5 Kelebihan Jaringan 5G yang Harus Kamu Ketahui!

  

Hadirnya teknologi jaringan 5G heboh diperbincangkan di tahun 2019. Banyak sekali yang menggadang-gadang bahwa akan terjadi evolusi yang dibawa teknologi 5G dalam jaringan seluler. Lantas apa saja kelebihan jaringan 5G yang digadang-gadang sebagai new era dari teknologi jaringan seluler ini?

Perkembangan jaringan komunikasi sangat begitu pesat. Tidak lama setelah kehadiran teknologi 4G LTE sekarang sudah lahir teknologi baru lagi. Perkembangan yang begitu pesat sebanding dengan bertumbuhnya secara cepat pengguna perangkat mobile phone atau smartphone.

Suatu teknologi tidak akan hadir dan diperkenalkan jika tidak membawa suatu kelebihan yang baru dari pendahulunya. Begitupun dengan teknologi 5G, teknologi ini tidak akan diperkenalkan jika tidak membawa sesuatu yang baru yang tentunya lebih hebat jika dibandingkan dengan teknologi 4G LTE. Apa saja kelebihan yang dibawa oleh teknologi 5G?

1. Koneksi Jaringan Lebih Cepat

Teknologi 5G jalan pada frekuensi hingga mencapai 100 GHz lebih banyak 15 kali lipat dari teknologi 4G yang jalan di frekuensi 6 GHz. Dengan tingginya frekuensi yang bisa dilakukan oleh jaringan 5G, maka pertukaran komunikasi data yang terjadi juga akan semakin cepat. Dengan pertukaran komunikasi data yang cepat, maka teknologi 5G memiliki kecepatan berkali-kali lipat lebih cepat jika dibandingkan dengan kecepatan koneksi yang ada di 4G LTE.

2. Koneksi Jaringan Lebih Stabil

Hadir sebagai teknologi yang lebih baru, sudah dipastikan ada perbaikan-perbaikan dari teknologi yang ada sebelumnya. Jaringan 5G hadir untuk memenuhi koneksi data dari para pengguna smartphone, sehingga memberikan layanan yang lebih baik dari sebelumnya sudah menjadi suatu kewajiban.

3. Kepadatan Koneksi Lebih Tinggi

Jika dibandingkan dengan jaringan 4G LTE, teknologi jaringan 5G memiliki kepadatan koneksi yang lebih tinggi. Semakin tinggi tingkat kepadatan koneksi jaringan data, maka kecepatan pertukaran data juga akan semakin baik dan cepat.

Contohnya seperti ini, jika dalam satu daerah menggunakan provider data yang sama, maka jika semuanya saling mengakses dalam waktu bersamaan akan mempengaruhi proses pertukaran data tersebut. Semakin tinggi kepadatan koneksinya, maka semakin baik pertukaran data yang terjadi.

4. Latensi Waktu Lebih Rendah

Dalam proses pertukaran data dari satu tempat ke tempat tujuan akan memiliki latensi waktu. Maksudnya apa? Jika ada dua orang yang saling bertukar pesan text melalui smartphone, maka ketika si A mengirimkan pesan kepada si B, maka pesan tersebut tidak akan langsung diterima oleh si B.

Hal tersebut terjadi karena adanya latensi waktu, biasanya latensi waktu ini hanya dalam hitungan milidetik saja. Pada jaringan 5G, tingkat latensi waktunya itu benar-benar lebih rendah, jika dibandingkan dengan tingkat latensi yang ada dalam jaringan 4G LTE.

5. Download dan Streaming Menjadi Super Lancar

Dengan empat kelebihan di atas, sudah pasti dong membuat smartphone yang terhubung dengan jaringan 5G ini akan menjadi cepat ketika mengakses internet. Dari latensi waktu yang rendah, frekuensi yang tinggi, kepadatan koneksi yang tinggi akan membuat proses download dan streaming film menjadi lancar tanpa hambatan.

Kecepatan pertukaran data yang dibawa oleh jaringan 5G membuat kegiatan di internet akan semakin mudah dan cepat. Oleh karena itu, gunakanlah dengan baik dan sebijak-bijaknya agar teknologi yang dibawa oleh jaringan 5G ini tidak sia-sia.

Besok kira-kira jaringan seperti apa ya yang akan menjadi penerus dari 5G saat ini? Akankah lebih canggih dan lebih unggul? Sepertinya iya. Nah, itulah kelebihan jaringan 5G yang bisa dibaca pada artikel kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.