Kategori : Software

Software Pembuatan Animasi 2D Dan 3D Terbaik

Siapa yang tidak mengenal film animasi baik dua dimensi atau tiga dimensi? Setiap film animasi tampil memukau dari segi sinematografi, cerita, visualisasi maupun karakternya. Untuk menghadirkan film animasi tersebut melalui proses yang panjang dan menggunakan software tertentu. Dalam artikel ini akan dibahas apa saja software pembuatan animasi.

1. Toon Boom Harmony

Kelebihan Toon Boom Harmony adalah user interface dan tools yang mudah dipahami oleh pengguna baru. Software berbayar ini dapat digunakan di platform Windows dan Mac. Software ini sering dipakai oleh studio animasi ternama seperti Fox, Rough Draft Studios, South Park Studios, Toon City, Ubisoft, dsb.

Fitur yang dapat dimanfaatkan cukup banyak seperti adanya tool brush dan palette warna untuk tipe gambar bitmap maupun vector. Jika ingin membuat film animasi frame by frame bisa menggunakan fitur onion skin. Dalam software ini dapat mengintegrasikan elemen tiga dimensi dengan karakter dua dimensi. Selain itu Toon Boom Harmony kompatibel dengan semua bentuk format pipelines.

2. Moho Pro

Software ini sebelumnya dikenal dengan nama Anime Studio Pro. Moho Pro hadir untuk memudahkan para animator membuat film animasi 2D. Tersedia bagi pengguna platform Windows dan Mac. Pengguna dapat mendapatkan software ini dengan membayar dana yang sudah ditentukan. Akan tetapi disediakan 30 hari coba gratis, untuk mencoba tools yang disediakan sebelum memutuskan untuk membeli.

Moho Pro menyediakan sistem rigging 2D dan teknik tradisional frame by frame. Selain itu fitur yang disediakan antara lain, user interface yang intuitif, Smart Bones, Smart Warp, Bezier dan Motion Tracking. Pengguna dapat membuat motion graphic menggunakan software ini.

3. Synfig

Software animasi 2D ini merupakan software open source yang artinya bisa dipakai secara gratis. Penggunaan software ini agak mirip dengan software Adobe Flash, akan tetapi user interface Synfig agak sedikit kuno. Synfig tersedia bagi pengguna platform Linux, Windows dan Mac (multi-platform software).

Dari segi tools dan fitur yang disediakan tidak kalah dengan software animasi 2D lainnya. Synfig kompatibel dengan tipe gambar bitmap dan vektor. Dalam satu project dapat memuat lebih dari 50 layer dan filter. Selain itu ada fitur link parameter pada layer untuk meningkatkan puppet character dan struktur dinamis lainnya.

4. Blender

Blender merupakan software pembuatan animasi tiga dimensi yang gratis dan open source. Software ini terus berkembang dan digunakan para animator profesional. Dapat digunakan pada platform Windows, Mac dan Linux (software multi-platform). Blender mensupport animasi baik dua dimensi maupun tiga dimensi.

Fitur-fitur yang disediakan meliputi Rendering (Blender Render dan Cycles), Modelling Tools (Sculpting, Retopology, Modelling dan Curves), dan Animasi Tools serta sistem Rigging. Tidak hanya itu, Blender dilengkapi dengan tools standar untuk membuat scripting, game 3D dan edit video.

5. Autodesk 3ds Max

Software keluaran Autodesk ini mendukung pembuatan animasi tiga dimensi. Software yang berbayar ini tersedia untuk pengguna platform Windows dan Mac. Saat ini 3ds Max lebih banyak dipakai untuk pembuatan game. Akan tetapi software juga dapat digunakan untuk membuat film animasi tiga dimensi.

Beberapa fitur yang disediakan 3ds Max antara lain, sistem rigging (Bipped dan Bone), Hair and Fur, Cloth dan Camera. Hasil render software ini mampu memberikan kesan nyata karena didukung plugin render V-ray dan Mental Ray. Di dalam software ini juga tersedia model 3D primitif seperti cube, sphere, cone, silinder, teko, dsb.

6. Autodesk Maya

Setelah software 3ds Max, pihak Autodesk mengeluarkan software baru bernama Autodesk Maya. Software tiga dimensi ini tersedia berbayar dan dapat digunakan di platform Windows dan Mac. Pihak Autodesk juga memberi lisensi gratis untuk para pelajar dan pengajar.

Fitur-fitur yang tersedia di Autodesk Maya 2018 antara lain Viewport 2.0, yang support OpenSubdiv 3.1 dan preview displacement. Lalu ada fitur After Effect Live Link, berguna untuk pengguna yang ingin mengkomposisi animasi 3D di Adobe After Effect. Sistem render menggunakan Arnold 5 yang memiliki kemampuan sampling tinggi dan cepat.

Itulah beberapa software pembuatan animasi yang bisa dimanfaatkan. Cukup banyak software animasi dengan fitur berbeda-beda yang beredar di internet. Sebaiknya pemilihan software disesuaikan dengan kebutuhan produksi film animasinya. Selamat berkarya!

EDA TEAM

Sebuah team yang di bentuk untuk mengisi dan menulis berbagai artikel menarik dan terbaru agar dapat dinikmati pembaca setiap harinya.

Bagikan
Dibuat OIeh
EDA TEAM

Artikel Terbaru

Cara Memulai Bisnis Ayam Petelur Tanpa Repot

Masih ada yang bingung ingin membuka bisnis apa saat ini? Mengapa tidak coba memulai bisnis…

55 menit lalu

Bisnis Franchise Dibawah 5 Juta Untuk Pebisnis Pemula

Bingung ingin memulai bisnis dari mana? Franchise adalah jawabannya. Bisnis franchise atau waralaba adalah ketika…

2 jam lalu

Cara Memulai Bisnis Rice Bowl Rumahan Yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Saat ini dunia bisnis semakin berkembang setiap harinya. Banyak bisnis rumahan yang mulai bermunculan. Salah…

18 jam lalu

Cara Membuka Bisnis Laundry Kiloan agar Cepat Dapat Pelanggan

Bisnis laundry kiloan memang satu bisnis yang sangat menguntungkan.  Pasalnya, masyarakat peminatnya sangat banyak terutama…

19 jam lalu

Hati-hati! Inilah 5 Aktivitas yang Harus Dihindari Saat Hamil Tua karena Berbahaya

Bagi pasangan suami istri, kehamilan dan kelahiran buah hati menjadi hal yang paling di nanti.…

24 jam lalu

Cara Memulai Bisnis Jilbab Produksi Sendiri Bagi Pemula

Perkembangan fashion jilbab muslimah saat ini sudah mulai berkembang cukup pesat hingga berbagai belahan dunia,…

2 hari lalu