Berikut Beberapa Tips Agar Tidak Hamil Walau Tidak KB

  

Ada beberapa pasangan suami istri yang tidak mau melakukan KB, salah satu alasannya karena efek bagi tubuh saat setelah melakukan KB. Meskipun begitu, bukan berarti pasangan suami istri tidak ingin melakukan hubungan badan. Untuk itu banyak orang yang mencari tips agar tidak hamil walau tidak KB.

Penting bagi seseorang untuk mengetahui cara terbaik untuk mencegah kehamilan saat setelah melakukan hubungan badan meskipun tanpa KB. Berikut tips agar tidak hamil walau tidak KB:

1. Menggunakan Kondom

Penggunaan  kondom saat melakukan hubungan seksual merupakan hal yang mudah didapatkan dan praktis saat digunakannya. Menggunakan kondom juga efektif untuk mencegah kehamilan hingga 80 persen serta mencegah tertularnya penyakit infeksi seperti HIV.

Penting bagi pengguna kondom untuk mengetahui beberapa hal seperti kondom yang akan digunakan tidak kadaluarsa dan tidak robek pada permukaan kondom. Beberapa orang lebih memilih memakai kondom karena tingkat resikonya yang kecil.

2.  Melakukan Ejakulasi Di Luar Vagina

Cara yang kedua yaitu dengan melakukan ejakulasi di luar vagina. Pria sebaiknya mengeluarkan alat kelaminnya (penis) dari vagina sebelum terjadinya ejakulasi. Ini dilakukan agar tidak ada pertemuan antara ovum dan sperma , dan kehamilan dapat dicegah.

Meskipun begitu, efektivitasnya sangat bergantung pada pasangan untuk melakukan sanggama terputus (metode keluarga berencana tradisional) setiap melaksanakannya.  Efektivitas sperma akan jauh menurun apabila setelah 24 jam dan jika ingin melakukan hubungan badan lagi, sebaiknya alat kelamin pria(penis) dibersihkan terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Akan tetapi, cara agar tidak hamil dengan cara ejakulasi di luar vagina memiliki resiko kehamilan karena kemungkinan telah terjadi ejakulasi dini atau ujung penisnya telah mengeluarkan sperma sebelum terjadinya ejakulasi.

3.  Menghindari Hubungan Badan Saat Masa Subur

Melakukan hubungan badan di luar masa subur pada wanita juga tipas agar tidak hamil walau tidak kb terbaik. Hindari hubungan badan saat masa ovulasi atau subur karena pada saat itu rahim mengalami peluncuran sel telur matang dalam 14 hari setelah haid. Masa ovulasi biasanya berlangsung dalam kurun waktu 2-5 hari.

4.  Mengamati Lendir Serviks

Ada cara alami agar tidak hamil tanpa KB yaitu dengan mengamati lendir serviks. Saat akan melakukan hubungan badan, sebaiknya seseorang mengeceknya apakah ada lendir yang keluar atau ada perasaan sangat basah. Tentukan tingkat yang paling subur dan beri tanda pada catatan istri agar tidak lupa. 

5.  Memakai Alat Tes Ovulasi

Menggunakan  alat tes ovulasi sangatlah mudah untuk dilakukan dan bisa dipakai kapan saja. Alat tes ovulasi juga memiliki kelebihan yaitu anda bisa memprediksi waktu ovulasi sebelum terjadinya ovulasi dan dengan menggunakan alat ini hasilnya pun sudah cukup akurat.

6.  Metode Suhu Basal Tubuh

Tips agar tidak hamil walau tanpa kb berikutnya  yaitu dengan mengecek suhu basal tubuh. Pengamatan dilakukan oleh wanita dengan mengukur suhu badan secara teliti di pagi hari (sebelum bangkit dari tempat tidur) dengan menggunakan termometer khusus. Lakukan pencatatan perubahan suhu sampai 0,01 C untuk mendeteksinya.

7.  Melakukan Sterilisasi

Sterilisasi adalah cara terakhir dan permanen agar tidak hamil. Sterilisasi juga merupakan alat kontrasepsi. Cara ini cocok bagi yang sudah tidak lagi menginginkan momongan. Prosedur yang dilakukan biasanya dengan cara ligasi tuba atau oklusi tuba bagi wanita yang ingin melakukan sterilisasi. Namun, bagi pria juga ada alat untuk sterilisasi yaitu dengan vasektomi.

Meskipun banyak tips agar tidak hamil walau tidak KB, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum memilih cara agar menghindari kehamilan walau tanpa KB. Sekian dan semoga bermanfaat.