Tugas HRD Manager Dalam Perusahaan

  
Tugas hrd manager

Human Resource Department atau lebih dikenal dengan sebutan HRD adalah salah satu divisi umum dalam sebuah perusahaan. Divisi ini yang kemudian bertanggung jawab secara langsung terhadap karyawan terhitung sejak masa training hingga resign dari perusahaan. Lantas tugas HRD Manager dalam perusahaan apa saja? Dalam artikel ini nantinya akan dijabarkan tugas-tugas seorang HRD.

Divisi yang paling berhubungan dengan manusia ini biasanya merekrut orang-orang yang berlatar belakang pendidikan psikologi. Kemudian jika ingin menjadi seorang HRD Manager pasti dituntut untuk memiliki kemampuan membimbing anggota dan menciptakan situasi kerja yang baik. Sebelum bermimpi menjabat sebagai HRD Manager sebaiknya mengetahui apa saja tugasnya, berikut tugas HRD Manager dalam perusahaan.

1. Bertanggung Jawab Atas Kemajuan Sistem HR Itu Sendiri

Mengelola SDM didalam perusahaan untuk mampu berkontribusi dengan baik dalam perusahaan merupakan tugas dan tanggung jawab HRD Manager. Seorang HRD Manager dituntut untuk mampu berkembang memajukan sistem yang ada, dan tidak berhenti berinovasi. Misalnya dengan memperhatikan SOP, membuat penilaian kinerja karyawan secara berkelanjutan, berinovasi dengan sistem rekruitmen dan sistem HR sendiri.

2. Merupakan Penghubung Bagi Karyawan dan Manajemen Perusahaan

Tugas lain dari HRD Manager adalah menjadi penghubung antara karyawan dengan manajemen perusahaan. Tugas ini adalah tugas yang paling lumrah dalam divisi HR. Agar tidak terjadi kesalahpahaman informasi HRD Manager akan selalu menjadi penengah informasi atas kebutuhan karyawan maupun perusahaan.

3. Mengevaluasi Absensi dan Payroll Karyawan

Sebagai HRD Manager, tugas lain yang harus diemban adalah memperhatikan, mengevaluasi dan menilai absensi karyawan secara berkala. Selain itu seorang HRD Manager bertanggungjawa atas pengelolaan gaji dan tunjangan bagi seluruh karyawan. Jika ingin menjadi seorang HRD Manager, haruslah teliti dan bisa menjalin komunikasi yang baik antar karyawan agar tidak adanya miss komunikasi.

4. Bertanggungjawab Atas Rekruitmen Karyawan Baru

Dalam perusahaan dan dunia kerja, pastilah dibutuhkan adanya rekruitmen karyawan baru, dalam hal ini HRD Manager bertanggungjawab dalam jalannya seleksi. Metode baru perekrutan hingga awal masa training harus bisa di format dengan baik oleh HRD Manager. Dalam perekrutan, kebutuhan perusahaan akan menjadi analisa penting bagi HRD Manager agar tidak terjadi kekeliuran kebutuhan.

5. Menjaga Kesejahteraan Karyawan

Untuk menjaga kesejahteraan karyawan biasanya HRD akan melakukan evaluasi bulanan atau tahunan untuk mengetahui tingkat kesejahteraan itu sendiri. Divisi HRD bisa menyebarkan kuisioner untuk semua karyawan atau membuat rapat diskusi mengenai kelayakan karyawan dalam perusahaan. Kemudian HRD Manager akan bertanggungjawab menilai apa saja yang harus dibenahi atau dipertahankan dalam perusahaannya.

6. Bertanggungjawab Atas Pengembangan Kualitas Karyawan

Setiap perusahaan membutuhkan karyawannya untuk berkembang dan mumpuni dalam setiap kinerja hariannya. Maka dari itu pengembangan kualitas karyawan harus diperhatikan, HRD Manager harus mampu melihat ini dengan memberikan sebuah training karyawan. Training yang dimaksud bertujuan untuk meningkatkan kemampuan karyawan yang sudah ada dan menyesuaikannya dengan kebutuhan perusahaan.

7. Menjadi Pengelola Anggaran Belanja Karyawan Dalam Perusahaan

Dalam pelaksanaan training dan perekrutan karyawan maka perusahaan akan mengeluarkan anggaran biaya yang cukup besar. Manager HRD diharapkan untuk mampu mengelola kegiatan diatas agar anggaran perusahaan tidak membengkak. Ketepatan sasaran dalam perekrutan dan upaya mempertahankan karyawan adalah salah satu upaya mengelola anggaran perusahaan.

8. Menjadi Penanggung Jawab Indikator Kinerja Karyawan

Karyawan ketika bekerja didalam perusahaan pastilah dituntut mumpuni dalam berbagai indikator perusahaannya. Disinilah tugas lain dari HRD Manager, menjadi penanggung jawab untuk menyusun iapa saja yang dibutuhkan perusahaan dan yang diharapkan dari karyawan. Kemampuan kerja yang baik dari karyawan jelas akan membantu perusahaan untuk menuju kesuksesan.

Nah, diatas adalah beberapa tugas HRD Manager yang bisa menjadi tambahan informasi bagi yang ingin menduduki posisi tersebut. Jika ingin menjadi seorang HRD Manager harus pandai menjaga pola kerja yang baik dan berkomunikasi dengan baik pula. Setiap perusahaan memiliki kualifikasi dan standar kemajuannya tersendiri, terus berkembang dan melakukan yang terbaik adalah kunci dalam proses kerja!