Software Edit Video Ringan Untuk Editor Pemula

  

Semakin banyaknya lowongan pekerjaan yang mencari skill berupa editor membuat sebagian kalangan kini berlomba menekuninya. Sayangnya, beberapa dari masyarakat kurang mengetahui software edit video ringan, sehingga lebih memilih belajar melalui ponsel.

Sekalipun kegunaan dan tujuannya sama yakni untuk mengedit video, akan tetapi tetap saja soal kualitas prosesnya jauh berbeda. Jika belajar mengedit melalui PC maka tingkat keprofesionalannya juga jauh berbeda. Lantas apa saja software paling ringan dan direkomendasikan? berikut ini beberapa software edit video ringan:

1. Windows Movie Maker

Bagi pengguna windows tentu sudah tidak asing lagi dengan nama “Windows Movie Maker” Software pengedit video ini bahkan telah terpasang di perangkat laptop/PC masing-masing. Cara penggunaannya juga cukup mudah dan simple sehingga sangat cocok dijadikan simulasi untuk editor pemula.

2. Virtualdub

Virtualdub merupakan sebuah software edit video yang memiliki ukuran sangat ringan sehingga tidak memakan banyak penyimpanan. Sekalipun pada intinya software ini dikhususkan untuk membuat subtitle, akan tetapi juga terdapat fitur lainnya, misalnya cut, compress dan masih banyak lagi.

3. Blender

Salah satu software pembuat animasi tiga dimensi yang paling ringan digunakan adalah blender. Apalagi saat ini sudah banyak terpublikasi berbagai tutorialnya. Software ini sangat direkomendasikan untuk pemula yang ingin belajar edit video dengan mudah.

4. Filmora

Filmora merupakan software edit video paling ringan namun sangat mudah dipahami sekalipun digunakan oleh pemula. Namun sayangnya untuk bisa menyimpan hasil edit tanpa mencantumkan watermark, pengguna harus memasukkan id kuncinya atau menjadi pelanggan premium.

5. Video Pad Editor

Apabila menginginkan software edit video yang ringan dan menyediakan berbagai fitur mendasar, sebaiknya coba Video Pad Editor. Ukurannya sangat fleksibel serta tidak memakan banyak ruang penyimpanan di laptop atau PC. Silahkan melihat tutorialnya terlebih dahulu ya?

6. Lightworks

Ingin mengedit judul video atau film menjadi lebih menarik dan unik? Lightworks adalah software edit video paling direkomendasikan. Selain ukurannya yang ringan, fiturnya juga sangat beragam sehingga pengguna bisa dengan mudah menuangkan kreativitas tanpa takut salah.

7. Kdenlive

Kdenlive menjadi salah satu software edit video berukuran ringan yang ternyata bisa dipasang di Linux, macOS dan windows. berbagai fitur di dalamnya sangat beragam diantaranya seperti efek, duration, combine hingga menambahkan teks maupun animasi lain.

8. Flowblade

Sama halnya dengan ketujuh software edit video di atas, Flowblade juga memiliki ukuran kecil sehingga sangat ringan saat digunakan. Software ini bahkan bisa mengedit video yang akan diunggah ke Youtube atau hanya sekedar demi memenuhi tugas. Lakukan pengaturan kualitas HD agar hasil lebih jernih.

9. Open Shoot

Bagi pengguna Linux software edit video yang paling direkomendasikan adalah Open Shoot. Cara kerjanya hampir sama seperti Kdenlive. Ukurannya pun juga ringan sehingga aktivitas mengedit video semakin cepat selesai dan mudah.

10. Cinelerra

Software edit video bernama Cinelerra ini sudah ada sejak tahun 1998 dan sampai saat ini terus mengalami perkembangan. Bahkan fitur-fiturnya juga tidak kalah mumpuni dari software editor lain, ditambah lagi ukurannya kecil dan ringan digunakan. Ternyata Cinelerra juga kerap kali digunakan oleh para editor profesional.

11. Kine Master

Apabila ingin mencoba software edit video yang kekinian namun memiliki performa ringan, Kine Master siap membantu. Software ini biasa digunakan di windows maupun Linux, akan tetapi agar hasil editnya memuaskan, sebaiknya pelajari tutorialnya terlebih dahulu, ya?

Dari kesebelas software edit video ringan untuk edit pemula di atas, manakah yang paling disukai? Latih skill mengedit video dengan memperbanyak diri menonton tutorial di Youtube. Hal tersebut sangat efektif mempercepat kemampuan dan meningkatkan kreativitas.