Cara Untuk Mendidik Anak Dengan Baik dan Benar

  
cara untuk mendidik anak

Bagaimana cara untuk mendidik anak dengan baik? simak tulisan dibawah ini. Menjadi seorang ibu tentu ingin selalu yang terbaik untuk anak-anaknya. Salah satunya adalah dalam hal mendidik anak. Jika anak-anak memang dididik dengan cara yang baik, maka kemungkinan besar anak tersebut akan tumbuh dengan baik.

Namun, bagi seorang ibu yang baru saja menjadi ibu, tentu saja masih bingung dalam hal mendidik anak. Tenang saja, dibawah ini akan dibagikan 7 cara untuk mendidik anak yang tentunya sangat cocok untuk para ibu baru :

1. Memberi Contoh Yang Baik

Langkah pertama cara untuk mendidik anak yang baik adalah dengan selalu memberi contoh yang baik. Walaupun sebagai orang tua tetap tidak terlepas dari hal buruk, akan tetapi saat berada didepan anak, berikanlah contoh yang baik.

Contoh baik yang bisa dilakukan salah satunya adalah dalam hal berbicara. Gunakan nada yang lembut dan tidak terkesan keras. Selain itu ajarkan juga anak mengenai sopan santun. Mengajarkan hal baik pada anak sedari kecil, maka besar kemungkinan anak akan terbiasa sampai dewasa.

2. Selalu Dengarkan Anak

Sekecil apapun hal yang ingin disampaikan oleh anak, dengarkanlah. Perlu diingat juga, dengarkanlah ketika anak tersebut bercerita sampai selesai. Sebaiknya jangan memotong pembicaraan anak saat mereka bercerita.

Perilaku yang selalu mendengarkan cerita anak akan membuat anak merasa diperhatikan sehingga anak tidak sungkan jika  bercerita kepada orang tuanya. Nah, dengan begitu hubungan antara orang tua dan anak akan semakin erat. Selain itu, anak juga menjadi berani mengemukakan pendapatnya.

3. Memanggil Nama Anak

Saat memanggil anak, gunakanlah nama anak. Bila memanggil nama anak, maka anak akan merasa disayang dan lebih dihargai oleh orang tua. Kebiasaan memanggil nama anak, maka nantinya saat tumbuh dewasa akan lebih bahagia dan dekat dengan orang tua.

Ketika sudah memanggil anak dengan namanya, dan anak menoleh, maka saat memberi nasehat pun juga menggunakan nada lembut. Jangan sampai ketika memanggil nama anak dilakukan sambil berteriak, karena nantinya anak malah menjadi takut.

4. Menggunakan Bahasa Yang Lembut

Cara untuk mendidik anak selanjutnya adalah menggunakan bahasa yang lembut. Saat mengajak anak bicara, memanggil anak, menyuruh anak, semuanya sebaiknya digunakan bahasa yang lembut. Dengan berkata lembut kepada anak, maka anak pun akan mengikuti menggunakan bahasa yang lembut.

Selain lembut, tutur kata yang digunakan juga sopan. Ketika anak mendengar bahasa yang kurang sopan, maka beritahu anak bahwa kalimat tersebut tidak boleh diucapkan. Biasakan secara terus menerus menggunakan bahasa lembut pada anak agar anak pun juga menjadi terbiasa.

5. Jika Anak Salah, Nasehatilah

Anak-anak pasti juga akan berbuat salah. Ketika anak berbuat salah, tetap beri hukuman agar anak tidak melakukan kesalahan tersebut. Jangan bela anak ketika mereka berbuat salah. Selain memberi hukuman, berikan juga nasehat pada anak tentang kesalahan anak.

Saat memberi nasehat, sebaiknya menggunakan bahasa yang lembut seperti yang sudah dijelaskan diatas. Dengan begini juga akan mencegah anak menjadi manja dan terlalu bergantung pada orang tua.

6. Selalu Mengajari Anak Dengan Sikap Positif

Tanamkan selalu sikap positif pada anak setiap hari. Selalu ajarkan anak sikap seperti meminta maaf jika berbuat salah, mengucapkan terimakasih, dan meminta tolong jika butuh bantuan. Dengan membiasakan anak dengan sikap positif, maka anak pun akan tumbuh besar dengan baik.

Selain diatas, selalu ajarkan juga pada anak mengenai sikap sopan santun dan bertutur kata yang baik. Ajarkan juga sedari dini tentang bagaimana menghargai orang yang lebih tua. Bibit-bibit baik seperti ini akan selalu tertanam dalam diri anak.

7. Beri Dukungan

Cara terakhir adalah selalu beri dukungan ke anak. Sebagai orang tua terutama ibu, memberi dukungan anak sangat penting agar anak menjadi merasa disayang dalam keluarga. Apalagi ketika anak akan melakukan sesuatu, berilah dukungan yang lebih.

Dukungan dari orang tua sangat membantu dalam keberhasilan seorang anak. Hal-hal kecil seperti anak yang pertama kali masuk sekolah, berilah dukungan. Saat anak mengikuti tes pertama kali, berilah dukungan. Dukungan-dukungan tersebut akan menciptakan rasa sayang anak pada orang tua.

Itulah beberapa cara untuk mendidik anak. Terutama bagi orang tua baru yang masih bingung cara mendidik yang baik. Kesimpulannya adalah selalu menanamkan sifat baik dan sikap baik pada anak, agar nantinya anak juga tumbuh dengan baik. Jangan pernah menyerah dalam hal mendidik anak ya!