Kelebihan Dan Kekurangan Dedicated Server, Apa Saja?

  

Dedicated server secara mudah diartikan sebagai layanan yang memberikan kontrol secara leluasa pada pengguna server yang menyewa. Ini merupakan pilihan tepat bagi pengguna yang ingin membangun website dengan performa maksimal. Tetapi, ketahui dulu kelebihan dan kekurangan dedicated server ini sebelum memutuskan untuk menyewa.

Dengan menggunakan server ini, pengguna bisa menggunakan satu server secara pribadi. Ini merupakan pilihan tepat juga untuk memberikan kesan yang baik agar kembali lagi ke website pengguna. Apalagi jika visitornya sudah banyak, jangan sampai mengecewakan karena loading yang lemot.

Kelebihan Dedicated Server

Tidak ada yang sempurna didunia termasuk dedicated server ini.  Kelebihan dan kekurangan dedicated server penting diketahui jika berencana menyewanya. Tetapi terlebih dahulu, ketahui  apa saja kelebihan server satu ini.

1. Mendapatkan Akses Penuh

Kelebihan dedicated server yang pertama adalah memberikan akses penuh pada penyewanya. Pengguna pastinya bisa dengan leluasa melakukan konfigurasi situs sesuai yang dibutuhkan.

2. Mudah Dikontrol dan Efektif

Kelebihan server satu ini cukup menarik. Pengguna hanya perlu menggunakan metode remote saat mengontrol server. Jadi tidak perlu susah-susah datang langsung untuk melakukan pengawasan secara fisik pada server.  Hal ini tentu akan memudahkan pengguna karena tidak perlu repot saat proses pengelolaan web.

3. Tidak Terganggu dengan Pengguna Lain

Nyaman banget pastinya. Disini pengguna tidak akan terganggu dengan pengguna yang lain. Hal itu karena dedicated server hanya digunakan oleh satu orang atau secara pribadi. Secara tidak langsung, kondisi itu pasti akan memudahkan kinerja web saat jumlah visitor naik.

Hosting jenis ini juga bisa mengelola banyak domain pada satu server loh. Tentunya dengan kinerja yang maksimal dan akses secara penuh. Pastinya akan membuat manajemen website lebih maksimal karena hanya penggunalah yang memiliki akses penuh terhadap server tersebut.

4. Lebih Aman

Layanan dedicated server sudah dijamin aman. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan pada server. Karena hal itu bukan tanggung jawab pengguna, melainkan pihak yang menyewakan hosting yang bertanggung jawab untuk memperbaikinya. Jadi sudah dipastikan sangat aman bagi pengguna saat pengoperasian server tersebut.

Kekurangan Dedicated Server

Berbicara mengenai kekurangan, pasalnya ada beberapa hal tetapi bukan berhubungan dengan kemampuan servernya.  Namun skill atau kemampuan individu atau yang menyewa server terbatas. Seseorang mungkin belum secara penuh mampu mengelolanya. Berikut beberapa kekurangannya.

1. Harganya Yang Mahal

Kekurangan dedicated server pertama adalah harganya yang terbilang mahal. Biaya yang digunakan untuk menyewa hosting jenis ini terbilang tinggi dibanding hosting bersama. Hal tersebut karena shared hosting dibayar secara patungan, sementara dedicated server hanya ditanggung oleh individu.

Harga yang tinggi tentu sesuai dengan spesifikasi server yang ditawarkan. semakin tinggi dan baik spesifikasinya semakin mahal juga harganya. Jadi tidak akan menyesal jika menggunakan server jenis ini.

2. Kurangnya Skill Pengguna

Dibutuhkan pemahaman dan kemampuan untuk mengenal kinerja dan kontrol untuk bisa menggunakan dedicated server ini. Hal itu merupakan kebutuhan utama agar pengelolaan hosting bisa optimal dan berjalan lancar.

Sehingga pengguna harus benar-benar memahami pengolahan data menggunakan server jenis ini terlebih dahulu sebelum menyewanya. Akan sangat disayangkan jika sudah terlanjur menyewa, tetapi skill pengguna belum mumpuni. Karena ada banyak pengaturan  yang harus dilakukan.

Setelah membaca artikel diatas, pengguna pasti sudah memiliki gambaran mengenai kelebihan dan kekurangan dedicated server. Jika kewalahan karena visitor terus naik, sementara server tidak mendukung, dedicated server merupakan pilihan yang tepat. Bagaimana, apakah tertarik untuk menyewanya?