Cara Menaikan Rating Blog

  

Cara Menaikan Rating Blog – Memiliki blog yang selalu muncul di peringkat atau rating atas suatu halaman hasil pencarian Google atau Bing akan menghasilkan tingkat trafik yang tinggi. Sehingga banyak blog yang berlomba-lomba agar bisa muncul di rating tertinggi atau rating pertama suatu pencarian. Berikut ini adalah cara menaikan rating blog, dan bisa juga meminta bantuan web hosting terbaik Indonesia jika masih mengalami kesulitan.

Ganti HTTP menjadi HTTPS

Langkah ini perlu. Bagi blog atau website TLD yang masih menggunakan url yang dengan awalan HTTP sebaiknya segera diubah menjadi HTTPS dulu. Hal ini karena Google dengan misinya yang berusaha memberi keamanan maksimal bagi para penggunanya, maka Google telah memberikan pengumuman bahwa dalam versi Chrome 68 nanti maka semua blog serta website yang url nya masih mempergunakan HTTP akan dimasukkan ke dalam kategori  tidak aman atau not secure. Sehingga jika masih menggunakan url HTTP maka jangan harap akan bisa muncul sebagai rating atas, terdeteksi oun sepertinya tidak.

Posting Berkualitas

Selanjutnya adalah posting artikel yang berkualitas, yang oleh Google disebut sebagai suatu konten yang berharga atau valuable content. Salah satu kriteria suatu postingan yang berkualitas itu antara lain ialah unik dan juga lengkap. Unik itu maksudnya ialah berbeda dengan postingan artikel yang ada pada blog lainnya, jadi meskipun topik atau temanya sama namun isi artikelnya berbeda. Selain itu maka postingan artikelnya juga sebaiknya dibuat dengan selengkap mungkin dengan secara detail dan rinci, antara lain dengan dilengkapi gambar juga klip videonya. Semakin lengkap maka akan semakin mudah disukai pengunjung atau visitor dan juga akan semakin mudah terdeteksi mesin pencarian. Jangan lupa beri nama atau judul dan tag pada gambar dan klip videonya juga.

Perhatikan judul, dan awal paragraf, juga tengah paragraf serta kalimat terakhir dengan penempatan keywords yang persentase kepadatan kata kunci atau keywords densitynya maksimal ialah 3%. Kemudian usahakan agar minimal terdapat satu internal link atau tautan ke postingan yang lainnya serta satu eksternal link atau tautan ke blog atau website yang lainnya. Suatu artikel atau postingan yang berkualitas itu adalah minimal terdiri dari 300 kata, dengan kata kunci atau keyword yang relevan dengan judulnya.

Daftarkan URL

Kemudian penting juga untuk mendaftarkan URL ke Google Webmaster Tools agar bisa dengan segera dan secepat mungkin terindeks oleh Google.

Gunakan Template yang SEO Friendly

Pilih template atau tema atau theme blog yang SEO Friendly, yakni yang ringan, jadi bisa tampil cepat atau fast loading dan responsive mobile friendly yakni mudah untuk diakses dengan berbagai perangkat mobile. Twitter sudah merilis Twitter Bootstrap, begitu juga Google juga telah merilis Accelerated Mobile Pages (AMP).

Cobalah perhatikan beberapa tips tersebut diatas, guna menaikkan rating blog.

Link Building artinya membangun link. Disebut juga Link Baiting .Link Building identik dengan Backlink Building atau mendapatkan tautan balik. Namun, dalam ulasan kita ini, kita bedakan antara link building dan backlink. Membangun atau membuat lini ini terbagi dua:

  • Internal Link

Internal link (tautan ke dalam) adalah link yang mengarah ke postingan lain di blog kita. Misalnya, link yang ada di tips seo blogger di awal tulisan ini. Itu dinamakan link internal.

  • External Link

Eksternal Link (tautan keluar) adalah link yang mengarah ke postingan atau blog orang lain. Misalnya, dalam postingan ini, link yang ada di achor teks Konten Yang Berharga dibawah tips #1 di atas adalah link eksternal.

  • Backlink

Backlink, tentu saja ada sudah paham, adalah tautan balik atau link yang dari blog/situs web orang lain yang mengarah ke postingan atau blog kita.
Backlink disebut juga Inbound Link atau Incoming Link. Mendapatkan backlink butuh kerja keras. Backlink yang didapat harus berkualitas