Lakukan Kelima Cara Mengahadapi Interview Kerja Bagi Pemula Berikut Ini!

  
cara menghadapi interview kerja bagi pemula

Ketika baru pertama kali melamar kerja, tentunya seseorang akan merasa cemas dan grogi saat menghadapi interview kerja. Padahal, diterima atau tidaknya seseorang di suatu pekerjaan sangat bergantung pada hasil interview-nya. Oleh karena itu, setiap pencari kerja pemula perlu mengetahui cara menghadapi interview kerja bagi pemula agar interview dapat berjalan lancar.

Pentingnya Interview Bagi Penyedia Pekerjaan

Saat akan mencari tenaga kerja, tentunya suatu perusahaan tidak akan sembarangan memilih orang. Semua perusahaan pasti ingin memiliki karyawan yang berkualitas dan mampu memajukan perusahaannya. Perusahaan pasti memiliki kriteria dan kualifikasi tersendiri tentang seperti apa calon tenaga kerja yang dibutuhkannya.

Untuk mencari tenaga kerja yang cocok dan sesuai dengan kriteria perusahaan, maka perlu diadakan suatu interview. Wawancara atau interview adalah suatu hal yang harus dilalui oleh seorang pencari kerja saat sudah melamar suatu lowongan pekerjaan. Wawancara merupakan komunikasi antara dua pihak yang bertujuan untuk mengetahui cara berpikir ataupun sikap calon tenaga kerja.

Selain itu, wawancara juga perlu dilakukan karena terkadang pelamar kerja jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan ketersediaan lowongan. Dengan adanya wawancara, HRD akan membantu menyeleksi orang-orang yang dinilai cocok untuk melakukan pekerjaan tersebut. HRD akan menilai dari berbagai hal seperti penampilan, sikap, gaya bicara, dan sebagainya.

Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Pertama kali melamar kerja pasti seseorang sangat bingung harus melakukan apa, kan? Apalagi saat sudah ada panggilan interview, pasti pelamar kerja akan semakin cemas dan takut. Padahal, persiapan yang baik sangat menentukan lolos atau tidaknya tahap interview, loh! Tak perlu bingung atau takut, berikut ini adalah beberapa cara menghadapi interview kerja bagi pemula :

1. Berpenampilan Menarik

Sebagai pelamar kerja pemula, sebaiknya pakailah pakaian yang bagus dan rapi. Tak hanya masalah berpakaian, gunakan sepatu yang bagus, tas yang cocok, dan tata rambut dengan rapi. Gunakan sedikit parfum agar tetap wangi saat interview berlangsung. Jangan lupa untuk selalu tersenyum! Tersenyum akan menjadi poin plus untuk pelamar kerja.

2. Ketahui Perusahaan Lebih Dalam Terlebih Dahulu

Ketika pelamar mendapatkan panggilan interview, segera pelajari perusahaan yang dilamar secepatnya. Jangan hanya mempelajari informasi perusahaan secara umum, tetapi perhatikan hal-hal detail dari perusahaan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan supaya pelamar dapat mengetahui visi dan misi perusahaan. Pastikan skill yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan perusahaan, ya!

3. Tataplah Mata Lawan Bicara

Melakukan kontak mata dengan HRD atau orang yang mewawancarai pelamar adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Berikan tatapan yang penuh dengan keberanian dan rasa percaya diri. Dengan tetap menjaga kontak mata, pelamar kerja mampu menunjukkan semangat, rasa percaya diri, dan mampu membuat lawan bicara percaya dengan apa yang dikatakannya. 

4. Memberikan Alasan yang Tepat

Saat interview, seorang HRD seringkali menanyakan apa yang menjadi alasan pelamar mengajukan lamaran kerja di tempat tersebut. Pertanyaan ini diajukan untuk melihat jawaban pelamar apakah sejalan dan sesuai dengan visi misi perusahaan atau tidak. Sebaiknya, berikan alasan yang objektif dan wajar tanpa membanggakan diri atau memuji perusahaan secara berlebihan. Berikanlah jawaban yang jujur dan tulus!

5. Tonjolkan Kelebihan, namun Tetap Ungkapkan Kekurangan

Katakan kepada HRD, apa yang menjadi kelebihan pelamar dan sesuai dengan posisi pekerjaan yang ditawarkan. Tonjolkan kelebihan secara singkat, padat, dan jelas sesuai kenyataan. Tapi, ungkapkan juga kekurangan yang dimiliki secara seimbang. Jangan terlalu melebih-lebihkan kemampuan tanpa mengungkapkan kekurangan.

Jika sudah mempersiapkan interview dengan baik, tentunya kesempatan untuk diterima pasti lebih besar. HRD juga pasti akan menilai seberapa siapkah pelamar dalam menghadapi interview. Semoga cara menghadapi interview kerja bagi pemula diatas bermanfaat, ya!