Alasan Peluang Bisnis Kue Basah untuk Lebaran Menjanjikan

  
peluang bisnis kue basah untuk lebaran

Peluang bisnis kue basah untuk lebaran cukup menguntungkan dan konsisten. Pasalnya potensi kue dibeli oleh pelanggan cukup besar dibandingkan jajanan jenis lain. Berikut ini akan dijelaskan alasan mengapa peluang bisnis kue basah untuk lebaran sangat menjanjikan yang lebih lengkap. Lebih lengkapnya, berikut penjelasannya:

1. Masyarakat Enggan Membuat Sendiri

Ketika lebaran sudah tiba maka kue basah menjadi menu khas yang tidak boleh ditinggalkan. Pada zaman dulu biasanya masyarakat bergotong-royong untuk membuat makanan semacam ini lalu hasilnya dibagi secara merata. Namun saat ini banyak masyarakat yang enggan membuat sendiri. 

Orang-orang lebih suka mengupah orang lain atau membeli dari pedagang kue basah. Oleh karenanya,  ini merupakan bisnis yang bagus. Bisa dikatakan jika usaha berjualan kue layak disebut bisnis yang sangat menjanjikan.

2. Kue Basah adalah Menu Khas Lebaran

Alasan peluang bisnis kue basah untuk lebaran menjanjikan yang kedua ialah, kue basah adalah menu khas lebaran. Artinya semua orang berpotensi untuk membeli kue ini. Karena bagi mereka yang tidak menyediakannya, lebaran akan terasa ada yang kurang. Maka dari itu bagi pebisnis kue basah jangan khawatir tidak akan ada pelanggan. 

Selama warga masih memegang tradisi tersebut kue basah jenis apapun pasti dicari oleh masyarakat. Tentunya ini sangat menguntungkan bagi pebisnis kue basah. Karena selama promosinya gencar dilakukan, rasanya enak dan harganya terjangkau tentu banyak pelanggan yang akan datang.

3. Modal Usaha Minim

Berikutnya alasan mengapa bisnis ini bagus ialah modal berbisnis kue basah tidak banyak. Yang dibutuhkan hanya modal untuk membeli bahan-bahan kue saja. Memang untuk menghasilkan kue yang banyak diperlukan perangkat elektrik. Seperti pengaduk telur, open dan lain sebagainya. Tetapi ini harganya tidak seberapa dibandingkan dengan laba yang akan didapatkan.

Model untuk tenaga kerja juga tidak terlalu besar. Karena biasanya kue ini dijual saat lebaran yang biasanya bertepatan dengan hari libur ramadhan. Jadi bisnis bisa dijalankan bersama-sama dengan anggota keluarga.

4. Bisnis Termasuk Usaha Kreatif

Bisnis kue basah lebaran adalah bisnis kreatif. Pengusaha bisa memberikan harga tanpa harus melakukan survei terlebih dahulu. Semakin kreatif bentuk dan cita rasa kue basah tentu semahal apapun harga kue akan tetap dibeli oleh pelanggan. Sekalipun hanya bisnis kue tetapi keuntungannya bisa berlipat ganda.

Meski demikian, ketika memberikan harga tetap perhatikan kondisi pelanggan. Jika menjual di kalangan rumah maka berikan harga yang memang sesuai dengan daya beli target pelanggan tersebut..

5. Keuntungan Bisnis sangat Besar

Mengapa peluang bisnis kue basah lebaran cukup menjanjikan karena keuntungan yang didapatkan pebisnis sangat besar. Selain ini pekerjaan kreatif modal bisnis yang dikeluarkan juga sangat minim.

Selain itu masyarakat tidak menilai bisnis kue basah dari harganya tetapi dari kreativitas dan cita rasa dari kue basah tersebut. Jika toping dan cita rasanya sudah cocok maka harga bisa diperbincangkan selanjutnya.

6. Banyak Pilihan Jenis Kue

Jika berjualan bisnis kue basah jangan membuat satu varian saja. Usahakan membuat kue yang memiliki berbagai macam toping, bentuk dan corak. Biasanya itu yang menarik pelanggan untuk membelinya. Oleh sebab itu silahkan buat berbagai macam jenis kue basah. Namun pastikan semuanya identik dengan menu khas hari raya.

Jangan dilupakan pula apapun jenis kue yang dibuat pastikan topping dan cita rasanya mengena. Karena ini yang membuat pelanggan bingung untuk memilih. Ini akan membuat akhirnya pelanggan akan memborong semuanya karena merasa cocok di mata dan lidah.

Demikian beberapa alasan mengapa peluang bisnis kue basah untuk lebaran itu sangat potensial. Sekian dan semoga bermanfaat untuk pembaca yang ingin memulai beriwirausaha.