Kategori : Software

Software Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif

Kegiatan penelitian biasanya melibatkan para praktisi, akademisi, dan para peneliti dalam proses pelaksanaannya. Tentunya dalam membuat laporan penelitian, dibutuhkan data yang kongkrit dimana proses olah data, mereka menggunakan software analisis data agar efisien. Alat bantu pengolahan data ini merupakan solusi untuk mengatasi problematika model-model data yang kian rumit dan kompleks.

Seperti yang telah diketahui bersama, kebutuhan ilmu pengetahuan dan penggunaan teknologi saling berdampingan guna menyesuaikan diri dengan kemajuan zaman. Dengan penggunaan software aplikasi analisis data, pengerjaan laporan penelitian akan sangat terbantu dan parameter pengujian juga dapat dipertanggungjawabkan. Beberapa software analisis data, baik untuk penelitian kualitatif maupun kuantitatif adalah sebagai berikut.

1. Nvivo

Software ini bisa dibilang sebagai aplikasi analisis data kualitatif. Nvivo menjadi salah satu alat bantu terbaik yang terfokus pada data kualitatif yang hingga sekarang telah menghasilkan versi kedua belas. Nvivo dirancang dengan kemampuan untuk kelola data, kelola ide, data kueri, visualisasi data, dan laporan data.

Software yang diproduksi langsung oleh QSR internasional kemudian secara khusus dikembangkan untuk Qualitative Data Analysis (QDA) ini memiliki tiga macam tingkatan. Ketiga tingkatan tersebut diantaranya beginner, plus, dan pro. Tingkatan untuk pemula sebaiknya gunakan program jenis beginner. Sementara plus untuk tingkatan diatas beginner dan pro untuk tingkatan diatas plus.

2. IBM SPSS

Berbeda dengan Nvivo, software yang satu ini merupakan alat bantu analisis data penelitian kuantitatif. Software ini lebih tepatnya digunakan untuk olah data statistik. SPSS dirancang dengan kemampuan fitur klasifikasi otomatis (angka dan biner), pengelompokan, hingga deteksi anomali.

Sebagai salah satu software yang paling populer di kalangan peneliti basic kuantitatif, SPSS telah menghasilkan versi kedua puluh lima pada tahun 2019 ini. Software ini memungkinkan perhitungan antarmuka secara visual dan interaktif sehingga dapat memanfaatkan algoritma statistik dan tanpa pemrograman.

3. MATLAP: Analyzing Data, Developing Algorithms, or Creating Models

Software ini juga seringkali digunakan untuk menganalisis data scientist. Lebih tepatnya, MATLAB biasa digunakan oleh kalangan disiplin ilmu teknik (engineering). Siftware ini dirancang dengan kemampuan bahasa pemrograman, analisis perhitungan matriks dan visualisasi grafik terbaik. Aplikasi ini cukup rumit jika tidak terbiasa dengan bahasa pemrograman atau di luar engginering.

4. Tableau

Tableau merupakan software analisis data yang mampu menghubungkan data mulai dari data excel dan jaringan internet. Software ini dirancang dengan kemampuan yang tidak diragukan lagi. Kemampuan Big Data yang dimiliki mampu melakukan olah data visualisasi dalam bentuk bagan dan dasboard. Bahkan, tersedia juga fitur download berkas dengan format yang beragam.

5. Microsoft Excel

Salah satu alat bantu olah data lainnya adalah microsoft excel. Aplikasi ini digunakan oleh hampir setiap instansi, perusahaan, maupun perorangan untuk manajemen data dan perintah. Software ini dirancang khusus untuk melakukan analisis data skala kecil menjadi lebih gambang. Beberapa fitur yang tersedia diantaranya adalah add-ins, macro dan tabel pivot.

Bukan hanya itu saja, masih ada banyak formula pendukung yang bisa memudahkan perhitungan terhadap data dengan metode-metode tertentu. Beberapa formula pendukung misalnya financial, statistical, dan engineering.

6. Dovetail

Software ini bisa digunakan untuk menyimpan hasil riset kualitatif (seperti foto dan video) dalam satu folder riset. Tujuannya agar para peneliti dapat melihat data hasil riset secara online kapan saja sehingga akan membantu dokumentasi dan memudahkan olah data.

Dovetail dilengkapi dengan Fitur Tags (highlight) sebagai tanda di transkip wawancara yang memuat informasi penting. Melalui Dovetail, seluruh anggota tim tersebut bantu karena bisa melakukan pengecekan ulang sebelum olah data dilanjutkan.

Itulah beberapa software analisis data penelitian yang biasa digunakan dalam riset kuantitatif maupun kualitatif. Beberapa aplikasi tersebut diharapkan membantu peneliti dalam menyelesaikan proses olah data dan laporan hasil penelitian.

EDA TEAM

Sebuah team yang di bentuk untuk mengisi dan menulis berbagai artikel menarik dan terbaru agar dapat dinikmati pembaca setiap harinya.

Bagikan
Dibuat OIeh
EDA TEAM

Artikel Terbaru

Keuntungan Usaha Laundry Yang Jarang Diketahui

Kesibukan masyarakat perkotaan ternyata berimbas pada makin meningkatnya peluang usaha bagi pebisnis. Memanfaatkan keterbatasan waktu…

21 menit lalu

Metode Pengukuran Kepuasan Pelanggan, Apa Saja?

Dalam menjalankan bisnis tentunya sangat erat dengan para pelanggan. Produk yang dijual akan menarik minat…

27 menit lalu

Jajanan Kekinian Untuk Jualan, Ini Rekomendasinya

Suka berkreasi dengan makanan? Mengapa tidak coba saja menggunakan hobi tersebut untuk menghasilkan pundi-pundi penghasilan?…

3 jam lalu

Modal Usaha Konter Pulsa Dan Kuota, Ini Rinciannya

Bisnis pulsa dan kuota adalah salah satu jenis bisnis yang sangat menggiurkan saat ini. Hal…

3 jam lalu

Modal Usaha Roti Bakar yang Diperlukan

Penjual roti bakar sering kita temui di pinggir jalan. Usaha ini semakin laris di pasaran…

3 jam lalu

Cara Mencari Supplier Di Tokopedia, Ini Penjelasannya

Berjualan online melalui e-commerce saat ini rata-rata banyak dipilih masyarakat. Selain mudah dijalankan, bisnis ini…

4 jam lalu