Cara Membuat Blog Di WordPress Bagi Pemula Dengan Mudah Dan Gratis

  
Cara Membuat Blog Di Wordpress Bagi Pemula

WordPress merupakan salah satu bagian dari perkembangan teknologi internet yang dimanfaatkan untuk membuat situs atau blog dengan lebih mudah. Namun tidak semua orang memiliki kemampuan untuk membuat blog, apalagi bagi pemula yang baru belajar internet. Maka, sosialisasi dan edukasi cara membuat blog di wordpress bagi pemula dengan mudah dan gratis, menjadi langkah yang tepat.

Membuat blog untuk berbagi ide dan cerita sudah banyak dilakukan para penulis, baik sebagai blog pribadi maupun untuk bisnis. Sehingga dapat mengekspresikan diri melalui berbagi artikel maupun narasi yang dibuatnya secara online dalam sebuah situs atau blog. Jadi, cara membuat blog di wordpress bagi pemula dengan mudah dan gratis dapat dijabarkan sebagaimana berikut:

1. Membuat Akun WordPress

Membuat akun merupakan cara membuat blog di wordpress bagi pemula yang pertama, dengan membuka situs resmi dari wordpress. Dan mengisi dan melengkapi data diri yang ada dalam form dari WordPress tersebut.  Selain tidak membutuhkan waktu lama, juga cukup mudah untuk blogger pemula serta gratis

2. Nama Domain Atau Blog

Langkah selanjutnya adalah memilih nama blog atau domain yang tepat sesuai dengan tujuan situs tersebut dibuat. Yang sebaiknya digunakan adalah nama yang singkat dan mudah diingat. Untuk itu diperlukan persiapan yang matang, sebab nama domain atau blog yang terlanjur dipilih tidak dapat diubah lagi.

3. Template dan Tema

Selanjutnya, cara membuat blog di wordpress bagi pemula adalah mencari alamat kostumnya. Untuk memilih tema dan template blog. Banyak pilihan tema dan template yang ditawarkan WordPress, mulai dari yang standar, bisnis dan lain sebagainya. Dan apabila bosan tema atau template blog tersebut dapat diubah sesuai dengan keinginan. jangan lupa untuk memilih jenis tema atau template yang gratis.

4. Artikel dan Konten

Setelah selesai memilih tema dan template blog, maka segera kembali ke halaman atau dashboard WordPress. Untuk mulai membuat konten kreatif atau menulis artikel-artikel tertentu. Jangan lupa memperhatikan keyword dan SEO-nya. Juga tempatkan backlink tertentu ke dalam artikel atau konten tersebut.

Akan lebih baik lagi jika dalam menulis artikel atau membuat konten tersebut dilakukan secara kontinu atau berkesinambungan. Sebab semakin banyak artikel atau konten yang terkandung di dalam sebuah blog, akan memudahkan pencarian blog tersebut. Tidak ada salahnya juga untuk ikut bergabung dalam komunitas yang saling mengunjungi blog-blog milik membernya untuk berbagi tautan situs.

5. Guest Post

Agar keberadaan blog WordPress mudah dicari oleh mesin pencarian dan ditemukan orang, dengan membuat guest post. Dengan guest post tersebut akan membantu menaikan organic traffic blog.  Selain itu juga dapat meningkatkan ranking SEO blog, dengan menanamkan link WordPress di situs atau blog lain. Jadi jangan lupa untuk mempublikasikan konten atau artikel yang sudah diberi backlink sebelumnya.

6. Publikasi dan Kembangkan Blog

Setelah selesai menuliskan artikel maupun konten di dalam blog, sudah saatnya untuk dipublikasikan. Tentunya agar WordPress semakin dikenal dan menjadi blog rujukan, maka artikel atau kontennya haruslah berkualitas. Untuk itu dalam menulis artikel dan membuat konten untuk mengisi blog, gunakan kreativitas  dan pemilihan keyword yang tepat.

Ada baiknya juga dengan menggunakan backlink yang disisipkan ke dalam artikel atau konten. Tentunya tidak boleh asal-asalan dalam menyisipkan backlink tersebut. Dapat juga mengembangkan blog sedemikian rupa agar pembaca atau pengunjung blog tidak bosan untuk berkunjung.

Nah, demikian cara membuat blog di wordpress bagi pemula dengan mudah dan gratis. Selain tidak membutuhkan kemampuan maupun keahlian khusus, juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Dan blog tersebut sudah siap dipublikasikan, tentunya setelah konten atau artikelnya selesai ditulis. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.