Rekomendasi Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Pulau Komodo Labuan Bajo

  

Salah satu objek wisata di Indonesia yang sangat terkenal adalah Pulau Komodo Labuan Bajo. Dimana letaknya ada di NTT. Bahkan, UNESCO telah mengakui Pulau Komodo sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Selain dapat melihat hewan langka, yaitu komodo, objek wisata Pulau Komodo akan memanjakan mata para pengunjung karena keindahan alamnya.

Harga Tiket Masuk Pulau Komodo

Karena menawarkan banyak kegiatan menarik dan juga pemandangan yang luar biasa, Pulau Komodo sangat banyak dikunjungi wisatawan. Tercatat oleh liveaboards, pengunjung Pulau Komodo mencapai 176 ribu orang dan sekitar 60% merupakan wisatawan asing.

Hal ini disebabkan karena tiket masuk Pulau Komodo yang juga sangat murah. Bagi para pengunjung domestik, hanya dengan membayar Rp5.000 sudah dapat menikmati keindahan Pulau Komodo. Sedangkan, para wisatawan mancanegara perlu membayar Rp150.000. Lalu, ada biaya tambahan Rp80.000 untuk menyewa pemandu wisata. 

Aktivitas Wisata Pulau Komodo Labuan Bajo

Jika sudah berada di Pulau Komodo, banyak sekali hal yang dapat dilakukan. Berbagai macam aktivitas yang menarik dan tentunya menyenangkan dapat dilakukan disini, loh! Artikel ini akan memberikan beberapa rekomendasi aktivitas yang dapat dilakukan di Pulau Komodo Labuan Bajo. 

1. Melihat Komodo secara Langsung

Melihat bentuk fisik komodo menjadi aktivitas yang paling utama di objek wisata ini. Komodo adalah hewan purba yang berasal dari Indonesia. Para pemandu wisata juga akan menjelaskan secara lengkap tentang hewan purba ini. Wisatawan juga dapat berinteraksi dengan komodo, namun tentunya harus hati-hati. 

Wisatawan dapat juga mengambil foto dengan kadal purba ini, sudah ada ranger yang akan membantu. Taman Nasional Komodo memang didirikan sebagai cara melindungi hewan ini dari ancaman kepunahan. Di objek wisata ini, pengunjung akan melihat sekitar 3.012 ekor komodo. 

2. Menikmati Pemandangan Alam yang Indah

Selain ada satwa langka yang dilindungi, objek wisata ini juga akan memanjakan mata para pengunjung dengan panorama alam di sekitarnya.  Pulau Komodo dikelilingi oleh beberapa pulau kecil di dekatnya dan memiliki air laut yang bersih dan jernih. Selama perjalanan menuju ke habitat komodo, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah.

3. Diving dan Snorkeling

Pulau Komodo memiliki luas sekitar 137 hektar dan 60% nya adalah perairan. Perairan di Pulau Komodo terkenal akan keindahannya dan airnya yang berwarna biru jernih. Bagi para pecinta diving dan snorkeling, Pulau Komodo menjadi surga scuba diving yang sangat indah. Keindahan alam bawah lautnya mampu bersaing dengan spot diving dunia. 

4. Menikmati Keunikan Pantai Pink

Di Pulau Komodo juga ada sebuah pantai unik yang menawan. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna cukup unik yaitu merah muda. Para wisatawan dapat mengambil foto yang instagramable jika datang ke pantai pink. Selain itu, pantai ini juga masih bersih dan belum terkontaminasi oleh sampah-sampah pengunjung. Pengunjung selalu dihimbau untuk menjaga kebersihan.

5. Berpindah ke Pulau Lain sekitar Pulau Komodo

Tur dengan menggunakan perahu ini akan diawali di dermaga Labuan Bajo. Wisatawan akan diajak untuk mengelilingi dan menikmati keindahan pulau-pulau di sekitar Pulau Komodo. Selain Pulau Komodo, ada banyak pulau di sekitarnya yang memiliki pesona masing-masing. Tur ini akan berakhir di Pink Beach.

Itulah beberapa rekomendasi aktivitas yang dapat dilakukan para pengunjung di Pulau Komodo Labuan Bajo. Pergi ke Pulau Komodo akan menjadi pengalaman yang luar biasa dan tak akan terlupakan. Tetap jaga kebersihan di area Pulau Komodo, ya! Supaya keasrian dan keindahannya dapat tetap dinikmati sampai generasi berikutnya.