Kategori : Olah Raga

Renang Gaya Kupu Kupu Lengkap

Olahraga renang merupakan salah satu olahraga yang banyak di gemari dan bahkan diperlombakan. Dalam renang, ada banyak gaya yang bisa dilakukan. Mulai dari renang gaya bebas, gaya dada, gaya kupu kupu dan gaya punggung. Pada pembahasan kali ini, akan diulas mengenai renang gaya kupu kupu.

Pengertian

Renang gaya kupu-kupu adalah gaya renang yang memposisikan dada di atas permukaan air. Ciri utama dari gaya ini adalah gerakan lengan yang diayun ke depan menyerupai sayap kupu kupu. Inilah yang menjadi awal penamaan gaya renang ini. Selain itu, gaya ini memiliki nama lain yaitu gaya lumba lumba karena gerakan kaki saat berenang menyerupai ekor lumba lumba.

Teknik Pelaksanaan

Teknik yang digunakan dalam melakukan renang gaya kupu kupu ada beberapa poin. Semua poin ini harus dilakukan dengan baik agar tidak ada masalah. Bagi yang ingin mempelajari teknik berenang ini bisa mengikuti cara-cara berikut ini.

1. Teknik Start

Posisi awal atau start pada gaya kupu kupu memiliki kesamaan dengan renang gaya dada. Start yang digunakan adalah balok start. Badan dibungkukkan dengan lutut agak ditekuk dan mengarah ke permukaan air. Start akan sempurna jika posisi tubuh sudah tepat.

2. Posisi Badan

Semua gerakan dalam gaya kupu kupu dituntut untuk sesempurna mungkin. Oleh karena itu posisi badan harus sangat diperhatikan. Posisi badan yang benar pada gaya kupu kupu adalah dengan mensejajarkannya dengan permukaan air. Posisi ini akan mempermudah pengambilan nafas dari mulut dan hidung saat sedang berenang.

Sedangkan pada bagian kaki, jangan terlalu menghentak kaki terlalu dalam atau terlalu kuat. Hal ini hanya akan menyebabkan tekanan pada bagian depan tubuh bertambah. Hentakan kaki dilakukan dengan menekuk kedua kaki tepat pada persendian dan luruskan kembali dengan kuat.

3. Gerakan Lengan

Gerakan lengan pada gaya kupu kupu harus dilakukan secara bersamaan atau beriringan. Inilah yang membedakan renang gaya kupu kupu dengan gaya renang yang lain. Teknik ini dilakukan dengan beberapa cara yaitu Catch atau menangkap, Down Sweep atau meraih, in Sweep atau menarik, Up Sweep atau mendorong, Recovery atau pemulihan.

4. Teknik Gerakan Kaki

Bagi yang sudah pernah belajar teknik dalam renang gaya bebas, maka tidak usah khawatir dengan teknik gerakan kaki pada gaya kupu kupu. Kedua gaya renang ini secara umum memiliki teknik gerakan kaki yang serupa. Namun yang membedakan teknik gerakan kaki kedua gaya ini adalah gerakan kaki yang dilakukan secara bersamaan pada gaya kupu kupu.

Hal yang harus diperhatikan dalam teknik gerakan kaki gaya kupu kupu adalah gerakan tungkai kaki yang menjadi titik tumpu. Titik fokus gerakan tungkai ini terletak pada gerakan cambukan ke atas dan ke bawah secara seimbang dan bersamaan. Dalam satu putaran lengan dilakukan dua kali cambukan.

5. Pernapasan

Teknik pernapasan pada  gaya kupu kupu cukup mudah untuk dilakukan. Posisi badan yang berada di permukaan air memudahkan seseorang untuk mengambil nafas. Teknik pernapasannya dilakukan dengan mengangkat kepala ke atas permukaan air. Usahakan saat mengangkat kepala hanya sampai sebatas hidung saja dan segera kembali ke posisi awal agar kecepata tidak menurun.

6. Gerakan Membalik

Gerakan membalik pada renang gaya kupu kupu sama dengan teknik renang gaya dada. Dimana saat kedua tangan sudah menyentuh dinding kolam, maka gerakan membalik dilakukan. Kedua kaki ditekuk dan tubuh diputar ke arah samping sambil melepaskan tangan dari dinding kolam.

Saat kaki sudah menempel pada dinding kolam, dorong tubuh sekuat tenaga ke permukaan air seperti posisi awal. Dalam gerakan membalik, flelsibilitas sendi harus diperhatikan khususnya pada pinggang dan pergelangan kaki. Lakukan peregangan atau latihan secara intensif.

Itulah pembahasan mengenai renang gaya kupu kupu. Kunci utama keberhasilan gaya kupu kupu adalah bagaimana seseorang bisa mengkoordinasikan semua teknik tersebut dengan baik dan benar. Semoga pembahasan kali ini memberikan manfaat dan menambah wawasan pembaca.

EDA TEAM

Sebuah team yang di bentuk untuk mengisi dan menulis berbagai artikel menarik dan terbaru agar dapat dinikmati pembaca setiap harinya.

Bagikan
Dibuat OIeh
EDA TEAM

Artikel Terbaru

Tanaman Hias Gantung Minimalis Yang Indah

Memiliki rumah yang dihiasi dengan berbagai tanaman hias merupakan dambaan banyak orang. Selain itu dapat…

37 menit lalu

Makanan untuk Penderita ISPA yang Baik Dikonsumsi

Ketika sudah didiagnosa suatu penyakit, maka ada beberapa hal yang harus diubah. Mulai dari kebiasaan…

53 menit lalu

Tips Hubungan Langgeng agar Terhindar dari Perpisahan

Dalam suatu hubungan tak selalu hal manis yang terjadi di setiap harinya. Terkadang ada kalanya…

1 jam lalu

Aplikasi SEO Youtube Guna Meningkatkan Kualitas Konten

Youtube merupakan platform sosial media yang biasa digunakan sebagai lahan promosi, branding, hingga mencari pendapatan…

1 jam lalu

Cara Mengecek Traffic Website dengan Tools

Semua pengelola web tentu ingin mengetahui jumlah pengunjung websitenya. Karena itu cara mengecek traffic website…

2 jam lalu

Cara Meningkatkan SEO Blog Dengan Mudah Agar Terindeks

Sebagai salah satu strategi pemasaran, content marketing sangatlah efektif. Tetapi tidak sedikit pebisnis online yang…

2 jam lalu