Rekomendasi 5 Aplikasi SEO Youtube Guna Meningkatkan Kualitas Konten

  

Youtube merupakan platform sosial media yang biasa digunakan sebagai lahan promosi, branding, hingga mencari pendapatan melalui iklan. Aplikasi SEO Youtube menjadi hal penting guna melakukan optimasi pada konten Youtube yang diunggah.

Selain itu, aplikasi SEO Youtube juga dapat memudahkan penggunanya dalam hal research keyword maupun ide-ide konten yang dapat menarik perhatian. Penasaran apa saja aplikasi SEO Youtube yang dapat digunakan? Berikut informasinya!

Beberapa Tools yang dapat digunakan untuk Riset Keyword Youtube

Sebelum membahas aplikasi SEO Youtube, penting untuk mengetahui bagaimana cara riset kata kunci agar video yang diunggah dapat menempati posisi trending atau ditonton oleh banyak orang. Dalam hal ini, membutuhkan beberapa tools yang dapat digunakan. Adapun tools tersebut sebagai berikut:

1. Google Trends

Tool pertama yang dapat digunakan untuk riset kata kunci adalah Google Trends. Tool yang satu ini memiliki metode yang sangat bagus dalam hal riset kata kunci. Hasil riset trend yang sedang banyak dibicarakan juga sangat akurat. Selain itu google trends juga dapat memudahkan penggunanya dalam mencari kata kunci apa saja yang banyak dicari oleh pengguna Youtube.

2. SEMrush

Tool yang satu ini lebih dikhususkan kepada pemula yang baru saja mempelajari SEO Youtube. Tampilan yang sederhana namun tetap akurat akan lebih memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya. Selain itu, SEMrush juga menampilkan insight yang paling banyak dicari serta skor kesulitan yang terdapat pada masing-masing keyword.

3. Keywordtool.io

Tool yang satu ini memiliki banyak keunggulan. Tidak hanya digunakan pada Youtube, tool ini juga digunakan pada Amazon, App Store, Google, dan aplikasi lainnya. Pengguna dapat memilih ingin menggunakan versi gratis atau berlangganan setiap bulan agar dapat menggunakan semua fitur dengan maksimal. Namun pada versi gratis, menu yang ditampilkan sangat terbatas. Pengguna tidak dapat melihat CPC, trend, competition, serta search volume.

4. VidiQ

Salah satu keunggulan tool VidiQ adalah pengguna dapat melengkapi pencarian berdasarkan negara tertentu. Sehingga hal ini mengakibatkan pencarian menjadi lebih spesifik dan teratur. Selain itu VidiQ juga termasuk dalam tool premium yang memiliki analisis lebih mendalam dan juga akurat.

5. Keyword Everywhere

Keyword Everywhere dapat digunakan melalui ekstensi pada Google Chrome. Tool yang merupakan plugin milik Mozilla Firefox ini memberikan akses kepada penggunanya untuk mengetahui CPC, search volume, dan juga kompetisi AdWords pada kata kunci yang digunakan. Cara pengoperasian tool ini juga terkesan mudah.

Pengguna hanya perlu memasang plugin pada browser yang digunakan. Buatlah kata kunci lalu lakukan pencarian pada tool. Secara otomatis, tool ini akan memunculkan data di bawah kolom pencarian.

Apa Saja Aplikasi SEO Youtube yang dapat digunakan?               

Guna mengoptimalkan kualitas konten video agar menempati posisi tertinggi, pengguna dapat mencoba beberapa aplikasi SEO Youtube berikut ini. Aplikasi ini sudah dirancang sedemikian rupa agar video yang diunggah dapat menempati posisi teratas bahkan menempati posisi trending. Berikut beberapa aplikasi SEO Youtube.

1. EasyHits4U

Salah satu aplikasi SEO Youtube yang pertama adalah EasyHits4U. aplikasi ini sangat menarik dan dapat diandalkan terutama bagi pengguna yang baru saja belajar mengenai SEO Youtube. Aplikasi ini akan membantu meningkatkan jumlah traffic pengunjung pada suatu video.

2. All In One SEO Pack

Aplikasi yang merupakan golongan plugin WordPress ini juga tak kalah menarik untuk dicoba. Cara pengoperasiannya juga tergolong mudah. Pengguna hanya perlu menambahkan plugin > All In One SEO Pack > kemudian install plugin > dan yang terakhir mengaktifkan plugin. Untuk melakukan pengaturan tambahan terdapat pada menu All In One SEO.

3. TubeBuddy

Aplikasi yang dapat digunakan untuk mengecek SEO Video serta data dan penelitian yang dapat dilakukan ini bisa diinstal melalui ekstensi Google Chrome. Terdapat beberapa menu yang bisa dioperasikan pada TubeBuddy. Seperti tag explorer, tools suggested tag, membandingkan thumbnail yang menarik, GIF animasi, export, backup, dan lain-lain.

Untuk aplikasi yang satu ini, pengguna dikenakan biaya berlangganan sebesar USD 9 hingga USD 49 perbulannya. Akan tetapi tak perlu khawatir, TubeBuddy juga tersedia dalam versi gratis namun dengan tools yang tentu saja terbatas.

4. Open Site Explorer

Aplikasi SEO Youtube selanjutnya adalah Open Site Explorer. Aplikasi yang satu ini dapat digunakan untuk membantu melihat link building website atau blog milik kompetitor. Serta anchor text yang mengarah ke situs kompetitor dan yang tak kalah menarik adalah menampilkan keterangan pihak yang melakukan link building ke situs milik kompetitor.

5. Serpstat

Aplikasi SEO Youtube yang terakhir adalah Serpstat. Aplikasi yang berasal dari Swiss ini berfungsi memeriksa volume keyword dengan lebih akurat dan juga lengkap. Selain itu fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini juga tergolong lengkap. Seperti analisis backlink, audit situs, research keyword, track rank, hingga analisis kompetitor.

Aplikasi SEO Youtube ini juga memungkin pengguna untuk menemukan kata kunci yang berkaitan dengan konten serta menemukan kata kunci niche yang potensial. Wow, sangat menarik ya!

Nah, itulah tadi beberapa aplikasi SEO Youtube yang dapat digunakan. Selain itu, sebagai seorang Youtuber, penting untuk memperhatikan konten video baik dari segi konsep hingga editing. Buatlah video yang menarik sehingga dapat menambah subscriber.