Mengenal Apa Itu cPanel Website Dan Fungsinya

  
apa itu cPanel

Bagi para pendatang baru yang menyelami dunia web hosting, mungkin masih kurang familiar dengan apa itu cPanel. Namun, bagi yang sudah lama mendalami web hosting, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah yang sangat penting dalam web hosting ini. cPanel menjadi panel standar pada website yang digunakan oleh hampir semua developer.

Bisa diartikan bahwa cPanel merupakan suatu panel kontrol berbasis Linux. cPanel sangat familiar karena telah banyak digunakan oleh akun web hosting. Kontrol panel ini memungkinkan pemilik website untuk lebih mudah dalam mengontrol semua layanan hanya dalam satu akses saja. Meliputi domain, manajemen filem security, FTP user, dan lainnya.

Fungsi cPanel Website

Fungsi cPanel secara umum adalah untuk mempermudah proses pengelolaan website pada akun web hosting. Jadi, adanya cPanel akan sangat memudahkan proses konfigurasi yang erat kaitannya dengan hosting serta domain. Dalam hal ini, cPanel menyediakan banyak fitur untuk mendukung performa sebuah web hosting. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari fitur-fitur cPanel website:

1. Proses Pengaturan Website Lebih Mudah

Dari sekian banyak fitur yang ditawarkan oleh cPanel, ada beberapa fitur yang erat kaitannya dengan SEO atau Search Engine Optimization. Seperti yang diketahui bersama, bahwa SEO sangatlah penting untuk meningkatkan trafik website. Dengan menggunakan fitur-fitur cPanel tersebut, maka kualitas SEO website bisa semakin meningkat.

2. File Website Lebih Mudah Dikelola

Setelah mengetahui apa itu cPanel, ternyata banyak sekali fitur cPanel yang tersedia untuk mengelola file website. Baik fitur untuk menyunting, menghapus, atau menyalin sejumlah file yang ada pada hosting. Bukan hanya itu, pengguna juga bisa memanfaatkan pengaturan FTP untuk mengakses suatu file website dari sebuah aplikasi FTP Client, namun tidak perlu login terlebih dahulu ke cPanel.

3. Pengelolaan Domain Lebih Mudah

Ada salah satu menu pada cPanel yang memungkinkan pengguna untuk mengakses pengelolaan atau pengaturan domain. Menu ini juga menyediakan beberapa fitur seperti subdomain, add domain, redirect, serta beberapa fitur lainnya. Berbagai fitur tersebut bisa digunakan untuk menyelesaikan permintaan browser pada domain pengguna.

4. Database Lebih Mudah Dikelola

Adanya cPanel juga memungkinkan pengguna untuk lebih mudah dalam mengelola database pada menu untuk membuka bagian phpMyAdmin. Bukan hanya bisa digunakan untuk menghapus ataupun menambah database saja, membuka phpMyAdmin juga memungkinkan pengguna untuk memberi hak akses pada akun-akun yang berwenang.

5. Management Email Lebih Mudah

Selain beberapa fitur di atas, cPanel juga memiliki sebuah menu khusus berisi fitur-fitur yang ada hubungannya dengan pengaturan email pengguna. Pengelolaan email memang sangat penting. Selain bisa membuat email baru dengan memakai nama domain Anda, di sini juga ada banyak fitur menarik lainnya. Beberapa diantaranya adalah bisa untuk melihat, membuka, hingga menyimpan kapasitas yang dipakai oleh setiap akun email.

Selain kelima fungsi di atas, cPanel ternyata masih memiliki banyak fungsi lainnya yang bisa meningkatkan performa website Anda. Beberapa fungsi tambahan dari cPanel adalah memudahkan proses konfigurasi modul PHP, memudahkan proses restore dan backup website, serta memudahkan proses pengaturan keamanan pada web hosting.

Apa itu cPanel dan fungsinya yang sangat beragam memang menarik untuk dipelajari. Dengan banyaknya fungsi yang ditawarkan, maka sudah jelas bahwa cPanel ini memiliki banyak sekali manfaat. Pada intinya, penggunaan cPanel bertujuan untuk meningkatkan kinerja website Anda dengan lebih mudah. Jika mampu menguasai semua fitur-fitur pada cPanel, tentunya Anda bisa mewujudkan sebuah website ideal dengan trafik yang baik.