Jenis Jenis Web Hosting yang Sering Digunakan

  

Sebelum membeli layanan web hosting harus mengetahui terlebih dahulu jenis jenis web hosting. Tujuannya agar bisa memilih dan menentukan pilihan web hosting sesuai dengan kebutuhan web. Jenis hosting yang dibahas kali ini mungkin tidak semuanya disediakan oleh penyedia layanan hosting. Hanya perusahaan besar yang biasanya menyediakan paket lengkap atau semua jenis hosting. Berikut adalah pembahasannya.

1. Shared Hosting

JEnis yang pertama ialah shared hosting. Shared hosting sesuai dengan namanya yakni layanan web hosting dimana beberapa situs berbagi sumber daya dari web server yang besar. Web hosting yang satu ini merupakan jenis yang paling murah dan terjangkau dibandingkan dengan web hosting lainnya.

Maka dari itu web hosting yang satu ini sangat cocok untuk blog, usaha kecil, atau situs web sederhana. Harga shared hosting berkisar dari Rp. 14.000 hingga Rp. 86.000 per bulannya. Sangat terjangkau bukan? Ini karena shared hosting menggunakan satu web server besar dan kemudian web server tersebut dibagi atau dipakai oleh beberapa orang.

2. Cloud Hosting

Jenis web hosting selanjutnya ialah cloud hosting. Cloud hosting ialah jenis hosting dengan teknologi atau fitur terbaru dan mungkin saja belum digunakan oleh semua penyedia layanan web hosting. Cloud Hosting menggunakan teknologi komputasi awan yang dinilai lebih aman serta mempunyai kecepatan lebih baik. Lebih aman karena cloud hosting menggunakan banyak server.

Sehingga ketika ada server yang rusak, bisa menggunakan server yang lainnya. Karena menggunakan banyak server, maka harga cloud hosting ini lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting. Tapi cloud hosting lebih cocok untuk situs yang berkembang setiap waktu, karena cloud hosting bisa menanganinya dengan menggunakan sumber daya yang lebih besar.

3. Managed WordPress Hosting

Jenis web hosting berikutnya ialah managed wordpress hosting. Managed WordPress Hosting dibuat khusus untuk mengoperasikan website dengan platform WordPress. WordPress ialah platform website yang menguasai semua jenis platform yang ada dan menjadi yang paling populer saat ini. Itulah yang menjadi alasan mengapa banyak perusahaan hosting membangun server khusus untuk pengguna WordPress.

Salah satu kelebihan dari web hosting satu ini adalah server akan mengoptimalkan penggunaan khusus WordPress. Sehingga WordPress dapat digunakan atau dijalankan dengan baik dan optimal.

4. VPS Hosting

Jenis web hosting selanjutnya ialah VPS Hosting. VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. VPS Hosting menjamin sumber dayanya akan selalu tersedia untuk para penggunanya dengan menggunakan teknologi atau fitur virtualisasi. Lingkungan hosting akan jauh lebih stabil dan tidak akan ada gangguan untuk sumber daya yang tersedia.

Sebenarnya VPS hosting memiliki sistem yang sama dengan shared hosting, yakni menggunakan satu server besar dan server tersebut akan dibagi-bagi. Namun yang membedakannya adalah teknologi virtualisasi yang dimiliki oleh VPS hosting. Teknologi ini memungkinkan setiap akun seperti memiliki satu server yang sangat mendukung sistem operasi.

5. Dedicated Hosting

Jenis yang paling akhir adalah dedicated hosting. Dedicated hosting adalah hosting yang menyediakan sumber daya yang didedikasikan untuk satu klien atau klien tunggal. Web hosting yang satu ini sangat cocok untuk website WordPress dengan jumlah penggunanya yang sangat besar. Dedicated hosting biasanya digunakan oleh perusahaan besar atau situs dengan lalu lintas yang padat.

Itulah tadi jenis jenis web hosting yang sering digunakan. Web hosting yang dibahas di atas merupakan web hosting yang digunakan oleh website kecil hingga website besar.