Ide Menu Makan Sahur Praktis dan Menyehatkan

  

Tak jarang bosan sahur pakai menu yang biasa dan sering dimakan. Apalagi makan pagi buta biasanya tak terlalu berselera bagi sebagian orang padahal mengisi energi di saat sahur sangat penting untuk menjaga kekuatan tubuh. Ide menu makan sahur berikut bisa menjadi pilihan agar sahur lebih berselera mulai dari masakan tumis spesial, berkuah hingga masakan pedas yang akan membuat mata tak kembali mengantuk.

1. Soto Kudus

Masakan asal Kudus ini berkuah bening yang segar dengan perasan jeruk nipis yang akan membuat selera makan meningkat. Sayuran seperti tauge dan seledri memiliki kandungan gizi yang mampu memenuhi nutrisi tubuh sehari penuh. Selain itu, daging ayam dengan porsi yang pas menjadi energi yang baik agar tubuh bertenaga sepanjang hari.

2. Brokoli Saus Tiram

Sayur brokoli memiliki kandungan zat besi yang menjadi energi bagi tubuh. Dicampur dengan sayur-sayuran lainnya yang ada dalam kulkas pun cocok menjadi menu sahur yang nikmat. Cara membuat menu sehat ini hanya menumis seperti biasa dengan campuran saus tiram sebagai penyedap rasa dan dalam waktu 15 menit masakan siap disantap.

3. Sayur Bakso

Bakso yang memiliki banyak penggemar baik anak-anak, remaja hingga dewasa patut menjadi deretan ide menu makan sahur. Kali ini bakso tampil lebih sehat dengan banyak sayuran sehingga rendah kalori dan penuh gizi. Wortel, buncis dan tomat dicampur dengan isi bakso seperti pentol atau sosis membuat sahur menjadi segar. Semua anggota akan sahur dengan bersemangat.

4. Ayam Mentega

Menu ini sangat bergizi bagi tubuh dan disukai banyak orang. Cara membuatnya pun praktis dan tidak memerlukan banyak bumbu. Tetapi karena biaya yang dikeluarkan untuk masakan ini cukup banyak. Jadi, masak sesekali saja ketika bosan dengan menu sayuran. Menu ini enak dihindangkan dengan kerupuk yang menambah gurih makanan.

5. Tim Ikan

Jenis ikan patin dapat menjadi pilihan karena teksturnya yang lembut. Tim ikan menjadi masakan unik jika sebelumnya jarang atau bahkan jarang menghidangkannya. Soal gizi tak perlu diragukan lagi karena protein yang terkandung dalam ikan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sahur dengan tim ikan dijamin aktivitas tak akan loyo karena nutrisi dari ikan menjadi energi yang tubuh.

6. Tumis Terong

Menu ini sangat mudah dibuat karena bahannya tidak banyak dan cepat prosesnya. Terong ditambah tahu akan menjadi paduan yang enak untuk menu di pagi buta. Meski hanya terong dan tahu masakan ini menjadi nikmat jika dihidangkan ketika masih panas. Waktu memasaknya paling tidak 15 menit, cocok jika suatu saat tidak sempat menyiapkan sahur.

7. Pecel

Masakan Indonesia satu ini sangat populer di banyak daerah. Selain bergizi tinggi dari sayur-sayurannya, cara membuatnya sangat praktis cocok untuk wanita yang tidak ingin ribet. Semua sayur dikukus dan bumbu pecel bisa beli kemasan yang saat ini sudah banyak tersedia. Rasa manis, pedas dan lainnya diproduksi dari daerah asal pecel terbaik di Indonesia. Padukan dengan dadar jagung atau omelet sebagai lauk pelengkap.

8. Beef Donburi

Nah, jika bosan dengan masakan Indonesia tak ada salahnya mencoba masakan lain misalnya Beef donburi yang berasal dari Jepang ini. Beef Donburi adalah olahan daging  sapi yang ditumis dengan bumbu dan bahan lainnya. Dengan bumbu bawang bombay dan bahan pelengkap lain, masakan ini sangat gurih dan kaya bumbu. Disajikan saat sahur adalah pilihan tepat dan dijamin semua anggota keluarga menikmatinya bahkan ketagihan.

Ide menu makan sahur di atas bisa dikreasikan dengan lauk pauk lainnya sebagai pelengkap. Menjadi hidangan sahur 2-3 kali pun tak akan masalah asal rentang waktunya cukup lama. Menu sehat dan praktis di atas pun siap menguatkan tubuh saat berpuasa.