Tips Menghadapi Rekan Kerja Yang Iri Agar Dapat Bekerja Dengan Nyaman

  
Menghadapi rekan kerja yang iri

Menjalani kehidupan di dunia kerja ternyata tidak lebih baik daripada saat masih berada di sekolah. Bertemu dengan orang baru akan terasa sulit bagi semua orang terutama bagi orang yang kurang bisa bersosialisasi. Menghadapi banyak orang dengan sifat berbeda-beda tidaklah mudah terutama saat mengetahui ada rekan kerja yang iri. Dibawah ini merupakan tips ampuh cara menghadapi rekan kerja yang iri:

1. Tidak Balas Dendam

Daripada mengurusi orang yang sering iri dan balas dendam dengan rekan kerja tersebut, lebih baik tidak perlu meladeni dan balas dendam. Hal tersebut malah jadi membebani pekerjaan dan pekerjaan menjadi lebih sulit karena setiap hari memikirkan rekan kerja tersebut. Lagipula balas dendam bukan perilaku yang baik, dan setiap perbuatan yang tidak baik akan menghasilkan hasil yang tidak baik juga.

Jika malah melakukan balas dendam, maka hal tersebut menunjukkan tidak adanya perbedaan diri sendiri dengan rekan kerja tersebut. Tentu, hal tersebut bisa mendatangkan dampak yang buruk untuk diri sendiri.

2. Love Yourself

Mencintai diri sendiri dengan baik merupakan salah satu cara menghadapi rekan kerja yang iri dan sangat ampuh. Dengan mencintai diri sendiri, seseorang akan selalu memikirkan apa yang menjadi terbaik dalam hidup sehingga tidak ada waktu untuk memikirkan rekan kerja yang iri. Daripada memikirkan rekan kerja tersebut, lebih baik memikirkan masa depan dengan baik.

3. Tetap Berteman Baik

Butuh hati yang besar untuk bisa melakukan hal ini. Tetapi cara menghadapi rekan kerja yang iri dengan dengan tetap berteman baik sangatlah efektif. Tetaplah berbuat baik seperti mengajak rekan kerja pergi ke kantin, mengajak bicara dengan tutur kata baik, dan berbuat baik pada rekan kerja tersebut. Lama kelamaan pasti rekan kerja akan berubah dan bahkan bisa menjadi teman yang baik.

4. Tidak Perlu Diambil Hati

Berpikirlah positif terhadap rekan kerja tersebut dan tidak perlu diambil hati. Karena jika terus mengurusi hal tersebut akan membuat lelah dan berpengaruh pada diri sendiri, bahkan pekerjaan menjadi tidak maksimal. Walaupun sulit untuk tidak mengambil hati, bisa disiasati dengan menyibukkan diri dengan hal yang lebih berguna dan bermanfaat.

5. Mengingatkan Rekan Kerja Tersebut

Jika sudah tidak bisa untuk tidak acuh terhadap rekan kerja dan tetap tidak bisa melupakannya, maka langkah ini akan sangat ampuh dan membuat hati menjadi lebih lega. Caranya adalah dengan mengingatkan rekan kerja tersebut agar tidak perlu berperilaku iri pada orang lain karena hal tersebut tidak baik. Pastikan juga rekan kerja tersebut merupakan orang yang bisa untuk diajak bicara dengan baik-baik sehingga tidak akan memperburuk suasana.

6. Berkomunikasi Sewajarnya

Jika rekan kerja tersebut mempunyai sifat iri, maka daripada memperbesar masalah dan membuat rekan kerja tersebut emosi, lebih baik berkomunikasi sewajarnya. Tetaplah bersikap profesional karena sedang berada di tempat kerja. Langkah ini bisa diambil ketika rekan kerja tersebut merupakan salah satu tipe orang yang tidak bisa diajak bicara. Berkomunikasi sewajarnya merupakan pilihan yang tepat.

7. Curhat Dengan Teman

Dengan mencoba curhat kepada teman tentang sifat rekan kerja yang iri, setidaknya bisa mengurangi beban pikiran yang dimiliki. Mungkin juga teman-teman yang lain telah mengetahui bahwa rekan kerja tersebut memang punya sifat mudah iri hati terhadap orang lain. Dengan begitu, bisa diketahui bagaimana harus bersikap pada orang tersebut dan mendapatkan saran bagaimana cara menghadapi orang tersebut dengan baik tanpa ada masalah.

Diatas merupakan berbagai tips ampuh cara menghadapi rekan kerja yang iri.  Satu hal yang harus diingat adalah jangan mudah terpengaruh dan terpancing dengan omongan rekan kerja. Dengan begitu, pekerjaan yang dilakukan bisa tetap terselesaikan dengan baik.