Konsep Mahar Dalam Islam Yang Perlu Diketahui

  

Mahar atau biasa disebut dengan mas kawin merupakan suatu pemberian wajib yang harus diberikan untuk calon pengantin. Mahar merupakan hal yang sangat penting dan harus dipikirkan sebelum menikah. Lalu bagaimana konsep mahar dalam Islam?

Banyak yang belum mengetahui apa perbedaan mahar dan seserahan. Mahar merupakan hal wajib yang perlu diberikan kepada calon mempelai wanita. Sedangkan seserahan merupakan pelengkap saja yang bisa optional dalam pemberiannya. Berikut macam-macam konsep mahar dalam islam:

1. Mahar Berupa Emas

Konsep mahar sendiri  dalam Islam yang pertama yaitu emas. Emas merupakan mahar yang sudah lazim diberikan yang ada di Negara ini. macam-macam dalam pemberiannya, ada yang memberikan emas 24 karat, 23 karat, atau bahkan 22 karat. Yang terpenting adalah emas murni yang harus diberikannya sesuai dengan kemampuan calon mempelai.

Tidak hanya itu, wujud emas yang diberikan pun juga beragam. Ada yang berupa cincin, kalung, dan gelang. Semua tergantung pilihan dari calon mempelai yang ingin memberikan. Karena penghulu hanya akan menyebutkan wujud emas yang diberikan dan bukan jumlah karatnya. Jadi perlu diberikannya sesuai dengan kemampuan masing-masing.

2. Mahar Berupa Berlian Atau Logam Mulia Lainnya

Terkadang konsep mahar dalam islam yang diberikan kepada mempelai tidak hanya emas saja. Namun bisa juga dengan bentuk lain seperti contoh berlian dengan 24 karat. Dalam hukum islam berlian ini diperbolehkan digunakan sebagai mahar pengganti emas. Jadi tidak diharuskan selalu emas untuk diberikannya.

Tidak hanya berlian, namun juga bisa berupa intan dan juga permata murni. Yang terpenting adalah berupa perhiasan. Besar kecilnya wujud perhiasan yang diberikan sama saja, karena yang terpenting adalah sudah memberikan kewajiban mahar kepada calon mempelai wanita yang akan dinikahinya.

3. Mahar Berupa Uang Rupiah

Konsep mahar dalam islam yang paling lazim diberikan adalah berupa uang. Konsep mahar berupa uang ini macam-macam. Ada yang diberikan uang secara langsung dan dimasukkan ke dalam kotak atau wadah. Juga ada yang diberikan berupa bentuk hiasan diberi bingkai dan dibentuk sesuai yang diinginkan.

Merupakan sesuai keinginan masing-masing calon mempelai. Karena yang terpenting adalah berupa uang asli dan dengan nominal semampu dari pihak pria. Karena mahar merupakan hal yang wajib ada namun tidak mewajibkan dalam jumlah nominal yang perlu diberikannya.

4. Mahar Berupa Perlengkapan Alat Sholat Wanita

Ini merupakan mahar yang wajib diberikan dalam agama islam. Karena dengan seperangkat alat sholat merupakan alat wajib yang perlu dikenakan saat beribadah. Pria yang memberikan mahar ini, maka wajib untuk membimbing wanitanya ke jalan Allah dengan melakukan ibadah secara rutin setiap harinya dan mengingatkan ke hal yang lebih baik.

Dengan memberikan seperangkat alat sholat ini. Menjadikan symbol bahwa rumah tangga yang di bangun. Nantinya akan selalu berada pada jalan yang diridhoi oleh Allah. Dengan begini pria wajib untuk membimbing istri serta anaknya kelak untuk kejalan yang benar. Tidak hanya itu namun juga membimbing untuk ke surgaNya.

5. Mahar Berupa Hafalan Al–Qur’an

Bagi umat muslim konsep mahar Islam yang sangat indah yaitu berupa hafalan surat yang ada pada al-qur’an. Merupakan pria yang diidamkan banyak wanita jika memilih menggunakan mahar hafalan ini. Dengan memberikan mahar ini tentu akan meyakinkan pihak wanitanya, bahwa pria yang akan menikahinya kelak dapat mengajarkan mengaji dan merupakan calon imam yang baik bagi keluarganya.

Berbagai macam mahar baik yang syahdu maupun yang sakral merupakan hal yang sangat diimpikan kaum wanita. Jadi apapun maharnya sesuai dengan kemampuan masing-masing. Bagaimana para pria? Apakah sudah mempersiapkan mahar untuk calon wanitanya? Atau sudah sesuaikah mahar yang diberikan dengan konsep mahar dalam Islam sendiri?