Kenali 5 Cara Transfer Uang Tanpa ATM Dan KTP

  
Transfer Uang Tanpa ATM Dan KTP

Zaman sudah semakin berkembang berkat kemajuan teknologi. Kini, semua bisa dilakukan dengan lebih cepat dan instan. Bahkan, banyak sekali hal yang dapat dilakukan hanya dengan menggerakan jari-jemari pada layar smartphone. Salah satu bidang yang berkembang pesat sejak adanya teknologi adalah bidang keuangan. Contohnya sudah ada cara transfer uang tanpa ATM dan KTP, sehingga lebih mudah dan cepat.

Jika dahulu hanya bisa transfer uang dengan menggunakan ATM, maka kini telah hadir berbagai cara terbaru yang mengandalkan kecanggihan teknologi. Bahkan, beberapa diantaranya bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone. Tentu, hal ini akan membuat proses pengiriman uang menjadi lebih cepat. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengirim uang tanpa menggunakan ATM dan KTP:

1. Setor Tunai Melalui Bank

Meskipun tidak menggunakan ATM, seseorang bisa mentransfer sejumlah uang melalui bank. Caranya adalah dengan melakukan setor tunai melalui layanan teller.  Setelah mengambil nomor antrian teller, segera isi form setor tunai. Jika nomor antrian dipanggil, serahkan form setor tunai beserta uang yang akan ditransfer kepada teller. Tunggu beberapa saat sampai teller menyelesaikan tugasnya. Selesai, uang pun berhasil dikirim ke rekening tujuan.

2. Kirim Uang Lewat Minimarket

Saat ini, peran minimarket bukan hanya untuk belanja saja. Minimarket juga bisa menjadi cara transfer uang tanpa ATM dan KTP. Sebut saja Alfamart dan Indomaret yang keduanya menerima layanan pengiriman uang. Cara pengiriman uang melalui minimarket, terbilang cukup mudah. Cukup dengan memberikan kartu identitas seperti SIM atau KTP, nomor telepon orang yang akan ditransfer uang, serta nomor telepon yang transfer uang.

Nomor ponsel dibutuhkan agar si penerima uang transfer akan mendapatkan kode pengambilan melalui SMS. Nah, kode pengambilan inilah yang digunakan untuk mengambil uang yang diterima di minimarket terdekat. Inilah yang menjadi kekurangan mengirim uang melalui minimarket, yaitu tidak dapat dikirim langsung ke nomor rekening bank  si penerima. Melainkan si penerima harus mengambil uang lewat minimarket juga.

3. Transfer Via Paypal

Paypal mungkin menjadi istilah yang masih asing bagi beberapa orang. Namun, kini Paypal semakin popular dan banyak digunakan. Paypal menghadirkan sistem transaksi keuangan elektronik yang berbasis jaringan di seluruh dunia. Teknologi ini memungkinkan seseorang untuk mengirim uang sendiri melalui smartphone secara online. Untuk melakukan transaksi via Paypal, mengharuskan seseorang untuk membuat akun terlebih dahulu.

4. Transfer Lewat mBanking

Cara transfer uang tanpa ATM dan KTP ini mungkin sudah banyak dilakukan oleh masyarakat. Cukup memanfaatkan smartphone di genggaman, maka sejumlah uang yang ingin ditransfer ke rekening tujuan. Cara ini tergolong cepat dan aman. Adapun caranya adalah dengan mendaftarkan nomor rekening ke bank untuk membuat mBanking. Nah, aplikasi mBanking inilah yang nantinya bisa dipakai kapan saja saat ingin mengirim uang.

Saat membuat akun mBanking, maka seseorang akan mendapatkan password atau pin serta nama pengguna atau User ID.  Pin serta UserID inilah yang nantinya digunakan untuk masuk ke aplikasi mBanking. Fitur-fitur pada mBanking hampir sama seperti fitur pada mesin ATM. Diantaranya, bisa cek saldo, kirim uang, cek transaksi terakhir, dll. Dengan menggunakan mBanking, maka proses transfer lebih cepat tanpa perlu ke ATM.

5. Kirim Uang Melalui Dompet Digital

Saat ini, ada banyak sekali aplikasi dompet digital yang bisa diakses melalui smartphone. Tanpa menggunakan kartu ATM, berbagai aktivitas keuangan bisa dilakukan dengan cepat. Beberapa dompet digital paling populer di Indonesia diantaranya adalah DANA, LinkAja, OVO, DoKu, GO-Pay, Jenius, SakuKu, dan Paytren. Hanya dengan melakukan beberapa klik saja pada aplikasi tersebut, maka uang dapat dikirim dengan cepat dan pastinya aman.

Nah, itu dia 5 cara transfer uang tanpa ATM dan KTP yang bisa dicoba. Berbagai cara di atas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, tergantung  kenyamanan ingin menggunakan cara yang mana. Namun, pastikan bahwa memilih cara pengiriman uang yang paling aman. Terutama jika menggunakan dompet digital agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.