Kategori : KeluargaMagazine

Kebiasaan Sepele Sebagai Cara Membuat Anak Pintar

Apakah memberikan makanan yang bernutrisi tinggi itu sudah cukup sebagai cara membuat anak pintar? Banyak orang tua yang akan langsung mengatakan tidak. Karena kecerdasan anak tidak hanya dipengaruhi oleh satu faktor internal. Faktor eksternal pun sangat penting.

Maka dari itu, orang tua berusaha untuk memberikan apapun untuk membuat anak pintar. Misalnya saja membelikan mainan edukasi. Ini cara yang paling sering dilakukan oleh para orang tua.

Bagaimana dengan orang tua yang tidak memiliki kemampuan finansial? Tentu saja bukan berarti anak mereka tidak bisa menjadi anak yang pintar. Karena ada hal yang sepele yang tidak butuh banyak uang dan bisa dijadikan sebagai cara membuat anak pintar.

5 Hal Sepele yang Orang Tua Perlu Ketahui

Setelah ini, Anda akan melupakan untuk menyiapkan budget setiap bulan untuk membelikan mainan edukasi yang mahal harganya. Berikut ini beberapa hal sepele yang bisa Anda jadikan cara untuk membuat anak pintar.

  1. Membiasakan Suka Membaca

Klise, tapi ini memang sangat efektif untuk membuat anak cerdas. Karena kebiasaan membaca itu bukan hanya kebiasaan untuk suka buku. Lebih dari itu, hal tersebut menunjukkan anak suka mencari tahu hal yang baru. Dan dengan membaca, otak akan juga terus bekerja.

Bagaimana dengan anak yang belum waktunya membaca, misalnya saja usianya masih di bawah 5 tahun? Ini bisa dilakukan dengan cara mendongeng. Kenalkan kebiasan membaca dengan cara membacakan buku saat ia masih kecil.

  1. Tidak Menilai

Dalam proses belajar, terkadang orang tua mengikuti apa yang dilakukan oleh guru. Mereka menilai hasil dari proses pembelajaran.

Sebaiknya hal tersebut tidak Anda lakukan. Biarkan saja anak melakukan proses belajar. Anggap saja itu sebagai proses dari tidak tahu menjadi tahu. Tidak perlu ada penilaian. Karena proses tersebut bisa cepat. Bisa juga lambat. Yang perlu Anda lakukan hanya memastikan anak dalam progress yang tepat.

  1. Selalu Belajar Hal yang Baru

Anak yang pintar itu anak yang memiliki curiosity atau keingintahuan yang tinggi. Anak yang seperti itu pasti memiliki keinginan belajar hal yang baru terus menerus.

Anda sebagai orang tua perlu memunculkan keinginan belajar hal yang baru tersebut. Ajak anak ke tempat yang berbeda. Buat anak tahu dan ingin tahu lebih dalam lagi tentang hal tersebut. Belikan buku. Biarkan anak memegang hingga akhirnya suka buku.

  1. Olahraga

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa olahraga bisa meningkatkan fungsi otak anak hingga 15%. Inilah mengapa penting sekali bagi anak untuk menemukan olahraga apa yang paling disukai. Mungkin anak tidak punya bakat hebat di olahraga tersebut. Namun, setidaknya itu olahraga yang disukai dan sekaligus meningkatkan kemampuan otak.

  1. Belajar Seni

Banyak anak hebat dan pintar itu suka dengan musik. Dan faktanya memang demikian. Anak yang suka dengan seni itu memiliki otak yang encer. Biarkan anak suka dengan satu bidang seni. Karena itu bisa memicu peningkatan kemampuan otak anak.

           Baca Juga: Referensi Menu Masakan Sehari-Hari untuk Keluarga

Bukankah hal tersebut itu sangat sepele? Sepertinya, semua orang tua bisa menerakan tips tersebut di atas.

Tentu tidak salah jika Anda memberikan mainan edukatif dan juga memberikan suplemen bernutrisi tinggi. Hanya saja, jangan berkecil hati bagi orang tua yang merasa tidak mampu memberikan dukungan seperti itu. Karena ada banyak cara membuat anak pintar selain harus memberikan mainan-mainan edukasi yang harganya selangit.

Ade Syahputra

Seorang ayah yang suka menulis dan menganggap menulis itu tidak mudah dan sangat membutuhkan kerja keras dan pemikiran yang matang.

Artikel Terbaru

The World Landmarks – Merapi Park Yogyakarta, Miniatur Dunia

Sudah pernah berkunjung ke The World Landmarks - Merapi Park Yogyakarta? Salah satu wisata terbaik…

4 jam lalu

Taman Wisata Selecta Malang, Ini Wahana Yang Tersedia

Ingin berkunjung ke kota apel Malang? Jangan lewatkan untuk datang ke taman wisata selecta Malang.…

4 jam lalu

Taman Nasional Karimun Jawa, Ini Lokasi Dan Daya Tariknya

Siapa belum pernah ke taman nasional karimun jawa? Sayang sekali jika tidak pernah bertandang barang…

4 jam lalu

Cara Monetisasi Blog Dengan Google Adsense Yang Mudah

Pada saat sekarang ini ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.…

5 jam lalu

Cara Meningkatkan Jumlah Pendapatan Adsense Pada Blog

Siapa yang belum tahu jika sebenarnya menulis blog dapat menghasilkan uang? Pendapatan yang akan didapatkan…

5 jam lalu

Cara Menghasilkan Uang Dari Google Adsense

Sudah tahukah bagaimana cara menghasilkan uang dari Google adsense? Jaman internet seperti saat ini, bisnis…

5 jam lalu