Rincian Modal Bisnis Warung Kopi Free Wifi

  

Membuka usaha warung kopi saat ini cukup menggiurkan. Pasalnya, banyaknya penikmat kopi di Indonesia sehingga banyak ditemukan kedai kopi di pinggiran jalan setiap kota. Kebanyakan orang banyak yang menikmati kopi saat pagi, siang, sore maupun malam di sela waktu santai. Berikut ini rincian modal bisnis warung kopi free wifi yang bisa menjadi referensi bagi pemula:

1. Sewa Lokasi

Lokasi merupakan salah satu modal bisnis warung kopi free wifi yang paling penting ditentukan dan dipertimbangkan. Tempat yang strategis dan mudah dijangkau bagi kalangan masyarakat tentu peluangnya lebih besar. Tempat yang dibutuhkan biasanya tidak terlalu luas yang penting cukup memadai. Ukuran warung kopi sekitar 4×5 meter.

Jika sewa lokasi harga biasanya Rp 8 jutaan per tahun dan itu sudah berada di lokasi yang strategis. Namun, jika memiliki rumah yang letaknya strategis di pinggiran jalan dan memiliki halaman yang luas bisa langsung dibuat untuk tempat usaha warung kopi sehingga pengeluaran sewa lokasi bisa dihilangkan dan menghemat pengeluaran usaha.

2. Peralatan dan Pembelian Stok Bahan Warung Kopi Yang Perlu Disiapkan

Berikutnya sebelum memulai usaha warung kopi yaitu siapkan peralatan dan perlengkapan seperti cangkir, sendok untuk mengaduk kopi, kompor gas untuk merebus air. Piring, mangkok, teko dan gelas untuk memium kopi. Total estimasi untuk membeli semua peralatan sebelum memulai usaha tersebut yaitu kurang lebih sekitar Rp 3,5 jutaan.

Kemudian, usaha warung kopi juga perlu menyetok barang yang dibutuhkan. Persediaan barang yang perlu disiapkan meliputi kopi, gula, teh bubuk, susu kental manis. Selain itu perlu juga menyiapkan mie instan maupun jajanan terlaris untuk menambah variasi agar semakin betah ketika bersantai di warung kopi.

3. Fasilitas Lengkap

Fasilitas merupakan salah satu modal bisnis warung kopi yang perlu disiapkan. Hal tersebut untuk menarik pelanggan serta dagangannya agar semakin laris. Fasilitas yang lengkap akan membuat pengunjung terhubur dan betah di warung kopi tersebut. Contohnya saja menyediakan wifi yang bisa digunakan oleh pengunjung yang sedang berada disitu.

Fasilitas free wifi dalam membuka usaha merupakan salah satu strategi untuk menarik pengunjung. Yang tak kalah penting warung kopi perlu juga menyediakan layar televisi lebar misalnya bisa digunakan untuk acara nonton bersama ketika ada pertandingan sepak bola. Sediakan juga seperti koran, majalah ataupun tape radio. Untuk menyediakan fasilitas tersebut membutuhkan modal sekitar Rp 8 jutaan.

4. Karyawan Atau Tenaga Pembantu

Salah satu modal bisnis warung kopi feee wifi di sini yaitu memiliki tenaga pembantu jika pebisnis mempunyai pekerjaan utama. Tenaga pembantu bisa dimanfaatkan untuk laporan keuangan, rincian menu dan sajian. Sajikanlah menu yang banyak agar warung kopi semakin enak dinikmati konsumen. Seperti makanan ringan dan bermacam-macam kopi.

Tenaga pembantu dapat membantu untuk melayani semua pekerjaan yang ada di warung kopi tersebut. Untuk itu perlu mencari tenaga pembantu yang selektif dan jeli serta memiliki pengalaman di bidangnya serta dapat dipercaya. Jika warung kopi yang dibuka cukup kecil hanya membutuhkan 1 karyawan saja sudah bisa dengan bayaran sesuai dengan kesepakatan misalnya Rp 1,2 juta.

5. Promosi

Meskipun hanya warung kopi kecil-kecilan yang memiliki tempat sederhana, promosi dibutuhkan juga agar banyak orang mengetahui warung kopi tersebut. Carilah strategi pemasaran yang tepat agar cepat mendapat pelanggan. Buatlah desain yang menarik serta memiliki nama warung kopi yang unik agar lebih mudah melakukan promosi.

Salah satu cara bisa dilakukan untuk melakukan promosi yaitu dengan mengajak kerabat, teman-teman maupun tetangga untuk bisa mencicipi kopi yang disediakan tersebut. Tidak ada salahnya juga jika warung kopi free wifi di promosikan melalui media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan lainnya. Dalam melakukan promosi tidak perlu mengeluarkan dana.

Berdasarkan poin-poin di atas jika dijumlahkan total modal bisnis warung kopi free wifi yang dibutuhkan adalah sekitar Rp 20,7 juta. Meskipun pesaing untuk membuka usaha ini cukup banyak, namun bisnis ini cukup menjanjikan. Berikan pelayanan yang terbaik dan selalu ramah kepada konsumen untuk mendatangkan banyak pelanggan.