8 Tips Saat Wawancara Kerja yang 100% Berhasil

  

Tips saat wawancara kerja harus diketahui oleh para fresh graduated atau para pencari kerja. Karena ini yang menjadi syarat penting lamaran diterima atau sebaliknya. Bahkan interview sendiri merupakan proses seleksi karyawan yang menentukan.

Sebab alasan diatas, maka perlu kiranya teknik lolos wawancara kerja dijelaskan secara detail. Minimal para pencari kerja memiliki kesiapan mental dan intelektual yang bagus. Berikut tips yang dimaksud:

1. Mempelajari Materi Terkait Perusahaan

Tips saat wawancara kerja yang pertama adalah mulai mempelajari materi yang terkait dengan perusahaan. Baik yang berhubungan dengan visi dan misi maupun bentuk produk yang dijadikan sebagai bidang kerja perusahaan yang bersangkutan.

Tujuan dari pelajaran ini semata agar tidak canggung ketika pas interview ada pertanyaan terkait perusahaan. Para pencari kerja bisa menjawabnya dengan tenang seakan sudah memahami di luar kepala.

2. Berpenampilan dengan Rapi

Jika ingin interview lebih maksimal pastikan menghadirinya dengan penampilan yang serapi mungkin. Ini bisa menjadi poin pertama yang bisa menarik minat para pewawancara hanya dengan melihat penampilannya saja.

Sebaliknya jika penampilannya sembarangan apalagi kumal, tentu kesan pertamanya saja sudah gagal. Bukan tidak mungkin ini yang menjadi penyebab interview tidak lulus yang artinya gagal menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

3. Tetap Menjaga Kontak Mata                            

Tips yang selanjutnya adalah tetap menjaga kontak mata. Sebab ini membuktikan kalau si pencari kerja memang memiliki semangat dan memiliki keberanian untuk menghadapi tantangan. Ini juga merupakan poin yang tidak boleh dilewatkan.

Sebaliknya kalau tidak berani menatap mata si pewawancara tentu kesan pertamanya adalah si fresh graduated memiliki sifat pesimis dan pemalu. Sifat yang sejatinya tidak disukai oleh direktur perusahaan apapun.

4. Menjelaskan Identitas Diri dengan Percaya Diri

Tips saat wawancara kerja yang keempat adalah silakan jelaskan identitas diri dengan lengkap. Termasuk menyampaikan tentang kemampuan, skill, bakat, hobby serta prestasi yang telah diraih pada kompetensi sebelumnya.

Jangan lupa sampaikan identitas dengan rasa percaya diri yang tinggi. Ini menunjukkan kalau apa yang telah diucapkan benar-benar nyata sehingga pewawancara juga bisa menangkapnya tanpa ragu dan sangsi.

5. Jawab Pertanyaan Terkait Kelebihan Diri

Jika dalam interview ada pertanyaan terkait kelebihan diri silahkan jawab dengan percaya diri dan pasti. Sampaikan kalau memang ada kelebihan-kelebihan tertentu sekalipun tidak ada hubungannya dengan perusahaan. Pastikan jawaban jujur dan tidak dibuat-buat.

Resikonya apabila melakukan poin ini akan membuahkan pemecatan kerja. Tepatnya  jika kebohongan tersebut ditemukan ketika pewawancara sudah diterima sebagai karyawan pada  perusahaan tersebut.

6. Jangan Terburu-buru Menjawab Pertanyaan

Tips yang juga tidak boleh dilupakan adalah tidak terburu-buru ketika menjawab pertanyaan. Selesaikan dulu soal yang disampaikan oleh pewawancara lalu pikirkan sejenak jangan langsung dijawab.

Kira-kira beberapa detik kemudian baru jawab setelah sebelumnya menarik napas panjang terlebih dahulu. Ini agar jawaban yang disampaikan tidak menghadirkan keraguan. Selain itu juga untuk merancang kalimat yang bisa dimengerti oleh pewawancara.

7. Duduk Dengan Tenang dan Santai

Jangan terlalu kaku terutama saat duduk di depan pewawancara. Anggaplah mereka semua adalah orang-orang yang bisa ditaklukkan. Maka dari itu duduklah dengan tenang dan santai. Pastikan gaya duduk santai yang dimaksud adalah duduk yang terkesan berwibawa dan membuat si pencari kerja nyaman.

8. Membaca Doa

Tips yang terakhir adalah silahkan memulai interview kerja dengan membaca doa terlebih dahulu. Ucapkan harapan bisa lolos wawancara di dalam hati sesuai keimanan masing-masing. Kiat ini untuk meminta pertolongan Allah sekaligus untuk menanamkan rasa tenang di dalam hati. Karena bukan tidak mungkin ada nervous yang membuat interview menjadi gagal. Apalagi bagi pekerja fresh graduated yang masih minim pengalaman.

Itulah beberapa tips saat wawancara kerja yang berpeluang membawa keberhasilan. Jangan lupa untuk bersyukur jika ternyata dalam interview tersebut si pelamar lolos tanpa syarat apapun.