Olahraga Meningkatkan Imun, Berikut aktifitas yang Dapat Dilakukan!

  

Olahraga dapat meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh, sehingga orang yang melakukan olahraga dengan baik tidak mudah terserang penyakit. Sistem imun juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan yang baik dan melindungi diri dari kuman yang menyebabkan penyakit masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, lakukanlah olahraga meningkatkan imun dengan baik.

Banyak pakar kesehatan yang menyarankan olahraga sebagai salah satu cara untuk tetap sehat. Tentunya, harus diimbangi dengan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan menghindari pikiran-pikiran yang dapat mengakibatkan stress. Olahraga meningkatkan imun dengan aktivitas-aktivitas berikut:

1. Berlari di pagi atau sore hari

Salah satu cara olahraga yang dapat meningkatkan imun yaitu dengan berlari di pagi atau sore hari secara teratur. Meskipun, hanya dengan lari-lari kecil di pagi atau sore hari dengan rentang waktu 20-60 menit per hari.

Hal itu sudah cukup dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Manfaat lain dari berlari yaitu aliran darah menjadi lancar, dapat mencegah osteoporosis, mengurangi resiko jantung dan dapat membakar kalori dalam tubuh.

2. Melakukan yoga

Olahraga juga tidak harus dengan melakukan aktifitas fisik yang membuat tubuh berkeringat. Yoga menjadi salah satu alternative olahraga tanpa harus berpindah-pindah tempat dan juga yoga dapat meningkatkan kebugaran dan kesehatan mental. Namun, gerakan yoga lebih berfokus pada pernapasan dan meditasi untuk menciptakan relaksasi dalam tubuh dan pikiran.

Ada banyak jenis yoga yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan, salah satunya yaitu yoga hatha,yoga iyengar, yoga kripalu dll. Manfaat dari yoga selain meningkatkan imun dalam tubuh yaitu mengatasi sakit stress, menghilangkan sakit punggung,mengurangi sakit asma dan bisa untuk meringankan efek setelah mabuk.

3. Anaerobic

Latihan Anaerobic juga bisa menjadi olahraga meningkatkan imun. Ada beberapa jenis Anaerobic  yang bisa dilakukan yaitu push up, skipping, dips,crunch dan lain sebagainya. Dengan olahraga Anaerobic secara teratur juga dapat meningkatkan kebugaran pada otot-otot lengan, perut dan dada.

Manfaat lainnya yaitu dapat menurunkan resiko pengeroposan tulang,mengontrol kadar gula darah tetap stabil dan dapat mencegah stress. Tentunya dengan menjaga pola gaya hidup yang sehat, agar tubuh tetap sehat dan bugar.

4. Berenang

Dengan memilih renang sebagai olahraga, sesoeorang mendapatkan manfaat yang luar biasa yaitu dapat melatih semua otot-otot tubuh, terutama bagian perut, lengan dan kaki. Sebuah studi dari pakar kesehatan juga menunjukkan bahwa olahraga renang dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi asma, mengurangi stress dan meningkatkan sistem imun.

Melalui olahraga renang juga dapat mengurangi jumlah kalori yang berlebih dalam tubuh. Sehingga lemak dalam tubuh akan segera terbakar hanya dengan berenang dan renang merupakan olahraga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil dan sangat cocok untuk semua usia. Bahkan yang sakit cedera juga dianjurkan untuk berenang.

5. Berjalan kaki

Jika  tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan olahraga, maka berjalan kaki merupakan olahraga yang mudah dan ringan dilakukan. Seseorang bisa melakukannya di dalam rumah dengan berjalan kaki bolak-balik selama 15 menit atau saat kalian hendak pergi bekerja. Manfaat dari berjalan kaki yaitu tulang menjadi kuat, dapat membakar kalori, meningkatkan sistem imun dan otak akan bekerja dengan baik.

6. Bersepeda

Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang paling banyak penggemarnya. Dengan bersepeda seseorang bisa meningkatkan metabolisme tubuh serta mampu membakar kalori. Otot kaki bergerak saat mengayuh sepeda hingga mampu meningkatkan sistem imun.

Selain dengan olahraga meningkatkan imun dengan baik, kita juga perlu menyeimbangkannya dengan pola hidup sehat. Saat kekebalan tubuh kuat, maka tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. Pilihlah olahraga yang cocok dengan kebutuhan tubuh.