Cara Merakit PC Gaming 2 Jutaan Untuk Performa Maksimal

  

Saat ini dunia gaming berkembang sangat pesat dan tentunya menawarkan berbagai game yang memiliki kualitas gameplay yang tinggi. Game yang memiliki grafis tinggi tersebut membutuhkan perangkat komputer yang memiliki spesifikasi tinggi. Sehingga perlu untuk merakit sendiri sekaligus memahami cara merakit pc gaming 2 jutaan untuk mendapatkan performa maksimal.

Komputer rakitan pabrik di pasaran memiliki harga yang sangat mahal, sekaligus memiliki kekurangan pada pengaturan custom perangkat kerasnya. Berikut adalah penjabaran langkah cara untuk merakit PC gaming dengan harga 2 jutaan:

1. Memasang Processor

Seperti yang telah diketahui bahwa motherboard merupakan komponen yang digunakan untuk meletakkan seluruh komponen komputer, termasuk juga processor. Namun sebaiknya komponen processor terlebih dahulu dipasangkan sebelum motherboard dimasukkan dalam casing. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempermudah pemasangan.

Untuk memasang processor, tentukan terlebih dahulu socket processor di motherboard dan posisi dari pin 1 pada processor. Angkat tuas pengunci socket agar terbuka kemudian lumuri dengan thermal paste pada lapisan atas processor. Kemudian sesuaikan lubang socket dengan posisi dari kaki processor. Apabila telah sesuai antara processor dengan soketnya, kemudian tekan hingga rapat dan kunci dengan tuas pengunci socket. Kemudian disusul dengan menginstall kipas.

2. Memasang RAM

Setelah processor terpasang dengan erat, maka dapat dilanjutkan dengan memasang random access memory atau RAM ke socketnya di motherboard. Untuk memasang RAM kurang lebih sama dengan cara memasang processor.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka tuas pengunci yang tersedia di motherboard. Kemudian sesuaikan posisi dari lekukan di modul memori RAM pada lekukan yang ada pada slot di motherboard. Apabila telah dirasa lekukan pada modul memori RAM dan lekukan pada slot di motherboard terasa sangat pas, maka pasang kembali tuas dari pengunci RAM untuk mempertahankan posisinya.

3. Memasang Power Supply

Power supply merupakan komponen yang memiliki peranan cukup penting, yaitu mengkonversi arus dari sumber listrik agar sesuai dengan voltase yang sesuai dengan perangkat pc. Pemasangan power supply yang benar adalah dengan memasangkannya terlebih dahulu sebelum dipasangkan motherboard dalam casing. 

Langkah ini nantinya akan mempermudah dalam pemasangan motherboard. Cara memasang power supply adalah meletakkannya di bagian belakang casing, kemudian dikencangkan dengan menggunakan sekrup. Untuk mempermudah menginstall motherboard, maka seluruh kabel dari power supply harus diatur.

4. Memasang Motherboard Kedalam Casing

Bagi para pemula, memasangkan motherboard kedalam casing cukup menyulitkan. Karena hal tersebutlah sangat penting bagi para pemula untuk memperhatikan manual book dari masing-masing motherboard, sehingga saat memasangkan port tidak akan terjadi kesalahan. Untuk memasangkan motherboard, pertama harus menghubungkan kabel konektor IDE Primer dan sekunder pada motherboard.

Namun untuk motherboard non ATX dapat memasang kabel port paralel dan seri pada konektor. Pada bagian belakang casing terdapat sebuah lubang untuk pemasangan port tambahan non slot, buka sekrup pengunci port dan pasangkan motherboardnya kemudian kunci kembali. Kemudian yang perlu diperhatikan supaya lampu indikator, tombol power dan reset agar dapat berfungsi normal maka kabel konektor perlu disambungkan.

5. Memasang SSD Serta HDD

SSD dan HDD merupakan perangkat untuk menyimpan seluruh file. Untuk memasangnya dapat dilakukan dengan cara meletakkan HDD dan SSD pada slotnya di casing. Kemudian hubungkan dengan kabel konektor IDE pada driver dan konektor pada motherboard. Apabila terdapat 2 drive, maka settingnya harus dijadikan 2 menjadi master dan secondary drive. Kemudian kabel power disambungkan pada catu daya masing-masing.

6. Memasang Card Adapter

Cara merakit PC gaming 2 jutaan yang terakhir adalah memasang card adapter untuk keperluan sound card, modem, video card dan perangkat lainnya. Untuk memasangnya juga cukup mudah karena terdapat slot khusus pada motherboard.  Apabila card adapter telah terpasang dengan erat, maka tekan dan kunci dengan sekrup agar tidak terlepas.

Sekian penjabaran tentang cara merakit PC gaming 2 jutaan yang dapat dijadikan panduan untuk mendapatkan PC gaming yang memiliki fungsi maksimal. Untuk mendapatkan performa yang maksimal, selain melakukan cara perakitan yang benar, juga disarankan untuk menggunakan generasi terbaru dari masing-masing komponen.