini tentunya sebagai langkah untuk menjadikan website/ blog berada pada hasil pencarian teratas. Adapun cara meningkatkan SEO blog yakni semakin berikut.

1.   Perhatikan Permalink yang Digunakan

Bagi para pengguna website, dianjurkan untuk mengatur permalink yang digunakan. Pengenalan pada suatu topik akan mudah ditemukan mesin pencarian ketika menggunakan permalink yang sederhana. Penggunaan permalink sederhana bisa disiasati dengan memfokuskan pada keyboard yang ditargetkan. Untuk mengubah permalink bisa dilakukan secara mandiri dengan memilih opsi setting lalu pilih permalink.

2.   Cerdas Dalam Membuat Judul

Tips lainnya yang termasuk ke dalam cara meningkatkan SEO blog yakni pintar-pintar dalam menentukan judul suatu konten. Pemilihan judul yang tepat dan menarik sangat berpengaruh terhadap trafik suatu blog. Ketika website berada pada deretan hasil pencarian, maka judul yang menarik akan menjadi perhatian utama para pembaca. Oleh karena itu sajikan konten dengan judul yang menarik mungkin.

3.   Menggunakan Gambar yang Menarik

Selanjutnya, untuk meningkatkan SEO blog bisa juga disiasati dengan memasang gambar yang menarik pada website. Hal ini akan membuat pembaca terhindar dari rasa jenuh. Selain itu, website pun akan terasa lebih hidup dan terhindari dari nuansa yang monoton. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memasang gambar, salah satunya ukurannya jangan terlalu besar guna menghindari proses loading yang terlalu lama.

4.   Menggunakan Heading dan Subheading pada Konten

Menggunakan heading dan subheading akan memudahkan pembaca dalam memahami suatu konten. Oleh karena itu, cobalah untuk menyajikan konten dengan struktur yang rinci serta mudah dipahami pembaca. Hal ini tentunya akan membantu mesin pencari dalam memahami konten yang disajikan, sehingga berpotensi menjadi peringkat teratas di hasil pencarian.

5.   Menyajikan Konten yang Berkualitas

Untuk bertempur di dunia digital dengan beragam saingan yang begitu marak tentunya konten yang berkualitas sangat dibutuhkan. Untuk berhasil menjadi yang teratas di hasil pencarian hendaknya memperhatikan konten yang akan disajikan. Konten yang berkualitas yakni sajian yang mampu memenuhi apa yang dibutuhkan pembaca.

6.   Memerhatikan Internal Link Agar Lebih Maksimal

Internal link merupakan link yang akan mengarah pada konten lain yang ada pada suatu website. Tautan ini tentunya akan membantu pembaca dalam menelusuri berbagai konten yang ada pada suatu website. Selain itu, internal link akan mempermudah search engine dalam memahami konten dalam suatu website.

Nah, itulah 6 cara meningkatkan SEO blog yang bisa dicoba guna menghasilkan trafik yang tinggi. Pastikan setiap konten yang disajikan berkualitas dan mudah dipahami, sehingga pembaca akan kecanduan untuk singgah kembali pada website tersebut.