Kategori : Karir

Wanita Karir VS Ibu Rumah Tangga – Cara Mengatasi Dilema Antara Keduanya

Banyak orang yang membandingkan wanita karir vs ibu rumah tangga. Padahal keduanya memiliki dunia yang berbeda sehingga tidak pas jika dibandingkan. Keduanya juga memiliki dilema yang berbeda yang kerap kali dirasakan.

Dilema tersebut seringkali muncul dan tidak jarang menjadi momok yang menakutkan bagi wanita karir vs ibu rumah tangga. Agar dilema tersebut tidak berlarut-larut, yuk atasi dilema tersebut. Atasi dilema tersebut dengan mempertimbangkan 5 hal berikut ini:

1. Ketahui Tujuan Berkarir

Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu mengetahui tujuan dari berkarir itu sendiri. Jika memiliki tujuan untuk menambah penghasilan, maka jalan satu-satunya yaitu dengan menjadi wanita karir. Cobalah untuk memperhitungkan penghasilan yang akan diterima jika menjadi wanita karir. Jangan sampai penghasilan yang diterima sangat timpang dengan waktu yang telah dikorbankan.

Cobalah untuk memilih pekerjaan yang bisa memungkinkan untuk tetap melakukan aktivitas sebagai ‘ibu’. Misalnya, menyiapkan sarapan dan juga makan malam. Namun, jika memiliki tujuan berkarir untuk mengembangkan kemampuan, maka haruslah berhati-hati. Jangan sampai obsesi tersebut menenggelamkan tugas dan kewajiban menjadi ibu dan juga istri.

2. Temukan Kesepakatan dengan Kepala Keluarga

Kepala keluarga tentunya memegang peran penting dalam memutuskan segala hal yang berhubungan dengan rumah tangga. Walaupun setiap keputusan harusnya diputuskan secara dua pihak, antara istri dan juga suami. Keputusan menjadi wanita karir atau berumah tangga sebaiknya juga dilakukan diskusi dengan kepala keluarga.

Pasalnya, kepala keluarga juga akan merasakan imbasnya ketika memutuskan apakah seorang wanita akan berkarir atau berumah tangga. Cobalah untuk menemukan kesepakatan tersebut dan mencoba untuk membagi tanggung jawab bersama. Jika ingin berkarir, jangan sampai ada dominasi antar keduanya yang bisa menyebabkan perpecahan.

3. Bijaklah Menggunakan Waktu

Salah satu yang patut dipertimbangkan baik antara wanita karir vs ibu rumah tangga adalah masalah waktu. Jika ibu dan ayah sama-sama berkarir maka waktu yang dihabiskan bersama tentunya akan jauh lebih sedikit. Terlebih lagi mengenai kesibukan domestik yang seharusnya ditanggung bersama.

Misalnya, siapakah yang akan berbelanja bulanan, atau siapakah yang menemani anak bermain. Pertanyaan tersebut bisa menimbulkan gesekan antara suami dan juga istri. Jadi, untuk menghindari perpecahan cobalah untuk membuat pembagian waktu yang harus disepakati bersama. Maka, baik ibu rumah tangga ataupun wanita karir harus bersiap-siap dengan kesepakatan yang telah dibuat.

4. Ketahui Batasan Rekan Kerja

Wanita berkarir umumnya memiliki rekan kerja yang lebih banyak daripada ibu rumah tangga. Pasalnya, wanita berkarir pasti bekomunikasi dengan sesama karyawan ataupun dengan klien dalam kesehariannya. Hal tersebut tentu saja baik, namun pertimbangkan pula batasan komunikasinya. Jangan sampai komunikasi yang dijalin lebih banyak dengan rekan kerja dibandingkan dengan keluarga.

Bagi ibu rumah tangga sendiri, rekan kerja mungkin hanya sekitar perumahan atau orang tua dari teman sekolah anak. Cobalah membayangkan jika hal tersebut terjadi dan persiapkan beberapa pilihan jika mengalami kebosanan. Misalnya, mencoba mengontak teman lama ataupun selalu berkomunikasi dengan suami.

5. Kenali Prioritas Utama

Wanita karir vs ibu rumah tangga memang tidak bisa dibandingkan. Pasalnya, keduanya memiliki prioritas utama yang berbeda. Misalnya, jika wanita karir memiliki prioritas antara karir dan juga keluarga. Namun, inilah yang terkadang menjadikan perpecahan antar keluarga. Pasalnya, seringkali wanita karir menomorsatukan karir daripada keluarga.

Sedangkan ibu rumah tangga seringkali memprioritaskan keluarga tanpa memprioritaskan waktu untuk merawat diri sendiri. Hal ini sering ditemui bahwa ibu rumah tangga terlalu sibuk dengan domestik sehingga lupa akan diri sendiri. Oleh karena itu, baik ibu rumah tangga ataupun wanita berkarir sebaiknya mengenali prioritas utama.

Wanita karir vs ibu rumah tangga tentunya memiliki dilema masing-masing. Oleh karena itu, antara wanita karir dan ibu rumah tangga tidak bisa dibandingkan. Keduanya sama-sama baik asalkan selalu bertanggung jawab dalam melakukan hal yang disukainya.

EDA TEAM

Sebuah team yang di bentuk untuk mengisi dan menulis berbagai artikel menarik dan terbaru agar dapat dinikmati pembaca setiap harinya.

Artikel Terbaru

Tanaman Hias Gantung Minimalis Yang Indah

Memiliki rumah yang dihiasi dengan berbagai tanaman hias merupakan dambaan banyak orang. Selain itu dapat…

6 jam lalu

Makanan untuk Penderita ISPA yang Baik Dikonsumsi

Ketika sudah didiagnosa suatu penyakit, maka ada beberapa hal yang harus diubah. Mulai dari kebiasaan…

6 jam lalu

Tips Hubungan Langgeng agar Terhindar dari Perpisahan

Dalam suatu hubungan tak selalu hal manis yang terjadi di setiap harinya. Terkadang ada kalanya…

7 jam lalu

Aplikasi SEO Youtube Guna Meningkatkan Kualitas Konten

Youtube merupakan platform sosial media yang biasa digunakan sebagai lahan promosi, branding, hingga mencari pendapatan…

7 jam lalu

Cara Mengecek Traffic Website dengan Tools

Semua pengelola web tentu ingin mengetahui jumlah pengunjung websitenya. Karena itu cara mengecek traffic website…

7 jam lalu

Cara Meningkatkan SEO Blog Dengan Mudah Agar Terindeks

Sebagai salah satu strategi pemasaran, content marketing sangatlah efektif. Tetapi tidak sedikit pebisnis online yang…

8 jam lalu