Cara Hosting Web Di Cpanel Dengan Mudah Tanpa Waktu Lama

  

Website mampu memberikan banyak manfaat, terkhusus membagikan informasi dan salah satu tempat untuk marketing penjualan, yang disebut dengan digital marketing. Website harus dibuat menjadi hosting, karena sebelumnya masih localhost. Cara hosting web di Cpanel yang mudah akan sangat membantu para pengelola website supaya online di internet.

Cpanel menyediakan berbagai service untuk keperluan website, dengan tampilan yang mudah dipahami. Website yang masih belum terdaftar untuk hosting masih memiliki status localhost. Yang mana ini berarti website hanya mampu dimuat pada laptop atau pc pemilik secara local saja. Yuk ikuti langkah untuk mengupload website agar menjadi hosting berikut ini:

1. Buat MySQL ke Cpanel

Cara hosting web di cPanel yang pertama adalah mempersiapkan file website yang telah dibuat sebelumnya. Gunakan localhost dengan aplikasi XAMPP, yang mampu memberikan kemudahan dalam mempublish. Secara lokal dengan hasil website yang berformat zip masuk pada folder htdocs di komputer.

Database website yang sudah berada pada folder di komputer harus diimport ke hosting cPanel. Buatlah database MySQL di cPanel terlebih dahulu, database harus melalui phpMyAdmin agar nantinya dapat tersinkron dengan cPanel.

2. Login Cpanel

Ketika pengaturan yang disebutkan telah dilakukan, maka pengelola website dapat membuka cPanel melalui browser. Dengan mengetik alamat https://namadomain/cpanel tentunya harus sudah memiliki akses ke cPanel sebelumnya. Untuk mendapatkan akses masuk maka belilah paket hosting terlebih dahulu pada website yang menjualnya.

Tersedia banyak website yang menyediakan dan menjual paket hosting di cPanel, pilihlah salah satu yang dianggap terpercaya. Jika proses transaksi sudah dipenuhi semuanya, maka username, password, serta url control panel akan dikirimkan melalui email. Login ke cPanel dengan username dan password yang telah diberikan dengan benar.

3. Setting pada Dashboard Cpanel

Cara hosting web di cPanel berikutnya adalah masuk ke dashboard, ketik phpMyadmin dan kliklah. Pada halaman selanjutnya, temukan database web yang telah dibuat. Yang masuk pada folder htdocs dengan mengklik tombol choose file pada file to import. Terakhir pilih go dan tunggulah sampai proses selesai, karena proses ini banyak memakan waktu.

Pada proses ini bertujuan untuk mengupload database pada hosting. Setelah diupload, karena file masih berupa format zip maka extract dengan mengklik kanan pilih extract. Proses extract berlangsung pada file manager di cPanel.

4. Singkronkan Web

Mensinkronkan web merupakan langkah utama cara hosting web di cPanel. Setelah semua file telah diupload dengan baik, lakukan sinkronisasi. Ini berguna untuk menyambungkan database yang telah dibuat dengan konfigurasi pada website supaya nantinya dapat diakses.

5. Atur Konfigurasi

Setelah website terekstrak kemudian aturlah konfigurasinya. Dengan cara mengedit pengaturan pada file koneksi.php, jika tidak ada file dapat berupa nama database.php, atau memiliki nama connect.php. sesuaikan isi pengaturan dengan database website yang dibuat melalui localhost. Jangan sampai salah memasukan data, supaya tidak error saat publish.

Yang perlu diperhatikan disini adalah mengisi dan sesuaikan nama database, masukkan username dan password dengan benar. Step ini harus diisi berdasarkan data database yang berada di MYSQL, ceklah kembali. Jika sudah benar maka website sudah dihosting, jika web belum dialihkan secara otomatis, untuk langkah terakhir hapuslah file default.html.

Itulah langkah-langkah cara hosting web di cPanel dengan benar. Telitilah saat melakukan proses hosting, jangan terburu-buru. Selalu berkarya melalui website dengan konten-konten yang menarik, bermanfaat untuk semua orang, dan jangan menyerah ya!