5 Manfaat Bersepeda Bagi Wanita Yang Perlu Diketahui

  

Belakangan ini, olahraga sepeda semakin ramai dan digandrungi masyarakat Indonesia. Mulai dari yang kecil hingga dewasa semakin gemar bersepeda. Baik itu laki-laki, maupun para wanita. Tak hanya sekadar bersepeda, kita juga perlu tahu manfaat bersepeda bagi wanita. Berolahraga sepeda memang membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bersepeda sering dianggap sebagai olahraga santai, namun tak sesepele itu. Dalam berolahraga, banyak anggota tubuh yang digerakkan dan keringat jadi keluar. Di sini akan diuraikan beberapa manfaat dari bersepeda bagi para wanita. Sebelum dapat sehatnya, ketahui dulu yuk ilmu tentang manfaatnya. Belum banyak yang memahami apa saja manfaatnya, walaupun sudah lama menyukai bersepeda.

1. Mengurangi Nyeri pada saat Haid

Ketika baru datang haid, para perempuan dominan mengalami nyeri di perutnya. Hal ini jelas membuat tidak nyaman dan mengganggu produktivitasnya. Bahkan, beberapa perempuan tidak dapat melakukan aktivitasnya sebagaimana mestinya.

Mengurangi nyeri saat haid adalah salah satu manfaat dari olahraga santai ini. Hal ini karena bersepeda bisa membuat otot perut menjadi kencang jika dilakukan secara teratur, minimal satu kali dalam seminggu. Kencangnya otot ini dapat mengurangi risiko nyeri saat haid.

2. Membakar Kalori

Seperti yang kita ketahui, bersepeda membuat otot-otot bergerak, sehingga kalori dalam tubuh menjadi terbakar. Menurut studi, jumlah kalori yang terbakar selama 1 jam bersepeda adalah sekitar 400-1000 kalori. Bersepeda direkomendasikan untuk mengurangi berat badan bagi mereka yang bertubuh gemuk.

Dengan bersepeda, dapat terhindar dari penyakit kegemukan atau biasa disebut obesitas. Semakin rutin dan teratur dalam olahraga bersepeda, maka akan semakin banyak kalori dalam tubuh yang terbakar. Itulah alasan mengapa bersepeda lebih disarankan daripada diet yang dapat menyiksa tubuh sendiri.

3. Meningkatkan Mood

Kondisi mood wanita seringkali mudah berubah karena kondisi hormon dalam tubuhnya. Akibatnya, kebanyakan wanita mudah mengalami perubahan kondisi mood-nya. Gangguan kondisi mood termasuk ke dalam salah satu gangguan mental, yang mana akan mempengaruhi kehidupan penderitanya.

Kesehatan mental wanita akan lebih terjaga, salah satunya dengan rajin berolahraga sepeda. Hal ini karena saat bersepeda, darah dapat mengalir lebih lancar menuju otak. Pikiran juga jadi lebih rileks saat dan setelah bersepeda. Inilah yang menyebabkan meningkatkan mood menjadi salah satu manfaat bersepeda bagi wanita.

4. Mencegah Terbentuknya Sel Kanker

Kanker payudara adalah salah satu dari sekian banyak kanker yang menjadi momok bagi wanita khususnya. Tak sedikit dari mereka yang menggali informasi untuk mengetahui bagaimana menghindari serangan kanker. Ternyata, bersepeda adalah salah satu upaya pencegahan yang telah terbukti.

Berdasarkan penelitian oleh University of Glasgow, bersepeda secara rutin dapat menghambat tumbuhnya sel kanker pada payudara. Sampel pada penelitian ini salah satunya mereka yang rutin bersepeda dalam kurun waktu 5 tahun. Hasilnya, tak banyak dari mereka yang diserang oleh sel kanker.

5. Menguatkan Persendian

Berdasarkan laporan Everyday Health, wanita memiliki resiko 3 kali lebih rentan terkena arthritis dibandingkan laki-laki. Hal ini dikarenakan oleh faktor genetik, hormon, obesitas dan faktor biologis. Arthritis adalah peradangan pada sendi yang mengakibatkan sendi menjadi kaku hingga sulit untuk digerakkan.

Membuat persendian menjadi lebih kuat merupakan salah satu manfaat bersepeda bagi wanita. Kenapa? Karena orang dengan berat badan berlebih akan lebih berisiko terkena arthritis. Sebagaimana manfaat sebelumnya, bersepeda membantu membakar kalori. Semakin lama waktu bersepeda, kalori yang terbakar juga semakin banyak.

Sampai di sini, tentunya sudah paham sedikit mengenai manfaat bersepeda bagi wanita. Untuk mendapatkan hasil maksimal, tidak harus melakukan olahraga yang berat. Bersepeda saja di komplek rumah, lebih santai dan bisa menikmati suasana sekitar tempat tinggal. Selalu jaga kesehatan agar tetap fit, ya.