Kategori : Hardware

RAM Laptop 8GB DDR4, Ini Penjelasan Serta Jenisnya

Memiliki laptop yang mampu menunjang pekerjaan sehari-hari serta memiliki spesifikasi dan komponen yang baik merupakan keinginan semua orang. Salah satu komponen penting pada laptop adalah kapasitas Random Access Memorynya yang akan menjalankan semua aplikasi saat melakukan pekerjaan misalnya RAM laptop 8GB DDR4.

RAM memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjalankan aplikasi yang ada pada system komputer. Hardware ini bertugas penyimpanan sementara untuk menjalankan aplikasi. Cara kerja RAM adalah membaca perintah program yang kemudian dijalankan oleh prosesor sehingga saat dilakukan restart pada laptop atau dimatikan maka data lama akan hilang dan diisi dengan yang baru.

Random Access Memory yang terdapat pada laptop merupakan tipe DDR atau Double Data Rate yang artinya memori tersebut memiliki jalur ganda dalam mengolah perintah dari program ke prosesor. Dalam perkembangannya akhirnya sekarang ini banyak tipe RAM DDR yang dijumpai seperti RAM DDR, DDR2, DDR3, dan DDR4.

Random Access Memory Tipe DDR4

Pada generasi terbaru RAM DDR muncul DDR4 sebagai pengembangan RAM sebelumnya. RAM tipe ini mulai dipublish pada tahun 2014. DDR4 juga menjadi generasi RAM terbaik pada tahun 2018 hingga 2019. Tipe RAM DDR4 sudah dilengkapi dengan kecepatan transfer rate yang berkisar antara 2133-4266MT/s dengan Clock Speed dari 1066 sampai 2133MHz.

Nama lain dari RAM DDR4 adalah DDR4 SDRAM yang mempunyai konsumsi daya yang rendah sebesar 1.5V serta memori clock dan memori bus yang tinggi. Karena daya voltasenya yang rendah maka RAM pada laptop tidak akan mudah panas. Dari spesifikasi yang diberikan maka tidak mengherankan jika harga RAM ini lumayan mahal.

Bagi yang memiliki aktivitas yang mengharuskan menggunakan aplikasi yang berat, maka pilihlah RAM yang memiliki kapasitas memori yang tinggi. Misalnya saja bagi seorang gamer, RAM besar sangat dibutuhkan. Yang perlu diperhatikan adalah tidak semua perangkat prosesor bisa menerima DDR4. Hanya beberapa proseseor tinggi saja yang bisa menggunakannya.

Jenis RAM Laptop 8GB DDR4 untuk Para Gamer

Pemilihan RAM yang tepat akan memberikan efektifitas dalam setiap pekerjaan yang dilakukan tidak terkecuali bermain game. Bermain game akan membuat laptop akan bekerja keras untuk tetap menjalankan aplikasi tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan RAM yang mampu menjalankan aplikasi dengan performa yang baik. Berikut jenis RAM laptop 8GB DDR4 untuk para gamer.

1. Patriot Viper Elite 8GB DDR4-2400MHz

RAM Laptop 8GB DDR4 yang satu ini memiliki performa kecepatan transfer rate 2400MHz yang cepat pada jenisnya. Hal yang paling luar biasa dari RAM ini adalah voltasenya yang hanya mencapai 1.2V membuat kecepatan clock yang baik dan tidak mudah panas, bahkan semakin menjadi dingin. Harganya juga cukup murah yakni Rp 500 ribuan saja.

RAM ini memang bukan jenis memori yang paling murah. Namun bisa dikatakan RAM Patriot Viper Elite merupakan RAM murah dengan spesifikasi yang hampir sama dengan produk yang lebih mahal. Patriot Viper Elite bersaing dengan RAM murah lainnya seperti HyperX Furry dan Corsair Vengeance LPX yang menawarkan kinerja yang serupa/

2. ADATA SO-DIM 2x4GB 2666MHz

ADATA SO-DIM merupakan RAM laptop 8GB DDR4 yang mampu menunjang kecepatan dalam menjalankan aplikasi dengan kecepatan tranfer rate sebesar 2666MHz. Voltasenya yang hanya 1.2V membuat laptop lebih hemat dalam pemakaian energi. Sekarang ini ADATA sudah didukung oleh platform Intel Skylake dan Coffee Lake.

3. Team Group Dark Pro 2x4GB 3000MHz

RAM Team Group Dark Pro 2x4GB merupakan ukuran RAM terkecil yang dimiliki oleh produk ini. Artinya masih ada ukuran memori yang lebih besar lagi. Kecepatan transfer ratenya yang luar biasa mencapai 3000MHz membuat pengalaman bermain game akan lebih seru tanpa hambatan. Selain itu dijamin aplikasi berat pun bisa dijalankan dengan baik oleh RAM ini.

4. Corsair Vengeance LPX 8GB DDR4 2666MHz

Memiliki kecepatan transfer rate sebesar 2666MHz RAM ini akan cocok untuk para gamer. Voltasenya juga hanya mencapai 1.2V yang membuat laptop tetap dingin meskipun bermain game dalam waktu yang lama. Tak hanya itu Corsair Vengeance LPX juga didukung Intel XMP 2.0 (Extreme Memory Profile) dengan harga Rp. 760 ribuan.

Itulah jenis RAM laptop 8GB DDR4 untuk para gamer agar performa laptop tetap terjaga meski bermain game untuk waktu yang lama. Masih banyak jenis-jenis RAM serta kapasitas memori yang lebih besar. Semakin besar memori RAM maka performa laptop dalam menjalankan aplikasi akan semakin baik.

EDA TEAM

Sebuah team yang di bentuk untuk mengisi dan menulis berbagai artikel menarik dan terbaru agar dapat dinikmati pembaca setiap harinya.

Bagikan
Dibuat OIeh
EDA TEAM

Artikel Terbaru

Tanaman Hias Gantung Minimalis Yang Indah

Memiliki rumah yang dihiasi dengan berbagai tanaman hias merupakan dambaan banyak orang. Selain itu dapat…

8 jam lalu

Makanan untuk Penderita ISPA yang Baik Dikonsumsi

Ketika sudah didiagnosa suatu penyakit, maka ada beberapa hal yang harus diubah. Mulai dari kebiasaan…

8 jam lalu

Tips Hubungan Langgeng agar Terhindar dari Perpisahan

Dalam suatu hubungan tak selalu hal manis yang terjadi di setiap harinya. Terkadang ada kalanya…

8 jam lalu

Aplikasi SEO Youtube Guna Meningkatkan Kualitas Konten

Youtube merupakan platform sosial media yang biasa digunakan sebagai lahan promosi, branding, hingga mencari pendapatan…

9 jam lalu

Cara Mengecek Traffic Website dengan Tools

Semua pengelola web tentu ingin mengetahui jumlah pengunjung websitenya. Karena itu cara mengecek traffic website…

9 jam lalu

Cara Meningkatkan SEO Blog Dengan Mudah Agar Terindeks

Sebagai salah satu strategi pemasaran, content marketing sangatlah efektif. Tetapi tidak sedikit pebisnis online yang…

9 jam lalu