6 Aplikasi Karaoke PC Offline Untuk Karaoke Seharian  

  

Jika ingin karaoke lewat PC di rumah tentu tidak ada masalah, asalkan dengan perangkat aplikasi yang tepat. 6 aplikasi karaoke PC offline di bawah ini bisa siapapun membuat betah di rumah. Bisa mengundang kawan, duet, atau bernyanyi bersama.  Karaoke seharian, mengeluarkan penat, tidak ada yang lebih menyenangkan dari itu semua. Namun, tentu saja perlengkapannya harus tepat dan lengkap. Sebelum bahas aplikasi perhatikan lebih dahulu perangkat kerasnya.

Untuk  bisa menyanyi karaoke di rumah melalui PC, maka jelas dibutuhkan seperangkat PC desktop atau notebook, dengan sound card dan speaker yang bagus. Agar keluaran suara terdengar lebih bagus lagi, sambungkan komputer ke amplifier dan box ampli yang berikan efek bas yang kuat. Setelah itu, barulah kita bahas 5 aplikasi karaoke terbaik di bawah ini yang bisa dipertimbangkan. Juga tidak perlu khawatir, aplikasi ini bisa diinstal dan tidak perlu online untuk mengaktifkannya.

1. KaraFun

Saat dilafalkan KaraFun, terdengar seperti karavan. Tapi ini kependekan dari Karaoke Fun, aplikasi PC intuitif yang bisa langsung digunakan setelah mengunduhnya, Selain itu, pada aplikasi ini ada lebih dari 37.000 lagu yang diintegrasikan sebut saja Robbie Williams, hingga Frank Sinatra, Vince Gill, atau Depeche Mode. Namun, untuk bisa akses daftar full lagu sepenuhnya, pengunduh harus mendaftar dan berlangganan.

2. Karaoke 5

Aplikasi Karaoke 5 sepenuhnya offline dan gratis, walau interface nya terlihat lawas, tetapi aplikasi ini malah menawarkan banyak fitur. Pada awalnya, aplikasi ini agak membingungkan karena beberapa ikon pengoperasian yang tidak jelas. Tapi, setelah mengunduhnya, akan ditemukan beberapa lagu panjang full, dimana pengunduh bisa langsung mulai bernyanyi segera. Jika list default tidak cukup, gunakan fungsi pencarian untuk menemukan lagu bebas royalti di Internet.

3. Karaoke Media Home

Aplikasi karaoke PC offline yang satu ini berbeda dari aplikasi karaoke lainnya, karena penampakan desain visualnya yang menarik. Bahkan sedikit mengingatkan pada iTunes, sangat clean dan mudah digunakan. Alat ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris, tetapi sebenarnya berasal dari provider Spanyol.  Ada equalizer, ada juga avatar yang tertawa saat penyanyi salah vokal atau nada. Untuk versi offline gratis terdapat akses ke 40 lagu.

4. KaraokeKanta

Aplikasi KaraokeKanta ini memang aplikasi yang bisa didapat untuk offline, tapi berbayar dan cukup mahal. Jika tidak maka gratis namun tetap harus membeli paket lagu. Terdapat beberapa paket penyanyi terkenal di mana setiap paket lagu terdiri dari 15 lagu, dari ABBA hingga Cranberries. Pada departemen sound dibutuhkan waktu untuk bisa diatur sesuka hati, karena alat ini intuitif.  Dalam versi trial, lagu-lagu terpotong. Jika ingin versi full harganya sebesar 90 euro.

5. Karaoke Sing-n-Burn

Dapat dikatakan ini salah satu aplikasi karaoke PC yang menarik. Fasilitas Sing-n-Burn membuat pengunduh tidak hanya menyanyikan lagu-lagu instrumental yang tersedia, tapi juga bisa merekam dan membakar hasil bermain musik sendiri. Pengunduh bisa menyesuaikan tempo dan volume pada masing-masing trek atau menambahkan echo. Juga bisa dikonversikan ke hasil akhir ke dalam format WAV alih-alih file MIDI. File bisa disimpan di CD melalui fasilitas burn integral.

6. Ultrastar Deluxe

Yang khas dari Ultrastar Deluxe adalah aplikasi open source yang artinya dikembangkan oleh suatu komunitas. Itulah sebabnya program ini full offline dan gratisan, tetapi pengunduh tetap harus menemukan lagu sendiri untuk dinyanyikan sendiri. Secara visual, Ultrastar Deluxe sangat ramai, penuh dengan tombol dan fungsi. Ultrastar juga satu dari sedikit program karaoke di mana penyanyi bisa bernyanyi bersamaan.

Aplikasi berbayar, offline full, hingga yang open source memang terdapat kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun, dari enam aplikasi karaoke PC offline yang telah dijelaskan diatas, yang manakah yang kiranya sesuai dengan keinginan? Pilihan dikembalikan kepada para pembaca.