Langkah Persiapan Persalinan Normal di Tengah Pandemi

  

Masalah pandemi yang sedang dihadapi dunia ini membuat sebagian besar dari kita merasa khawatir dan panik. Membuat semua pihak saling mengingatkan betapa pentingnya menjaga kesehatan serta kebersihan. Begitu juga dengan para ibu hamil yang sedang melakukan persiapan persalinan normal di tengah pandemi saat ini.

Mengingat dari segi kondisi fisik sedang sangat rentan. Disertai memikirkan proses persalinan normal yang akan memakan waktu lebih lama dan perhatian lebih. Selain tetap menjaga kesehatan dan kebersihan, para ibu hamil bisa memperhatikan hal-hal lain. Ini dia lima langkah persiapan untuk menjalani proses persalinan normal saat pandemi.

1. Menjaga Kebersihan dan Kesehatan

Kondisi saat ini memang membuat kita semua wajib menjaga kebersihan dan kesehatan lebih dari biasanya. Apalagi bagi wanita yang sedang hamil. Langkah paling utama yang harus disiapkan dan diperhatikan adalah kondisi kesehatan ibu, kesehatan secara mental, hingga fisik.

Selain mengonsumsi makanan sehat, bernutrisi, serta mampu memenuhi kebutuhan gizi ketika hamil, wajib menggunakan perlindungan. Mulai dari selalu mengenakan masker ketika keluar rumah dan ketika harus berada di tempat umum. Hingga rajin mencuci tangan dan mandi rutin 2x sehari.

2. Perhitungkan Biaya Pokok dan Biaya Tidak Terduga

Ini menjadi tugas terpenting dari persiapan persalinan normal di tengah pandemi karena biaya yang dibutuhkan untuk melahirkan tidak sedikit. Baik persalinan secara normal, atau juga caesar. Kini biaya persalinan normal di berbagai rumah sakit di kota-kota besar saja tidak murah.

Siapkan juga biaya lebih untuk berjaga-jaga dan menjadi ‘pegangan’. Di tengah kondisi yang sedang tidak stabil, khususnya dalam hal ekonomi atau keuangan, menyimpan uang sebagai tabungan sangat penting.

3. Mencari Banyak Referensi Tempat Persalinan Terbaik dengan Harga Terjangkau

Carilah referensi tempat atau rumah sakit persalinan normal yang sudah terkenal memiliki pelayanan dan fasilitas terbaik. Jangan lupa menyesuaikan dengan budget atau biaya yang telah disiapkan. Banyak rumah sakit bersalin yang menawarkan layanan proses persalinan baik dengan harga terjangkau.

4. Pilih Rumah Sakit yang Bukan Rujukan Penanganan Covid-19

Di tengah pandemi ini, banyak rumah sakit yang menjadi rumah sakit rujukan penanganan corona. Maka lebih baik tidak memilih rumah sakit tersebut untuk meminimalisir penularan. Lebih baik pilih rumah sakit yang khusus menangani persalinan seperti rumah sakit khusus ibu dan anak.

5. Hindari Kontak dengan Banyak Orang

Kebutuhan perlengkapan menjelang persalinan memang tidak sedikit. Membuat para ibu hamil memiliki keinginan pergi ke toko untuk membelinya. Dalam kondisi di tengah pandemi seperti sekarang, lebih baik hindari kegiatan tersebut. Mengurangi pergi keluar rumah ini berhubungan juga sekaligus mengurangi kontak langsung dengan banyak orang.

6. Manfaatkan yang Ada untuk Mengurangi Pengeluaran Biaya

Persiapan persalinan normal di tengah pandemi selanjutnya adalah dengan coba memanfaatkan yang sudah ada. Tujuannya untuk mengurangi keluar rumah dan kontak dengan banyak orang, sekaligus menghemat biaya. Demi memenuhi kebutuhan persalinan khususnya bagi si kecil, coba tanya ke orang-orang terdekat. Apakah mereka bisa membantu seperti memiliki perlengkapan dan peralatan bayi yang sudah tidak digunakan.

7. Konsultasi Rutin dengan Dokter Kandungan

Langkah terakhir, jangan lupa rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan. Konsultasi ini dapat berupa membicarakan kondisi kesehatan dan bayi dalam kandungan. Selain itu, para ibu juga bisa melakukan konsultasi mengenai biaya persalinan.

Pada dasarnya dua poin terpenting yang harus disiapkan sebagai persiapan persalinan normal di tengah pandemi yaitu kondisi sang ibu dan biaya persalinan. Selama kedua poin ini sudah terpenuhi, para ibu hamil dapat melakukan sejumlah persiapan lebih lengkap untuk mendukung kelancaran proses persalinan yang telah dinanti-nantikan.