6 Aplikasi Editing Audio PC Gratis Terbaik Dan Mudah Didapatkan

  
aplikasi editing audio pc

Melalui aplikasi editing audio PC, seorang editor sound yang sudah ahli atau pemula dapat dengan mudah memotong hampir semua file audio. Beberapa file seperti AAC, WAV, WMA, FLAC, atau yang populer MPEG3 atau MP3 dapat dikondisikan sesuai keinginan. Selain itu dapat digunakan juga untuk manajemen data, fade in fade away, enhancing, cleaning, noise, hingga effect. Walau begitu tidak semua aplikasi memberikan fitur terbaiknya secara gratis. Bagaimanapun, aplikasi editing audio merupakan salah satu tools pencari uang.

Walau demikian, masih ada provider yang menyediakan aplikasi editing audio gratis. Juga terdapat dua tipe gratisan. Pertama gratis trial. Ada jangka waktu tertentu di mana aplikasi bisa berfungsi. Setelah melewati jangka waktu, misal trial 30 hari, biasanya aplikasi akan terkunci. Kedua adalah versi terbatas. Biasanya ini yang paling populer, versi terbatas hanya mampu mengerjakan beberapa fitur editing sederhana. Entah memilih trial atau terbatas, ini daftar aplikasi terbaiknya:

1. Steinberg WaveLab

Editor audio yang satu ini cukup mapan mendukung Windows 10 dan Mac OS X 10.11. Dalam versi lengkapnya, memberikan sepuluh efek berbeda pada keluaran individu. Ruang kerja audio nya lengkap, bagai berada di studio rekaman, juga menawarkan alat untuk membuat dan menerbitkan podcast, bahkan dengan publikasi langsung ke iTunes. Parameter yang paling penting dapat dikontrol dengan empat pengontrol MIDI yang berbeda.

2. Audacity

Audacity merupakan aplikasi audio PC terkenal yang bisa didapat secara gratisan. Karena aplikasi ini dibangun lewat open source untuk mengembangkan banyak fungsi editing. Audacity juga memungkinkan enginer untuk merekam suara langsung dan mentransfer kaset ke CD atau platform digital lainnya. Engineer juga dapat menyalin, membagi, atau menggabungkan file audio. Yang terlawas, Audacity terus menawarkan puluhan efek bawaan sebagai buah kerja open source.

3. WavePad Sound Editor

WavePad Sound Editor juga merupakan salah satu aplikasi editing audio PC gratisan. Aplikasi ini jadi program pengeditan audio yang terkecil di daftar ini, juga dengan fasilitas terbatas. Kemampuannya cukup untuk membuat dan mengedit file rekaman. Beberapa fungsi yang ada adalah menempel, menyalin dan memotong file audio. Ada juga beberapa fitur penambahan efek atau enhancer. Dari sisi enhancer ada fitur mengurangi noise/gema, hingga memperkuat suara. Aplikasi ini juga bisa digunakan di ponsel.

4. Power Sound Editor

Program berikutnya dalam daftar ini adalah Power Sound Editor. Aplikasi ini adalah program pengeditan audio visual yang memiliki banyak fungsi. Dengan alat ini, enginer dapat merekam, mengedit, menggabungkan musik dengan file suara lainnya, menambahkan efek, dan memburning file suara ke CD. Perangkat lunak ini juga memungkinkan pengeditan menggunakan pintasan keyboard juga memungkinkan enginer untuk meningkatkan kualitas file audio.

5. Ocenaudio

Ocenaudio juga merupakan aplikasi gratisan untuk mengedit file audio, memang fiturnya belum seperti Audacity, bukan masalah besar. Aplikasi ocenaudio cocok untuk mengedit keluaran podcast, dan kerja sound tidak terlalu membutuhkan banyak penanganan, selain pengeditan dan penyesuaian volume. Sehingga aplikasi ini cukup ramping dan fokus pada hasil keluaran suara lebih jelas. Untuk beberapa engineer, Ocenaudio bisa jadi solusi di dapur rekaman.

6. Studio One

Aplikasi Studio One ini digambarkan cocok untuk musisi dan komposer, dan cukup dikenal di dunia sound engineer. Hal ini terjadi berkat alur kerjanya yang lancar: antarmuka pengguna cerdas dan sederhana. Operasi suara rumit seperti menetapkan trek ke efek, loop atau instrumen virtual dapat dilakukan secara mudah dan intuitif menggunakan drag-and-drop. Berkat integrasi koreksi plugin pitch Melodyne. Sayangnya fitur ini hanya ada dalam versi “profesional” berbayar.

Sekedar saran, ada baiknya membeli aplikasi editing audio PC versi full dibandingkan mendapatkan versi yang gratisan. Karena dengan versi full tidak ada batasan seperti masa tenggang habis, atau fitur yang lebih membantu terkunci. Umumnya, versi editing audio full tidaklah begitu mahal.