Cara Menulis Artikel Yang Baik, Pemula Harus Tau!

  
cara menulis artikel yang baik

Artikel merupakan karangan pendek yang biasanya hanya berjumlah 300 sampai 1000 kata. Karangan ini bisa berupa ide, gagasan, pendapat, ataupun tips terkait dengan realita yang terjadi. Agar artikel bisa layak baca, sebaiknya penulis mengetahui cara menulis artikel yang baik. Hal ini dimaksudkan agar artikel yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pembaca.

Artikel sendiri terdiri dari berbagai macam, adapun jenis artikel bisa berupa narasi, deskripsi, persuasi, eksposisi, dan juga argumentasi. Beberapa artikel ini memiliki tujuan dan penyajian yang berbeda-beda. Tujuan dari penulisan artikel sendiri adalah untuk menyampaikan gagasan, sebagai sarana publikasi, edukasi, dan lain sebagainya. Artikel disajikan berdasarkan fakta, bukan hoax ataupun hal yang diragukan kebenarannya.

Tips Menulis Artikel Agar Banyak Pembaca

Pada dasarnya artikel yang dibuat diharapkan mampu memberi informasi kepada pembaca bukan? Lalu bagaimana membuat artikel yang sudah dibuat mendapatkan pembaca yang banyak? Caranya yaitu buatlah judul yang menarik, judul yang menarik akan membuat pembaca penasaran. Judul yang menarik juga harus dibarengi dengan isi artikel yang bermanfaat dan sesuai dengan topik.

Langkah-Langkah Menulis Artikel Yang Baik

Bagi pemula, tentunya terkadang masih suka bingung bagaimana langkah-langkah membuat artikel yang baik dan benar. Dibawah ini beberapa langkah yang bisa dijadikan referensi jika ingin menulis artikel bagi pemula :

1. Buat Tema

Cara menulis artikel yang baik pertama adalah membuat tema. Artikel haruslah dibuat menarik dan lebih spesifik pada topik ataupun tema yang ditentukan.  Semakin spesifik artikel yang dibuat, maka akan semakin bagus. Dalam membuat tema juga harus memperhatikan siapa yang akan membaca artikel ini nantinya, misalnya pembaca adalah anak SMA, maka gunakan tema atau topik yang lebih ringan.

Baca Juga :   5 Stream Pendapatan dari Blog Lengkap dengan Triknya

2. Tentukan Tujuan Penulisan

Penentuan tujuan sangatlah penting dalam melakukan sesuatu. Begitu pula dengan membuat tulisan, penentuan tujuan dari apa yang ditulis sangatlah penting untuk menghindari adanya salah paham. Misalnya ada seorang akan menulis artikel, sebaiknya menentukan dulu tujuannya menulis artikel untuk apa, entah itu memberi informasi, demonstrasi suatu pengetahuan, persuasi, menawarkan barang, iklan barang dsb.

3. Tentukan Ide Pokok

Menentukan ide pokok artikel juga menjadi hal yang sangat krusial. Mengapa demikian? Agar artikel yang dibuat menjadi lebih objektif. Biasanya ide pokok ini ditentukan dari tema apa yang akan dijadikan artikel, misalnya saja artikel dengan tema kesehatan. Ide pokok ini bisa saja berada di awal artikel, di tengah, ataupun di akhir artikel. Penentuan ide pokok ini untuk menghindari adanya pembahasan yang keluar dari tema yang sudah ditentukan sebelumnya.

4. Kembangkan Tema

Cara menulis artikel yang baik selanjutnya adalah mengembangkan tema tulisan. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, bahwa tema merupakan urat nadi dari sebuah tulisan. Tema ini sendiri dikembangkan berdasarkan dari apa yang penulis ketahui ataupun pengalaman dan juga riset-riset yang sudah dijalani oleh penulis sebelum membuat artikelnya.

5. Menyimpulkan

Menyimpulkan tulisan merupakan langkah akhir dari cara membuat artikel yang baik. Sebuah artikel yang baik seharusnya terdiri dari pembuka, intisari, dan penutup yang juga bisa berupa kesimpulan, hal ini dianggap penting, agar pembaca mampu memahami kembali secara menyeluruh apa yang ingin penulis sampaikan dalam artikelnya, kesimpulan ini biasanya ada di akhir sebuah artikel.

Itulah tadi beberapa ulasan mengenai pengertian, jenis-jenis tips, tujuan dan juga cara menulis artikel yang baik. Sebenarnya sebuah tulisan memiliki pembacanya masing-masing, begitupun artikel yang penulisannya berdasarkan pada fakta dan merupakan sarana edukasi. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi dan sumber literasi untuk teman-teman semua yang sedang mencari informasi terkait.