6 Tips Melamar Kerja untuk Para Fresh Graduated

  
Tips-Melamar-Kerja

Tips melamar kerja dibutuhkan untuk mempermudah orang-orang dalam menemukan pekerjaan yang sesuai kemampuan. Terlebih lagi untuk para fresh graduated yang baru saja menyelesaikan pendidikannya di perguruan tinggi, keinginan untuk mendapatkan pekerjaan adalah tujuan utama setelah lulus perkuliahan. Namun sayangnya untuk mendapatkan satu pekerjaan bukanlah hal yang mudah dan diperlukan kesabaran.

Para fresh graduated umumnya belum memiliki banyak pengalaman di dunia kerja. Hal ini dapat dimaklumi karena jadwal belajar yang padat ditambah lagi dengan kegiatan praktik di lapangan sangat menyita waktu. Mengikuti kegiatan organisasi atau ekstrakulikuler adalah aktivitas yang paling banyak dilakukan, dan hal tersebut mampu menambah pengalaman selama menjalani perkuliahan.

Sebuah perusahaan biasanya mencari kandidat calon karyawan yang telah memenuhi beberapa kriteria utama, salah satunya adalah pengalaman. Hal tersebut terkadang membuat semangat seorang fresh graduated menjadi menurun karena tidak memiliki pengalaman kerja sama sekali. Solusi yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan ala fresh graduated dapat menerapkan tips melamar kerja ini.

1. Persiapkan Alamat E-mail

Electronic Mail atau yang biasa dikenal dengan sebutan email adalah media komunikasi dalam dunia kerja dan sangat sering untuk digunakan. Sebuah nama email mampu mempresentasikan identitas pemiliknya secara singkat dan umum. Untuk menunjukkan profesionalitas dalam melakukan komunikasi pekerjaan melalui email, pastikan menggunakan nama asli dengan penulisan yang mudah untuk dibaca.

2. Curiculum Vitae

Pastikan jika informasi dalam sebuah curiculum vitae sudah lengkap tanpa ada yang kurang sedikit pun, baik biodata atau kontak pribadi. Meskipun belum mempunyai pengalaman dalam bekerja, namun seorang fresh graduated dapat mencantumkan pengalaman organisasi atau sukarelawan selama menjalani masa perkuliahan. Hal tersebut dapat menjadi poin tambahan saat melamar pekerjaan nantinya.

Baca Juga :   Lima Etika Mempekerjakan Teman dan Keluarga

3. Aplikasi Lowongan Pekerjaan

Perkembangan teknologi sangat membantu banyak orang, termasuk fresh graduated dalam mencari informasi lowongan pekerjaan terbaru. Biasanya jasa penyedia aplikasi tersebut akan menjelaskan kualifikasi mengenai calon pelamar yang ditargetkan oleh pihak perusahaan. Hal ini merupakan keuntungan para melamar yang dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menjadi kandidat karyawan yang diperhitungkan kemampuannya.

4. Membangun Relasi

Mempunyai pergaulan yang luas memberikan banyak peluang dalam berbagai macam hal, salah satunya untuk mendapatkan pekerjaan. Perbedaan latar belakang lingkungan sosial mampu mempermudah seorang fresh graduated untuk mengetahui informasi mengenai pekerjaan apa saja yang dapat dilamar. Bahkan siapa tahu ada salah satu teman yang menawarkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan.

5. Meningkatkan Kemampuan

Dalam melamar kerja, semua orang membutuhkan proses yang panjang untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Oleh karena itu, seorang fresh graduated harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya sampai ada pihak perusahaan yang melakukan panggilan interview. Salah satunya adalah meningkatkan kemampuan diri yang berkaitan dengan calon pekerjaan nantinya, hal tersebut meningkatkan kompetensi dan kepercayaan diri.

6. Jangan Terlalu Pemilih

Satu hal yang harus diingat setelah lulus perkuliahan adalah tidak semua pekerjaan sesuai dengan jurusan yang dipelajari saat di universitas. Anggap saja pekerjaan pertama yang didapat menjadi batu loncatan untuk membangun karir gemilang kedepannya. Lakukan yang terbaik saat melakukan pekerjaan tersebut dan jadikan pengalaman yang diperoleh untuk menambah pengtahuan baru.

Menerapkan tips melamar kerja  untuk para fresh graduated diharapkan dapat membantu untuk mendapatkan pekerjaan setelah melalui masa perkuliahan. Meskipun tidak dapat dikatakan mudah, namun dengan kerja keras dan kesabaran, semua orang dapat memperoleh pekerjaannya masing-masing. Oleh karena itu jangan pernah putus asa dan terus mencari pekerjaan meskipun membutuhkan waktu lama.