Inilah 8 Cara Monetize Blog Mudah, Cara Mendapatkan Uang Dari Website

  
cara monetize blog mudah

Blog dapat dibuat oleh siapa saja. Kebanyakan sih ngeblog untuk menuangkan hobi saja. Tetapi jika ditekuni dengan serius web juga dapat menghasilkan uang loh. Cara monetize blog mudah berikut ini akan membantu pengguna mendapatkan penghasilan dari web.

Sebelum melakukan monetize blog, pengguna perlu melakukan beberapa langkah seperti membuat konten yang berkualitas, topik yang menarik, konsisten upload, dan promosi blog untuk meningkatkan viewer. Jika sudah, berikut ini beberapa cara mendapatkan uang dari web.

1. Mendaftar Google Adsense

Cara monetize blog mudah yang pertama adalah menggunakan Google Adsense. Adsense banyak dipilih karena prosesnya yang mudah. Pengguna hanya mendaftarkan blog yang dimiliki ke adsense dan tunggu hingga di acc. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan oleh banyak blogger yang monetize dengan adsense yakni

  • Membuat blog dengan konten artikel. Ya seperti blog biasa saja. tetapi pengguna harus rutin upload artikel dan memiliki viewer yang lumayan.
  • Membuat blog konten image atau dikenal dengan web wallpaper. Jenis blog ini akan mengandalkan trafik google image.
  • Menggunakan paid traffic. Nah cara ini akan mendatangkan pengunjung lebih banyak ke blog yang sudah dioptimalisasi. Metode ini akan menghasilkan uang yang lebih besar daripada biaya paid traffic itu sendiri. Paid traffic bisa dengan menggunakan bing ads, fb ads, adword atau lainnya.

2. Referral Or Affiliate

Pengguna akan mendapatkan komisi atas hasil promosi dengan menggunakan program affiliate. Keunggulan dari cara ini yakni jika pengunjungnya sudah tertarget, meski sedikit pengguna sudah bisa mendapat penghasilan.

Terdapat berbagai jenis affiliate yang dapat dipromosikan yakni hosting dan domain, software, affiliate bisnis seperti trading, crypto, option. Kemudian affiliate marketplace seperti ebay, lazada, amazon, dan sebagainya. Terdapat juga refferal untuk hotel seperti agoda, booking.com dan produk digital seperti idaff, jvzoo, idaff, dan lainnya

Kemudian terdapat dua jenis affiliate yang ditawarkan yakni recurring commission dan one time commission. Recurring commission merupakan jenis komisi yang biasanya digunakan pada produk berlangganan seperti VPN, produk trading, dan lainnya. Selama mereka masih berlangganan, pengguna akan mendapatkan komisi.

Sementara one time commision, pengguna hanya mendapat komisi sekali saja saat di awal. Komisi jenis ini banyak digunakan untuk produk yang tidak memerlukan langganan bulanan. Untuk banyaknya komisi yang didapat, tergantung dari jenis affiliate dan web pengguna.

3. Bekerjasama Dengan Penyedia Jasa Offline

Cara ini cukup work dan hasilnya pun lumayan. Jika pengguna memiliki blog dengan niche tertentu, cobalah cari bidang usaha yang sesuai dengan niche blog tersebut. Kemudian ajak mereka untuk bekerjasama. Misalnya saja niche wisata, pengguna dapat mengajak kerjasama dengan tour and travel, rental mobil, penyewaan villa, dan sebagainya.

Komisi yang didapat tergantung dari client yang dibawa pengguna. Pintar-pintar saja menjadi client yang mau diajak kerjasama.

4. Menawarkan Guest Post Berbayar

Cara monetize blog mudah satu ini sangat simpel. Pengguna cukup membuka jasa review atau menerima sponsor post pada blog yang dimiliki. Tetapi terdapat kriteria agar blog tersebut diterima sebagai post review seperti memiliki visitor yang cukup banyak, profil backlink dan metrik yang cukup bagus. Beberapa juga ada yang mensyaratkan memiliki list email dan pengikut sosmed yang banyak.

Harga yang dipasang dari setiap post review tentunya beragam tergantung dari client dan kondisi blog masing-masing. Biasanya mulai dari 50 ribu hingga satu juta rupiah. Banyak kok client yang mencari jasa review post. Cobalah untuk membuat halaman khusus untuk memudahkan mereka menemukan blog pengguna.

Nah, itulah beberapa cara monetize blog mudah untuk dilakukan. Mulai dari memasang adsense hingga menawarkan review post berbayar. Sesuaikan saja jenis monetize mana yang cocok dengan pengguna. Semoga ulasan ini bisa memberi ide pembaca untuk mendapat penghasilan dari  web ya.