Cara Memperbaiki HP Samsung Mati Total dengan Mudah

  

Handphone memang menjadi kebutuhan wajib untuk masa kini. Mulai usia anak- anak hingga orang tua seakan tidak lengkap tanpa kehadiran handphone. Satu jam lepas tanpa handphone seakan buta tertinggal seribu informasi di dunia maya. Namun, jika handphone mati total bagaimana cara memperbaikinya? Jika Handphone bermerk samsung perhatikan uraian berikut. Pada artikel dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara memperbaiki HP Samsung mati total.

1. Charger Handphone

Untuk cara memperbaiki HP Samsung mati total yang pertama adalah dengan cara mencharger handphone. Hal kecil ini sering terjadi dan sering membuat heboh. Banyak orang yang bingung mengapa handphonenya rusak tetapi tidak memperhatikan daya baterai. Solusi pertama ketika handphone tidak menyala dengan mendiamkannya dalam keadaan posisi ter-charger.

Biasanya dalam waktu panjang lama kelamaan pasti handphone akan terisi dan dapat hidup kembali. Mengecharge handphone tidak hanya dilakukan dengan charger handphone biasa. Jika masih tidak bisa menyala dengan charger biasa, dapat menggunakan charger desktop yang didesain untuk mengecharge bagian luar handphone. Caranya sangat mudah, yaitu dengan melepas baterai kemudian pasang langsung di charger desktop. Lalu, tunggu hingga penuh dan coba pasang dan hidupkan handphone yang mati.

2. Menggunakan Baterai Lain

Ketika cara diatas tidak memengaruhi handphone yang mati, maka lakukanlah cara ini. Gantilah baterai handphone dengan baterai yang baru. Mungkin saja, baterai yang mati tersebut sudah lama dan dayanya semakin rendah. Handphone dalam keadaan mati total itu biasanya tidak secara langsung mati tidak bisa nyala sama sekali, melainkan ada proses dimana baterai tersebut melemah dan seterusnya.

Dalam hal ini, dapat dites dengan baterai handphone orang lain yang sama dan cocok. Jika seperti itu handphone menyala, maka tentu saja harus diganti dengan baterai yang baru. Jika membeli baterai yang baru, pastikan membeli dengan keadaan baru dan tentunya ori (asli).

3. Melakukan Flashing Ulang Melalui Laptop

Cara memperbaiki HP Samsung mati total yang ketiga yaitu melakukan flashing ulang melalui laptop. Flashing adalah sebuah proses yang digunakan untuk mengganti sistem HP Android yang rusak dan masih normal. Flashing ini biasanya menggunakan perangkat lain seperti laptop atau pc.

Adapun cara atau langkah-langkah melakukan flashing antara lain pertama membuka google terlebih dahulu. Kemudian masukkan kata cara flash merk handphone, dan yang terakhir yaitu mengikuti cara yang dijelaskan didalam website.

4. Mengaplikasikan Wipe System di Recovery

Mengaplikasikan wipe system recovery sebenarnya tepat digunakan untuk handphone yang setengah masih hidup atau dapat menyala. Jika handphone masih ada tanda nyala dan bisa masuk kedalam recovery, cara ini ampuh untuk dilakukan. Recovery adalah suatu sistem yang mengendalikan android  dimana pengguna dapat melakukan perubahan sistem bahkan penghapusan.

5. Service Handphone ke Tempat Terpercaya

Untuk yang terakhir, ketika berbagai cara tidak bisa dan tidak menimbulkan efek baik maka service ke tempat terpercaya harus dilakukan. Service Handphone dapat dilakukan di konter, tempat sevice, maupun perorangan. Baik dan tidaknya, masyarakat sekitar biasanya mengetahui akan hal itu. Dengan membawa ke tempat service, pasti nanti akan ditemukan penyebab mengapa handphone tidak bisa berfungsi hingga mati total.

Cara memperbaiki HP Samsung mati total memang sangat banyak. Berbagai trik dan cara dapat dilakukan sendiri sampai dengan bantuan orang lain. Untuk itu, lakukan cara secara bertahap dan bersabarlah hingga handphone dapat berfungsi kembali.